April 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Trump siap mendapatkan miliaran dolar seiring kesepakatan pasar saham disahkan

Trump siap mendapatkan miliaran dolar seiring kesepakatan pasar saham disahkan
  • Ditulis oleh Natalie Sherman
  • Koresponden Bisnis, New York

Sumber gambar, Gambar Getty

Donald Trump tampaknya sangat membutuhkan uang untuk membayar denda penipuan sebesar $464 juta (£365 juta). Bisakah pasar saham menyelamatkannya?

Trump Media, yang menjalankan platform media sosial Truth Social, diperkirakan akan menjadi perusahaan publik, setelah mayoritas pemegang saham Digital World Acquisition Corp memberikan suara pada hari Jumat untuk mengambil alih perusahaan tersebut.

Trump akan memiliki setidaknya 58% saham di perusahaan gabungan tersebut, yang akan bernilai sekitar $3 miliar dengan harga saham Digital World saat ini.

Hal ini merupakan potensi rejeki nomplok bagi Trump bagi perusahaan yang auditornya diperingatkan tahun lalu bahwa perusahaan tersebut berisiko mengalami kegagalan.

Belum lagi banyaknya tanda bahaya yang terkait dengan kesepakatan tersebut, termasuk tuntutan hukum yang belum terselesaikan dari mantan mitra bisnisnya. Ada juga penyelesaian $18 juta yang Digital World setuju untuk bayarkan tahun lalu untuk menyelesaikan tuduhan penipuan terkait dengan bagaimana rencana merger disusun.

Saham Digital World turun lebih dari 13% pada hari Jumat setelah persetujuan tersebut, mengakhiri hari di $36,94.

Para pendukung Digital – yang sebagian besar adalah investor individu dibandingkan perusahaan Wall Street, dan sebagian besar dari mereka adalah loyalis Trump – tampaknya tidak terpengaruh.

“Ini baru permulaan,” kata Chad Nedohin, seorang pendukung kesepakatan tersebut, dalam acara DWAC Live-nya di platform video Rumble setelah persetujuan diumumkan. “Tidak ada alasan untuk panik.”

Perusahaan tersebut sekarang akan berganti nama menjadi Trump Media & Technology Group dan dapat memulai perdagangan di Nasdaq dengan simbol DJT secepatnya pada minggu depan.

Kesepakatan itu kemungkinan besar tidak akan segera menyelesaikan masalah keuangan Trump yang lebih mendesak, seperti hukuman penipuan di New York.

Mantan presiden tersebut dilarang menjual atau mentransfer sahamnya setidaknya selama enam bulan – meskipun perusahaan baru dapat memberinya pengecualian.

Trump juga bisa mencoba mendapatkan pinjaman, yang didukung oleh nilai sahamnya. Namun dalam kasus ini, para analis mengatakan bank mungkin akan meminjamkan kepadanya jauh lebih sedikit daripada nilai saham di atas kertas, mengingat potensi risiko bisnisnya.

Namun hal ini tidak menghentikan sebagian pendukungnya untuk berharap dukungan mereka akan membantu mereka.

Nedohin, yang menggambarkan dirinya di situsnya sebagai “pemimpin sekte” Kanada dan dijuluki Kapten DWAC di Truth Social, menolak untuk diwawancarai.

Namun dia mendesak para investor dalam acaranya minggu ini untuk menyetujui kesepakatan tersebut, dengan harapan hal itu dapat membantu mantan presiden tersebut dalam perjuangan hukumnya.

“Jika merger selesai pada hari Jumat pukul 10 pagi dan Trump tiba-tiba memiliki… saham di DJT senilai tiga, empat, lima miliar dolar, siapa tahu? Dia bisa dengan mudah memanfaatkannya untuk mendapatkan pinjaman,” katanya.

Dia menambahkan: “Ini berarti menaruh uang Anda di tempat lain untuk kebebasan berekspresi, untuk menyelamatkan negara Anda, dan berpotensi kehilangan semuanya.”

Risiko bahwa pemegang saham Dunia Digital akan kehilangan uang atas investasi mereka tinggi, menurut para analis.

Harga saham anjlok dari level tertinggi yang dicapai setelah Trump Media mengumumkan rencana pembelian pada tahun 2021.

Penggabungan ini akan memberikan pemasukan tunai lebih dari $200 juta untuk Trump Media, yang dapat digunakan untuk pertumbuhan dan ekspansi.

Namun untuk saat ini, Truth Social, yang diluncurkan ke masyarakat umum pada tahun 2022 dan menyebut dirinya sebagai alternatif platform media sosial besar seperti Twitter dan Facebook, masih terbilang kecil.

Perusahaan ini mengklaim memiliki sekitar 8,9 juta langganan dan dalam pengajuan peraturan, Trump Media memperingatkan calon investor bahwa mereka tidak melacak metrik seperti pertumbuhan pengguna atau keterlibatan yang dapat memberi mereka wawasan tentang operasinya. Dia bilang dia tidak punya niat melakukan itu.

Perusahaan luar memperkirakan bahwa Truth Social menerima sekitar lima juta kunjungan pada bulan Februari. Sebagai perbandingan, situs Elon Musk

Analis mengatakan Dunia Digital adalah contoh utama dari “saham meme,” di mana harga saham tidak terhubung dengan fundamental perusahaan – dan pada akhirnya siap untuk jatuh.

“Dengan Trump Media, saya perkirakan hal ini akan runtuh, namun apakah hal itu akan terjadi seminggu dari sekarang atau dua tahun dari sekarang dan seberapa cepat… hal-hal tersebut sangat sulit untuk diprediksi,” kata Jay Ritter, seorang profesor keuangan di Universitas tersebut. dari Florida. Yang melacak daftar publik.

Investor perorangan masuk ke saham digital setelah kesepakatan Trump diumumkan, dan sekali lagi pada bulan Januari, setelah ia memenangkan pemilihan pendahuluan di Iowa, kata Marco Iachini, wakil presiden senior penelitian di Vanda Securities.

Sebelum pemungutan suara minggu ini, dia mengatakan aktivitas lebih rendah, sebuah tanda bahwa perusahaan-perusahaan profesional mungkin mendorong perdagangan.

“Ini adalah transfer nilai yang sangat besar dari [investors]…bagi Trump, yang akan sangat menguntungkan baginya,” kata Michael Olrogg, seorang profesor hukum di Universitas New York yang telah mempelajari daftar perusahaan seperti Trump Media.