Juli 15, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

UAW bersiap untuk menyerang produsen mobil Detroit Three, menolak tawaran

UAW bersiap untuk menyerang produsen mobil Detroit Three, menolak tawaran

13 September (Reuters) – Serikat pekerja sedang bersiap untuk melakukan pemogokan terhadap produsen mobil Detroit Three, satu hari sebelum kontrak kerja empat tahun berakhir pada Kamis malam, kata Presiden United Auto Workers (UAW) Sean Fine pada hari Rabu.

Tiga produsen mobil Detroit telah menawarkan kenaikan gaji hingga 20% selama empat setengah tahun, namun menyebut kenaikan tersebut tidak cukup, kata Fine.

Pemogokan terkoordinasi ini akan menandai pemogokan serentak yang pertama kali dilakukan oleh para pekerja di ketiga produsen mobil Detroit dan salah satu protes buruh industri terbesar di Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir.

“Kami mengalami kemajuan namun masih sangat jauh dari prioritas utama kami,” kata Fine dalam pidatonya di Facebook Live.

Fine mengatakan Ford Motor Company mengusulkan kenaikan gaji sebesar 20%, General Motors 18%, dan Stellantis, perusahaan induk Chrysler, 17,5%. Jumlah tersebut kurang dari setengah dari kenaikan gaji sebesar 40% yang diinginkan serikat pekerja – termasuk kenaikan gaji sebesar 20% segera setelah ratifikasi kontrak dan kenaikan tahunan sebesar 5%.

Fine menguraikan strategi untuk “menciptakan kebingungan” bagi produsen mobil Detroit Three melalui serangkaian pemogokan yang menargetkan masing-masing pabrik di AS jika kesepakatan tidak tercapai.

Reuters melaporkan pada Selasa malam bahwa serikat pekerja dapat memilih untuk melakukan pemogokan di pabrik-pabrik otomotif yang menjadi sasaran jika mereka gagal mencapai kontrak baru yang mencakup 146.000 pekerja otomotif Amerika.

Pemogokan UAW yang menutup tiga pabrik di Detroit dapat merugikan produsen mobil, pemasok dan pekerja lebih dari $5 miliar, menurut perkiraan Anderson Economic Group yang berbasis di Michigan, dan dapat mengganggu jaringan pemasok mobil yang lebih luas.

READ  Peluncuran semalam menambah 56 satelit lagi ke armada Starlink SpaceX - Spaceflight Now

Stellantis mengkonfirmasi pada hari Rabu bahwa mereka telah mengajukan tawaran ketiga.

“Kami sedang menunggu tanggapan mereka terhadap tawaran terbaru ini,” kata perusahaan itu melalui email kepada karyawannya. “Fokus kami tetap pada negosiasi dengan itikad baik untuk mendapatkan kesepakatan tentatif sebelum batas waktu besok.”

Stellantis mengatakan pekan lalu bahwa mereka telah menawarkan kenaikan gaji sebesar 14,5% kepada pekerja per jam di AS selama empat tahun, sementara GM menawarkan kepada pekerja kenaikan gaji sebesar 10% dan dua pembayaran lump sum tahunan tambahan sebesar 3% selama empat tahun. Stellantis minggu lalu tidak memberikan pembayaran tambahan sekaligus.

Presiden AS Joe Biden “mendorong para pihak untuk tetap duduk di meja perundingan dan bekerja 24/7 untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan yang menjadikan pekerja UAW sebagai inti masa depan otomotif kita,” kata penasihat ekonomi Gedung Putih Jared Bernstein pada hari Rabu.

Biden menelepon para eksekutif puncak dari tiga produsen mobil pekan lalu “untuk mendorong mereka membuat lebih banyak penawaran di masa depan agar tetap ikut dalam perundingan,” tambah Bernstein.

Presiden AFL-CIO Liz Shuler mengatakan kepada Reuters bahwa pekerja otomotif tidak ingin mogok “tetapi akan melakukannya jika perlu untuk mencapai kesepakatan yang adil.”

Schuler mencatat ada lebih dari 200 penggerebekan tahun ini di Amerika Serikat. “Alasannya adalah perekonomian sedang rusak,” katanya, “dan para pekerja sudah muak.”

UAW dan GM akan bertemu pada hari Rabu dalam putaran perundingan baru, kata sumber tersebut.

Reli Detroit direncanakan

UAW mengatakan pihaknya merencanakan unjuk rasa di Detroit pada hari Jumat yang akan dihadiri oleh Fine, Senator Bernie Sanders dan anggota Kongres lainnya bertepatan dengan hari pertama pemogokan.

READ  Agen Pelaporan Kredit Akan Menghapus Sebagian Besar Hutang Medis

UAW pada awalnya mempertimbangkan untuk menargetkan hanya beberapa pabrik tertentu untuk penghentian pekerjaan di tiga produsen mobil Detroit, kata dua sumber yang mengetahui masalah tersebut, seraya menambahkan bahwa rencana pemogokan dapat berubah.

Menargetkan pabrik-pabrik strategis dapat dengan cepat memaksa produsen mobil menghentikan produksi di AS dan dapat memperpanjang waktu sebelum dana mogok UAW sebesar $825 juta habis.

UAW pada awalnya meminta kenaikan gaji sebesar 20% setelah ratifikasi dan empat kenaikan gaji tahunan sebesar 5%, namun telah menawarkan untuk mengurangi kenaikan tersebut menjadi total sekitar 36%, kata tiga sumber kepada Reuters. Serikat pekerja masih mengupayakan kenaikan keseluruhan sebesar 40%, kata Fine. “Kami telah mencapai 40%, dan itulah persyaratan kami,” kata Fine kepada CNBC.

Pekan lalu, Ford menaikkan tawarannya menjadi kenaikan gaji sebesar 10% dan pembayaran sekaligus setelah menawarkan kenaikan gaji sebesar 9% hingga tahun 2027 dan pembayaran sekaligus sebesar 6%.

Tuntutan serikat pekerja tersebut mencakup pemulihan pensiun dengan suku bunga tetap untuk semua pekerja, jam kerja 32 jam seminggu, kenaikan biaya hidup tambahan, serta jaminan keamanan kerja dan diakhirinya penggunaan pekerja sementara.

Laporan oleh David Shepardson. Diedit oleh Christina Fincher, Nick Zieminski dan Debba Babington

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru

Joe White adalah koresponden otomotif global untuk Reuters, yang berbasis di Detroit. Joe meliput berbagai topik industri otomotif dan transportasi, dan juga menulis The Auto File, buletin tiga kali seminggu tentang industri otomotif global. Joe bergabung dengan Reuters pada bulan Januari 2015 sebagai editor transportasi yang memimpin liputan pesawat, kereta api, dan otomotif, kemudian menjadi editor otomotif global. Sebelumnya, ia menjabat sebagai editor otomotif global untuk The Wall Street Journal, di mana ia mengawasi liputan industri otomotif dan mengelola biro Detroit. Joe adalah salah satu penulis (bersama Paul Ingrassia) dari The Comeback: The Fall and Rise of the American Auto Industry, dan dia serta Paul berbagi Penghargaan Pulitzer untuk pelaporan yang unggul pada tahun 1993.

READ  Mengapa Saham DraftKings (DKNG) Turun Hari Ini