Juli 15, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Sumber: Tiongkok meminta bank-bank besar untuk melakukan perubahan dan menyesuaikan pembelian dolar mereka

Sumber: Tiongkok meminta bank-bank besar untuk melakukan perubahan dan menyesuaikan pembelian dolar mereka

Uang kertas dolar AS dan yuan Tiongkok ditampilkan dalam ilustrasi yang diambil pada 30 Januari 2023. REUTERS/Dado Rovik/Ilustrasi Foto/File Memperoleh hak lisensi

SHANGHAI (Reuters) – Bank sentral Tiongkok telah meminta beberapa pemberi pinjaman terbesar di negara itu untuk tidak segera menyelesaikan posisi valuta asing mereka di pasar, dan untuk menahan posisi terbuka selama jangka waktu tertentu untuk mengurangi tekanan negatif terhadap yuan. Dua sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan.

Sebagai bagian dari “petunjuk jendela” informal ini, bank telah diminta untuk tidak menyelesaikan posisi mereka di pasar valuta asing antar bank setelah penjualan dolar AS kepada nasabah, sampai posisi valuta asing mereka mencapai tingkat tertentu, kata sumber tersebut.

Sebagian besar bank diizinkan untuk mengoperasikan posisi net short atau long dalam mata uang asing di pasar spot dolar dan yuan, dalam batas yang ditentukan.

Langkah ini secara efektif berarti bahwa sebagian pembelian dolar oleh korporasi besar akan diserap oleh bank dan tetap dicatat dalam pembukuan mereka untuk sementara waktu, sehingga mengurangi tekanan terhadap penurunan yuan.

Arahan tersebut muncul setelah pertemuan yang diadakan oleh Bank Rakyat Tiongkok dengan beberapa bank komersial awal pekan ini, kata sumber tersebut. Bank juga telah diberitahu bahwa perusahaan yang meminta pembelian sebesar $50 juta atau lebih perlu mendapatkan persetujuan bank sentral, Reuters melaporkan.

Yuan Tiongkok telah kehilangan lebih dari 5% terhadap dolar sepanjang tahun ini, diperdagangkan pada 7,2735 terhadap dolar pada hari Kamis, menjadi salah satu mata uang dengan kinerja terburuk di Asia pada tahun 2023.

Bank Rakyat Tiongkok (PBOC) tidak segera menanggapi permintaan komentar Reuters.

Minggu Emas

Upaya terbaru Bank Rakyat Tiongkok untuk memperlancar pergerakan mata uang dilakukan menjelang libur Pekan Emas Tiongkok pada awal Oktober, yang biasanya ditandai dengan lonjakan perjalanan ke luar negeri dan permintaan dolar.

READ  Kekhawatiran resesi meningkat karena saham turun tajam

Sumber yang menerima arahan tersebut mengatakan bahwa bank juga diminta untuk mendorong nasabahnya berhenti membeli dolar.

Melebarnya selisih imbal hasil (yield spread) dengan negara-negara besar lainnya, terutama Amerika Serikat, dan lemahnya pemulihan ekonomi telah meningkatkan tekanan terhadap yuan. Penurunan yang terus berlanjut juga menyebabkan pasar tidak seimbang, dimana eksportir menyimpan keuntungan dolar mereka dalam bentuk deposito dibandingkan mengkonversinya menjadi yuan, atau renminbi sebagai mata uang lokal yang dikenal di Tiongkok.

“Sumber kelemahan renminbi hanyalah karena suku bunga di Tiongkok rendah, aktivitas di Tiongkok lambat, sehingga tingkat pengembalian modal marjinal yang diinvestasikan di Tiongkok tidak sebesar di negara lain, sehingga mempengaruhi aliran modal,” Kata Syed Mathur, Kepala Strategi Makro, Riset Asia Pasifik dan Pasar Berkembang di BNP Paribas.

Pelanggaran

Otoritas Pengaturan Devisa Tiongkok mengatakan pada hari Senin bahwa mereka akan dengan tegas mengatasi risiko penilaian yuan yang berlebihan dan berjanji untuk mengambil tindakan bila diperlukan untuk memperbaiki kegiatan unilateral dan prosiklikal, menurut pernyataan yang diterbitkan oleh Bank Rakyat Tiongkok.

Dalam beberapa bulan terakhir, Tiongkok telah mengintensifkan upayanya untuk memperlambat laju penurunan yuan dengan secara konsisten menetapkan titik tengah yang lebih kuat dari perkiraan. Awal bulan ini, mereka mengumumkan akan meningkatkan pasokan dolar dengan mengurangi jumlah devisa yang harus disisihkan bank.

Pihak berwenang Tiongkok “hanya memfasilitasi siklus ini.” Dia ingin menghindari perilaku kawanan. Anda ingin menghindari skenario di mana pasar merasa akan kehilangan kendali. Jadi hanya menggunakan alat administratif yang berbeda untuk memfasilitasi pergerakan harga,” kata Mathur.

Sumber mengatakan kepada Reuters bulan lalu bahwa regulator mata uang Tiongkok telah meminta beberapa bank untuk mengurangi atau menunda pembelian dolar AS untuk memperlambat penurunan nilai yuan.

READ  Dow berjangka naik di tengah reli besar di pasar Hong Kong; Penyiapan saham Tesla untuk Hari Investor

(Laporan oleh ruang berita Shanghai; Disunting oleh Shri Navaratnam)

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru