Juni 21, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Saham-saham India mencapai rekor tertinggi, dan rupee naik karena jajak pendapat memperkirakan kemenangan Modi

Saham-saham India mencapai rekor tertinggi, dan rupee naik karena jajak pendapat memperkirakan kemenangan Modi

(Bloomberg) — Saham-saham India naik ke rekor tertinggi, sementara rupee dan obligasi negara naik setelah jajak pendapat menunjukkan kemenangan pasti bagi partai berkuasa Perdana Menteri Narendra Modi.

Kebanyakan membaca dari Bloomberg

Indeks NSE Nifty 50 naik sebanyak 3,6%, setelah sebagian besar jajak pendapat menunjukkan aliansi yang dipimpin BJP mendapatkan mayoritas dalam pemilihan umum yang berakhir pada hari Sabtu. Rupee adalah mata uang dengan kinerja terbaik kedua di Asia pada hari Senin.

Kemenangan telak akan memungkinkan partai Modi untuk terus melanjutkan kebijakan yang dianggap penting oleh sebagian investor untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di India, yang sudah menjadi salah satu negara dengan perekonomian tercepat di dunia. Kemenangan yang diharapkan ditambah dengan peningkatan prospek peringkat kredit India oleh S&P Global Ratings baru-baru ini dapat membalikkan penarikan dana global dari ekuitas domestik sebesar lebih dari $3 miliar pada tahun ini.

“Pertaruhannya adalah bahwa Sensex akan mengungguli sebagian besar bursa Asia dan saham global, karena trifecta makro, politik dan kredit positif berkonspirasi untuk mendorong aliran uang,” kata Vishnu Varathan, kepala ekonom untuk Asia di luar Jepang di Mizuho Bank, mengacu pada SADARI. pengukur saham utama Ltd.

Para analis mengatakan kenaikan pada hari Senin ini diuntungkan oleh short-covering investor asing yang menutup spekulasi bearish mereka. Nifty diperdagangkan 3% lebih tinggi pada 23,213.55 pada 12:52 waktu setempat. Suara akan dihitung pada hari Selasa.

“Investor asing perlu menutup posisi short mereka dengan cepat,” kata Abhay Agarwal, pendiri dan kepala investasi di Piper Serica Advisors. “Margin call pada posisi short dapat membawa pasar melampaui 23.000 pada hari Senin – sebuah rekor tertinggi baru – dan mendekati 23.500 pada tanggal 4 Juni” jika jumlah kursi akhir koalisi yang berkuasa berada di atas 350, katanya.

READ  SUV Porsche yang lebih besar akan datang untuk Cayenne, dan itu akan menjadi EV

Baca selengkapnya: Reli saham India bergantung pada Modi yang meningkatkan penghitungan 303 kursinya

Jajak pendapat tersebut memberikan kelegaan bagi investor setelah jumlah pemilih yang rendah dan persaingan ketat di beberapa negara bagian menyebabkan lonjakan volatilitas pasar di tengah kekhawatiran bahwa BJP mungkin tidak mencapai target Modi yaitu 400 kursi.

Investor memandang Modi sebagai politisi yang lebih ramah pasar dibandingkan para pesaingnya. Namun, di bawah masa jabatan Modi selama satu dekade, indeks MSCI India gagal mengatasi lonjakan lebih dari 300% di bawah pemerintahan 10 tahun pendahulunya, Manmohan Singh.

Indeks Volatilitas India NSE, yang mengukur volatilitas tersirat selama 30 hari berdasarkan harga opsi, turun sebanyak 22% dan berada di jalur untuk ditutup pada level terendah dalam lebih dari tiga minggu. Indeks tersebut telah meningkat dua kali lipat dari titik terendahnya pada akhir April.

Indeks S&P BSE 500, salah satu indeks India yang lebih luas, melonjak sebanyak 3,9%, kenaikan intraday terbesar sejak Februari 2021, ke level tertinggi sepanjang masa. Kenaikan ini dipimpin oleh saham-saham utilitas, termasuk Power Grid Corp milik negara dan NTPC Ltd, perusahaan pembangkit listrik terbesar di negara tersebut.

Saham perusahaan-perusahaan milik negara dan perusahaan-perusahaan terkait infrastruktur juga meningkat seiring dengan mandat koalisi pimpinan Modi yang lebih luas yang berarti pemerintah kemungkinan akan memperluas fokusnya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi melalui belanja modal. Indeks perusahaan pemerintah BSE Ltd naik 7,1% sementara indeks perusahaan barang modal bertambah lebih dari 6%.

Saham perusahaan-perusahaan yang dikendalikan oleh perusahaan-perusahaan termasuk Adani Group dan miliarder Mukesh Ambani juga termasuk di antara para pemenang. Kesepuluh saham Pembangkit Listrik Pelabuhan Adani menguat, dipimpin oleh unit pembangkitnya yang naik sebanyak 18%. Reliance Industries Ltd., perusahaan paling berharga di India, naik 4%.

READ  Perusahaan Burung Listrik menyatakan bangkrut

Obligasi acuan bertenor 10 tahun mengurangi beberapa keuntungan selama perdagangan, karena investor menantikan hasil survei besok dan keputusan suku bunga Reserve Bank of India pada akhir pekan ini. Imbal hasil turun sebanyak 4 basis poin hari ini menjadi 6,94%.

-Dengan bantuan dari Subhadeep Sircar, Ashutosh Joshi, Malavika Kaur Makul, Chiranjeevi Chakraborty, dan Kartik Goyal.

(Pembaruan kinerja indeks saham di bawah Modi dalam paragraf demi video.)

Paling banyak dibaca dari Bloomberg Businessweek

©2024 Bloomberg L.P