Juni 21, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Saham TSMC turun hampir 7% di Taipei karena kekhawatiran terhadap prospek chip global

Saham TSMC turun hampir 7% di Taipei karena kekhawatiran terhadap prospek chip global

TAIPEI (Reuters) – Saham TSMC yang terdaftar di Taipei turun 6,7% pada hari Jumat setelah laporan pendapatan kuartal pertama perusahaan memangkas perkiraan pertumbuhan sektor chip dan tidak merevisi rencana belanja modalnya, bertentangan dengan ekspektasi.

Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. (TSMC), pembuat chip kontrak terbesar di dunia, memperkirakan penjualan kuartal kedua akan meningkat sebanyak 30% karena didorong oleh gelombang permintaan chip yang digunakan dalam aplikasi kecerdasan buatan (AI). Pendapatan kuartal pertama juga melebihi perkiraan.

Namun mereka membiarkan rencana belanja modal tahun ini tidak berubah, yaitu antara $28 miliar dan $32 miliar, dan menegaskan bahwa mereka memperkirakan pendapatan tahun 2024 akan meningkat pada kisaran rendah hingga pertengahan 20% dalam dolar AS.

Mereka menurunkan perkiraannya untuk industri semikonduktor global, tidak termasuk memori, ke tingkat pertumbuhan sekitar 10% dari perkiraan sebelumnya yang lebih dari 10%.

TSMC, pemasok utama Apple dan Nvidia, juga menurunkan perkiraan pertumbuhan sektor pengecoran global menjadi remaja menengah hingga tinggi dari perkiraan sebelumnya sekitar 20%.

Pasar bereaksi terhadap revisi perkiraan untuk industri semikonduktor, kata Allen Huang, wakil presiden Mega International Investment di Taipei, menambahkan bahwa TSMC diperkirakan akan meningkatkan belanja modal tahun ini untuk pengemasan lanjutan.

“Kalau belanja modal hanya dipertahankan pada level sebelumnya, berarti keuntungannya tidak sesuai harapan,” ujarnya.

Manajer dana lain di Taiwan, yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan bahwa mengingat kenaikan saham TSMC baru-baru ini, investor memiliki ekspektasi yang tinggi menjelang pendapatan kuartal pertama.

“Belanja modalnya belum terlalu kuat, dan persentase pendapatan dari teknologi proses lanjutan dibandingkan dengan pendapatan secara keseluruhan masih sangat rendah,” kata manajer tersebut.

Kinerja buruk harga saham TSMC membebani pasar Taipei yang lebih luas yang ditutup turun 3,8%, kehilangan 774 poin – kerugian terbesar dalam satu hari. Moral juga rusak karena meningkatnya ketegangan antara Israel dan Iran.

READ  Pembeli rumah mulai memberontak karena meroketnya harga di seluruh Amerika Serikat

TSMC juga menghadapi tantangan lain.

Berbicara pada hari Jumat setelah mendapat penghargaan atas jasanya kepada Taiwan, Maurice Chang, pensiunan dan pendiri TSMC yang dihormati, mengatakan bahwa kepemimpinan perusahaan saat ini memerlukan “kebijaksanaan besar” untuk mengatasi tantangan globalisasi yang “sekarat” mengingat betapa banyak manfaat yang diperoleh perusahaan dari Taiwan. kebebasan. perdagangan.

“TSMC juga menghadapi tantangan sumber daya: tanah, air, energi, dan sumber daya manusia, yang memerlukan dukungan berkelanjutan dari pemerintah dan semua pihak lainnya,” katanya di kantor kepresidenan di Taipei, mengacu pada kendala yang telah lama dikhawatirkan oleh industri teknologi Taiwan.

(Laporan oleh Ben Blanchard dan Yimo Li; Laporan tambahan oleh Faith Hong, Roger Tong dan Jenny Kao; Penyuntingan oleh Shri Navaratnam dan Edwina Gibbs)