Februari 27, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Shell memperoleh keuntungan $6,2 miliar dan mengumumkan pembelian kembali saham senilai $3,5 miliar

Shell memperoleh keuntungan $6,2 miliar dan mengumumkan pembelian kembali saham senilai $3,5 miliar

Orang-orang memompa bensin ke mobil mereka di pompa bensin Shell pada 2 Oktober 2023 di Alhambra, California.

Frederick J.Brown | AFP | Gambar Getty

Raksasa minyak Inggris Shell pada hari Kamis melaporkan laba sebesar $6,2 miliar pada kuartal ketiga, kira-kira sesuai dengan perkiraan, karena perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan dari harga minyak yang lebih tinggi dan margin penyulingan.

Analis memperkirakan laba yang disesuaikan sebesar $6,48 miliar, menurut konsensus LSEG.

Pendapatannya lebih tinggi dari $5,1 miliar pada kuartal kedua, namun terjadi penurunan tajam dari $9,45 miliar pada tahun lalu, ketika konflik antara Rusia dan Ukraina mendukung harga minyak dan gas.

Perusahaan juga mengumumkan pembelian kembali saham senilai $3,5 miliar selama tiga bulan ke depan. CEO Shell Wael Sawan mengatakan bahwa dana sebesar $6,5 miliar yang dijadwalkan untuk paruh kedua tahun ini “jauh melebihi” $5 miliar yang diumumkan pada bulan Juni.

“Shell mencapai kinerja operasional dan keuangan yang kuat pada kuartal berikutnya, memanfaatkan peluang di pasar komoditas yang bergejolak,” kata Sawan dalam sebuah pernyataan.

Arus kas bebas turun dari $12,1 miliar pada kuartal kedua menjadi $7,5 miliar. Belanja modal tunai meningkat dari $5,1 miliar menjadi $5,6 miliar.

Perusahaan-perusahaan energi besar mulai membukukan rekor keuntungan setelah satu tahun didorong oleh kenaikan harga bahan bakar fosil.

Harga minyak kembali naik tajam selama kuartal ketiga tahun 2023 karena sejumlah faktor termasuk pengurangan pasokan dari Arab Saudi dan Rusia, sementara Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan pasar minyak akan tetap gelisah di tengah meningkatnya konflik di Timur Tengah.

BP pada hari Selasa melaporkan penurunan laba kuartal ketiga tahun-ke-tahun dari $8,15 miliar menjadi $3,293 miliar, jauh di bawah perkiraan analis, meskipun Total Energy Perancis sedikit mengungguli minggu lalu.

READ  Saham Nvidia naik ke rekor tertinggi karena pendapatan dan ekspektasi menghancurkan ekspektasi

Meskipun BP mengatakan kinerja kuartalan yang lemah sebagian disebabkan oleh lemahnya pemasaran dan perdagangan gas, Shell mengatakan kinerja divisi gas terintegrasi tetap stabil, dengan alasan perdagangan yang baik.

Sementara itu, divisi Solusi Energi dan Energi Terbarukan Shell melaporkan kerugian sebesar $67 juta, yang disebabkan oleh lemahnya margin akibat dampak musiman dan perdagangan yang lebih rendah. Belanja modal berjumlah $659 juta.

Hasil ini muncul di tengah kritik atas kecepatan program dekarbonisasi yang dilakukan perusahaan, termasuk dari kelompok pemegang saham.

Shell pekan lalu mengonfirmasi bahwa mereka akan memangkas 200 pekerja di unit solusi rendah karbonnya pada tahun 2024.

“Pembelian kembali saham lainnya seharusnya menjadi kabar baik bagi para pemegang saham, namun hanya sedikit yang diberitakan mengenai rencananya untuk mencapai net zero dalam pembaruan hari ini – dan hal ini tetap menjadi kekhawatiran jangka panjang bagi banyak orang, setelah perusahaan mengumumkan keputusannya untuk fokus pada produksi minyak dan gas. sebelumnya “Tahun ini,” Stuart Lamont, direktur investasi di RBC Brewin Dolphin, mengatakan dalam sebuah catatan.

“Karena lingkungan geopolitik masih bergejolak, harga minyak tampaknya akan terus mengalami kenaikan, yang berarti kuartal terakhir yang kuat bagi Shell.”

Saham Shell yang terdaftar di London naik 1,1% pada pukul 8:30 pagi pada hari Kamis.