Mei 20, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Tekanan deflasi di Tiongkok telah mereda, dan langkah-langkah lebih lanjut diharapkan dapat merangsang permintaan

Tekanan deflasi di Tiongkok telah mereda, dan langkah-langkah lebih lanjut diharapkan dapat merangsang permintaan
  • IHK Agustus +0,1 y/y, dibandingkan -0,3 di bulan Juli
  • Indeks Harga Produsen untuk bulan Agustus -3,0 y/y vs -4,4 di bulan Juli
  • Tekanan deflasi mereda di tengah tanda-tanda stabilisasi pertumbuhan
  • Langkah-langkah kebijakan lebih lanjut diharapkan dapat merangsang permintaan

BEIJING (Reuters) – Harga konsumen Tiongkok kembali ke wilayah positif pada bulan Agustus sementara penurunan harga di pabrik melambat, dengan tekanan deflasi mereda di tengah tanda-tanda perekonomian stabil, data menunjukkan pada hari Sabtu.

Namun para analis mengatakan diperlukan lebih banyak dukungan kebijakan untuk mendukung permintaan konsumen di negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia ini, seiring dengan melambatnya pemulihan pasar tenaga kerja dan prospek pendapatan rumah tangga yang tidak menentu.

Biro Statistik Nasional mengatakan indeks harga konsumen naik 0,1 persen pada bulan Agustus dibandingkan tahun sebelumnya, lebih lambat dari perkiraan rata-rata kenaikan 0,2 persen dalam jajak pendapat Reuters. CPI turun 0,3% di bulan Juli.

Inflasi inti, tidak termasuk harga makanan dan bahan bakar, tidak berubah sebesar 0,8% di bulan Agustus.

Indeks Harga Produsen (PPI) turun 3,0% dari tahun sebelumnya, sesuai dengan ekspektasi, setelah penurunan 4,4% di bulan Juli. Penurunan harga pabrik merupakan yang terkecil dalam lima bulan terakhir.

Grafik Reuters

“Ada sedikit perbaikan dalam profil inflasi. Pada saat yang sama, deflator PPI tampak menyempit, menunjukkan proses pemulihan yang lambat dan moderat,” kata Zhou Hao, kepala ekonom di Guotai Junan International.

“Secara umum, (tingkat) inflasi masih menunjukkan lemahnya permintaan dan memerlukan dukungan kebijakan lebih lanjut di masa mendatang.”

READ  Saudara laki-laki Sam Bankman-Fried ingin membeli Nauru dengan uang FTX untuk membangun bunker kiamat, menurut gugatan baru

Kantor tersebut mengatakan harga makanan turun 1,7% tahun ke tahun sementara biaya non-makanan naik 0,5% – disebabkan oleh kenaikan biaya terkait pariwisata.

Banjir baru-baru ini telah merusak tanaman jagung dan padi di daerah penghasil biji-bijian utama di Tiongkok utara, sehingga meningkatkan kekhawatiran mengenai inflasi harga pangan domestik karena konsumen di seluruh dunia menghadapi kekurangan pasokan pangan akibat perang di Ukraina.

“Baik CPI dan PPI kemungkinan akan menunjukkan sedikit perbaikan pada kuartal keempat,” kata Luo Yunfeng, ekonom di Huajin Securities.

tekanan deflasi

Dibandingkan dengan bulan sebelumnya, indeks harga konsumen naik 0,3%, naik dari 0,2% di bulan Juli, kata kantor statistik.

Harga daging babi naik 11,4% secara bulanan, dibandingkan dengan tidak adanya perubahan di bulan Juli, karena dampak cuaca buruk di beberapa daerah. Angka tersebut turun 17,9% dari tahun sebelumnya, menyempit dari penurunan 26% di bulan Juli.

Kantor statistik mengatakan kontraksi di pabrik mereda pada bulan Agustus karena meningkatnya permintaan untuk beberapa produk industri dan harga minyak mentah global yang lebih tinggi.

Perubahan harga yang sedikit di Tiongkok sangat kontras dengan kenaikan inflasi yang dialami sebagian besar negara besar lainnya sejak pandemi COVID-19 mereda, sehingga memaksa bank sentral mereka untuk segera menaikkan suku bunga.

Tiongkok pada bulan Juli menjadi negara G20 pertama yang melaporkan penurunan harga konsumen dari tahun ke tahun sejak pembacaan CPI negatif terakhir di Jepang pada Agustus 2021.

Ekspor dan impor Tiongkok mengurangi penurunan, menurut data perdagangan bulan Agustus, bergabung dengan serangkaian indikator lain yang menunjukkan potensi stabilisasi dalam perlambatan ekonomi, karena para pembuat kebijakan berupaya untuk merangsang permintaan dan mencegah deflasi.

READ  Strock akan bubar dan menutup pintunya setelah hampir 150 tahun menjalankan bisnisnya

“Dengan tanda-tanda awal stabilisasi pertumbuhan, kami melihat tekanan deflasi mereda, sebuah tren yang tercermin pada harga komoditas yang lebih tinggi pada bulan Agustus,” kata analis ANZ dalam sebuah catatan.

Beijing telah mengumumkan serangkaian langkah dalam beberapa bulan terakhir untuk mendukung pertumbuhan, termasuk penurunan suku bunga hipotek dan pelonggaran aturan pinjaman minggu lalu oleh pihak berwenang untuk membantu pembeli rumah.

Bruce Pang, kepala ekonom di Jones Lang LaSalle, mengatakan bank sentral Tiongkok dapat terus memangkas suku bunga dan rasio persyaratan cadangan bank.

Perdana Menteri Li Qiang mengatakan minggu ini bahwa Tiongkok diperkirakan akan mencapai target pertumbuhan tahun 2023 sekitar 5%, namun beberapa analis yakin target tersebut mungkin tidak tercapai karena memburuknya penurunan sektor real estat, lemahnya belanja konsumen, dan menurunnya pertumbuhan kredit.

(Laporan oleh Kevin Yao dan Joe Cash – Disiapkan oleh Mohammed untuk Buletin Bahasa Arab) Penyuntingan oleh Sam Holmes dan William Mallard

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru

Joe Cash melaporkan mengenai urusan perekonomian Tiongkok, yang mencakup kebijakan fiskal dan moneter dalam negeri, indikator-indikator perekonomian utama, hubungan perdagangan, dan peningkatan keterlibatan Tiongkok dengan negara-negara berkembang. Sebelum bergabung dengan Reuters, ia bekerja pada kebijakan perdagangan Inggris dan UE di kawasan Asia-Pasifik. Joe belajar bahasa Mandarin di Universitas Oxford dan berbicara bahasa Mandarin.