April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pengembang litium Liontown mendukung tawaran Albemarle senilai $4,3 miliar

Pengembang litium Liontown mendukung tawaran Albemarle senilai $4,3 miliar

Tanda di jalan pendekat mengarah ke kolam evaporasi litium Albemarle di fasilitas mereka di Silver Peak, Nevada, AS, 9 Januari 2019. Foto diambil 9 Januari 2019. REUTERS/Ernest Scheider/File Photo Mendapatkan hak lisensi

4 September (Reuters) – Saham Liontown Resources Australia (LTR.AX) naik 11,5% setelah dewan perusahaan pengembangan lithium pada hari Senin mendukung pembaruan tawaran senilai A$6,6 miliar ($4,3 miliar) dari Albemarle Corp (ALB.N). ), perusahaan terkemuka dalam pengembangan litium. Produsen bahan baterai terbesar di dunia.

Perusahaan rintisan litium di Australia mengalami lonjakan akuisisi karena valuasi mereka yang rendah dan kebutuhan uang tunai menarik beberapa produsen litium terkemuka di dunia dan pihak lain yang berlomba untuk mendapatkan pasokan.

Penawaran tunai baru sebesar A$3 per saham mewakili premi 14,5% dibandingkan penutupan terakhir Liontown sebesar A$2,62 pada tanggal 1 September, yang 20% ​​lebih tinggi dari tawaran Albemarle sebesar A$2,50 per saham yang dibuat pada akhir Maret yang juga ditolak oleh Target. sedikit.

Permainan menunggu tampaknya telah membuahkan hasil, kata analis Citigroup.

“Kami melihat pasokan lithium meningkat, menunjukkan bahwa produsen terbesar tersebut ingin mengamankan lebih banyak pasokan dengan harga premium, atau memiliki pandangan bullish terhadap harga jangka panjang karena risiko litigasi menurun.”

Penawaran tersebut merupakan yang keempat bagi Albemarle, setelah mengajukan penawaran sebesar A$2,20 per saham pada 20 Oktober tahun lalu dan A$2,35 pada bulan Maret, sebelum mengumumkan penolakan penawaran sebesar A$2,50.

Berita hari Senin mengirim saham Liontown ke level tertinggi sejak 14 Juli, di A$2,92.

Liontown mengatakan dewannya bermaksud untuk dengan suara bulat merekomendasikan pemegang saham untuk memberikan suara pada tawaran baru tersebut jika tidak ada proposal yang lebih tinggi, dan setelah menyelesaikan laporan ahli independen untuk memeriksa kesepakatan tersebut.

READ  Saham berjangka naik menjelang sesi Jumat

Liontown mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka telah memberi Albemarle waktu terbatas untuk uji tuntas eksklusif serta masuk ke dalam akta pelaksanaan skema yang dapat diterima bersama.

Terdapat permintaan yang besar terhadap litium dalam baterai kendaraan listrik, dan proyek-proyek di Australia, sebagai pemasok utama, menjadi lebih menarik dibandingkan dengan proyek-proyek di negara produsen utama lainnya, Chile, yang pada bulan April merinci rencana untuk menasionalisasi industrinya.

Liontown mengendalikan dua deposit litium besar di Australia Barat, dengan produksi pertama dijadwalkan pada pertengahan tahun 2024 dari proyek andalannya Kathleen Valley, yang merupakan salah satu deposit litium serpih keras terbesar dan tertinggi di dunia.

Liontown juga memiliki kesepakatan pasokan dengan Ford Motor (FN), Tesla (TSLA.O) dan unit baterai LG Chem Korea Selatan (051910.KS).

Liontown mengatakan Greenhill & Co dan UBS akan bertindak sebagai penasihat keuangan sementara Allens akan bertindak sebagai penasihat hukum sehubungan dengan proposal yang diubah tersebut. JPMorgan dan Barengoy menasihati Albemarle.

($1 = 1,5504 dolar Australia)

(Laporan oleh Scott Murdoch di Sydney dan Poonam Pehora; Laporan oleh Mohamed untuk The Arab Bulletin) Penyuntingan oleh Christopher Cushing dan Clarence Fernandez

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Mendapatkan hak lisensimembuka tab baru

Scott Murdoch telah menjadi jurnalis selama lebih dari dua dekade bekerja untuk Thomson Reuters dan News Corp di Australia. Beliau memiliki spesialisasi dalam jurnalisme keuangan untuk sebagian besar karirnya yang meliput pasar modal dan utang di Asia dan merger dan akuisisi di Australia. Dia tinggal di Sydney.