Juni 13, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Saham Nvidia naik 7% menjadi $1.000 setelah pendapatan melampaui ekspektasi, mengumumkan pemecahan saham dan kenaikan dividen

Saham Nvidia naik 7% menjadi $1.000 setelah pendapatan melampaui ekspektasi, mengumumkan pemecahan saham dan kenaikan dividen

Nvidia (NVDA) melaporkan pendapatan kuartal pertama setelah penutupan pada hari Rabu yang mengalahkan ekspektasi sementara juga mengumumkan pemecahan saham 10-untuk-1 dan kenaikan dividen, setelah beberapa rekan Big Tech membagikan pembayaran triwulanan yang lebih besar kepada pemegang saham.

Perusahaan melaporkan laba per saham (EPS) yang disesuaikan sebesar $6,12 dengan pendapatan $26 miliar, meningkat masing-masing sebesar 461% dan 262%, dari tahun lalu.

Analis memperkirakan laba per saham yang disesuaikan sebesar $5,65 dan pendapatan $24,69 miliar, menurut data dari Bloomberg. Perusahaan melaporkan EPS yang disesuaikan sebesar $1,09 dan pendapatan $7,19 miliar pada kuartal yang sama tahun lalu.

Pada kuartal ini, Nvidia memperkirakan pendapatannya mencapai $28 miliar, plus atau minus 2%. Angka ini lebih baik dari perkiraan analis sebesar $26,6 miliar.

Saham Nvidia naik hampir 7% dan diperdagangkan di atas $1.000 pada perdagangan pra-pasar pada hari Kamis.

“Pertumbuhan pusat data kami didorong oleh permintaan yang kuat dan semakin cepat untuk pelatihan dan inferensi AI pada platform Hopper,” kata CEO Nvidia Jensen Huang dalam sebuah pernyataan. “Di luar penyedia layanan cloud, AI generatif telah berkembang hingga mencakup perusahaan internet konsumen, perusahaan, pelanggan AI yang berdaulat, otomotif, dan layanan kesehatan, menciptakan pasar vertikal bernilai miliaran dolar.”

Analis Wall Street sebelumnya telah menyuarakan kekhawatiran tentang bagian pendapatan pusat data Nvidia yang berasal dari perusahaan teknologi tinggi seperti Microsoft (MSFT), Google (GOOG, GOOGL), Amazon (AMZN), dan nama-nama teknologi besar lainnya. Hal ini terutama berlaku ketika perusahaan-perusahaan ini meluncurkan chip akselerator AI mereka sendiri.

Namun, seiring dengan meningkatnya penggunaan chip Nvidia yang tidak berlebihan, CFO Colette Kress Dia berkata dalam komentarnya sendiri Penyedia cloud besar menyumbang sekitar 45% pendapatan pusat data perusahaan.

READ  Eksklusif: Regulator AS mengaudit Alibaba, JD.com, dan perusahaan China lainnya

Pendapatan pusat data Nvidia melonjak 427% dari tahun ke tahun menjadi $22,6 miliar, mewakili 86% dari total pendapatan perusahaan pada kuartal tersebut. Namun Chris mencatat bahwa pendapatan dari Tiongkok menurun secara signifikan pada kuartal tersebut, karena perusahaan tersebut terpaksa menghentikan pengiriman chip paling kuatnya ke negara tersebut. Lebih lanjut, dia memperkirakan pasar di kawasan ini akan tetap kompetitif di masa depan.

Segmen game Nvidia, yang pernah menjadi bisnis terpentingnya, memperoleh pendapatan sebesar $2,6 miliar.

Pemecahan saham perseroan – di mana pemegang saham akan menerima 10 lembar saham untuk setiap saham yang mereka miliki saat ini di perusahaan – akan efektif pada 7 Juni, dan dividen baru akan dibayarkan pada 28 Juni kepada pemegang saham efektif 11 Juni.

Pemecahan saham kemungkinan akan meningkatkan spekulasi bahwa Nvidia dapat ditambahkan ke Dow Jones Industrial Average (^DJI), bergabung dengan rekan-rekan Big Tech seperti Apple (AAPL), Amazon dan Microsoft. Saham Nvidia diperdagangkan mendekati $980 per saham dalam perdagangan setelah jam kerja pada hari Rabu, yang berarti saham tersebut diperkirakan akan diperdagangkan pada $98 setelah pemisahan.

Peningkatan dividen Nvidia juga mengikuti langkah serupa yang diumumkan sepanjang tahun ini dari perusahaan seperti Meta (META) dan Alphabet, yang memulai dividen triwulanan untuk pertama kalinya, dan Apple, yang menaikkan dividennya awal bulan ini.

CEO NVIDIA Jensen Huang menunjukkan produk di atas panggung selama konferensi kecerdasan buatan Nvidia GTC tahunan di SAP Center di San Jose, California, pada 18 Maret 2024. (Foto oleh Josh Edelson/AFP) (Foto oleh Josh Edelson/AFP via Getty Images )

CEO NVIDIA Jensen Huang menunjukkan produk di atas panggung selama konferensi kecerdasan buatan Nvidia GTC tahunan di SAP Center di San Jose, California, pada 18 Maret 2024. (JOSH EDELSON/AFP via Getty Images) (Josh Edelson melalui Getty Images)

Email Daniel Howley di [email protected]. Ikuti dia di Twitter di @Daniel Holly.

Klik di sini untuk berita teknologi terkini yang akan berdampak pada pasar saham.

READ  Tesla memotong harga AS untuk keenam kalinya tahun ini menjelang hasil kuartalan

Baca berita keuangan dan bisnis terkini dari Yahoo Finance