Juni 26, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Toshiba mengatakan tawaran pengambilalihan JIP senilai $14 miliar telah berhasil dan akan menjadi perusahaan swasta

Toshiba mengatakan tawaran pengambilalihan JIP senilai $14 miliar telah berhasil dan akan menjadi perusahaan swasta

TOKYO (Reuters) – Toshiba (6502.T) mengatakan pada hari Kamis bahwa tawaran senilai $14 miliar oleh perusahaan ekuitas swasta Japan Industrial Partners (JIP) telah berakhir dengan sukses – sebuah kesepakatan yang membuka jalan bagi konglomerat industri yang sedang kesulitan untuk melakukan go private.

Konsorsium yang dipimpin JIP melihat 78,65% saham Toshiba melayang, memberikan grup tersebut mayoritas lebih dari dua pertiga yang akan cukup untuk memberi tekanan pada pemegang saham yang tersisa.

Kesepakatan itu menempatkan pembuat pabrik konversi elektronik menjadi listrik yang berusia 148 tahun itu ke tangan lokal setelah bertahun-tahun berselisih dengan aktivis investor di luar negeri. Toshiba dijadwalkan akan dihapus dari daftar pada awal Desember.

“Aktivis pemegang saham dan Toshiba telah terjebak satu sama lain selama bertahun-tahun. Akuisisi ini memungkinkan kedua belah pihak untuk menghindari rasa sakit bersama,” kata analis Travis Lundy dari Quiddity Advisors, yang menerbitkan di Smartkarma.

Toshiba pada bulan Maret menerima tawaran pengambilalihan yang memberi nilai pada kelompok industri tersebut sebesar 2 triliun yen ($13,5 miliar). Meskipun beberapa pemegang saham tidak puas dengan harga tersebut, Toshiba mengatakan tidak ada kemungkinan tawaran yang lebih tinggi atau bersaing.

“Kami sangat berterima kasih kepada banyak pemegang saham kami yang memahami posisi perusahaan,” kata CEO Toshiba Taro Shimada dalam sebuah pernyataan Kamis. Dia menambahkan bahwa Toshiba “sekarang akan mengambil langkah besar menuju masa depan baru dengan pemegang saham baru.”

Toshiba mengatakan hubungan kompleksnya dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk pemegang saham dengan pandangan berbeda, telah menghambat operasi bisnis dan basis pemegang saham yang stabil akan membantu perusahaan mengejar strategi jangka panjang yang berfokus pada layanan digital dengan margin tinggi.

READ  Peluang kerja AS, PHK mencapai rekor angka untuk Maret di pasar kerja yang ketat

Logo Toshiba Corporation terpampang di gedung perusahaan di Kawasaki, Jepang, pada 5 April 2023. REUTERS/Androniki Christodoulou/File Photo Memperoleh hak lisensi

JIP berencana mempertahankan CEO Shimada.

“Saya memperkirakan prospek penyelarasan manajemen dan kepemilikan baru akan meningkatkan semangat kerja,” kata Lundy. “Namun, agar berhasil, manajemen harus mampu menyampaikan cerita yang lebih baik kepada investor setelah hal ini.”

Meskipun tidak terkenal di luar negeri, JIP telah terlibat dalam pemisahan dan pemisahan perusahaan dari konglomerat Jepang, termasuk bisnis kamera Olympus (7733.T) dan bisnis laptop Sony Group (6758.T).

Sejak tahun 2015, Toshiba dilanda skandal akuntansi, mengalami kerugian besar, dan hampir dihapuskan. Hal ini juga terlibat dalam serangkaian skandal tata kelola perusahaan.

Konsorsium JIP beranggotakan 20 perusahaan Jepang, dipimpin oleh pembuat chip Rohm (6963.T), perusahaan jasa keuangan Orix (8591.T) dan Chubu Electric Power (9502.T).

Ini akan menjadi kesepakatan M&A terbesar di Jepang tahun ini. Jepang adalah satu-satunya pasar besar di Asia yang mengalami pertumbuhan merger dan akuisisi pada tahun ini, menurut data LSEG.

Kesepakatan yang melibatkan ekuitas swasta sangat aktif, termasuk rencana akuisisi perusahaan pembuat material JSR senilai $6,4 miliar oleh dana yang didukung pemerintah.

($1 = 148,3000 yen)

(Laporan oleh Makiko Yamazaki) Penyuntingan oleh Edwina Gibbs

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru