April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Peneliti membuat “Super DVD”.

Peneliti membuat “Super DVD”.


DVD sudah mati, hiduplah “Super DVD”.

Menurut artikel baru di alam majalah, Peneliti Tiongkok telah berhasil membuat disk mirip DVD dengan ratusan lapisan – meningkatkan kapasitas disk hingga tingkat petabit.

Para peneliti di Universitas Sains dan Teknologi Shanghai mempublikasikan hasilnya beberapa hari lalu. Dengan menggunakan laser 54 nanometer, tim mampu merekam ratusan lapisan data ke dalam cakram optik, dengan setiap lapisan sinar 3D hanya dipisahkan satu mikrometer.

Hasilnya adalah solusi penyimpanan data optik (ODS) berukuran DVD 1,6 petabit – yang berarti sekitar 200 terabyte (Tb) atau 200,000 gigabyte (Gb).

Sebagai gambaran, DVD biasa hanya memiliki 4,7 GB pada satu lapisan, disk Blu-ray berukuran 25 GB (lapisan tunggal) atau 50 GB (lapisan ganda), dan disk UHD 4K maksimal dengan multi-cakram. kapasitas 100GB. Film seperti “Blade Runner 2049” ditampilkan pada jam tangan UHD dengan ukuran file sekitar 70 GB.

Ini berarti satu disk mampu menampung ribuan film berdurasi panjang dalam resolusi 4K. Teknologi ini dipandang sebagai terobosan potensial bagi para arsiparis dan pusat data besar.

Kemajuan ini juga terjadi ketika pengecer mengurangi atau menghilangkan sama sekali penawaran media fisik mereka.




Artikel sebelumnyaAlumni Fiksi Ilmiah Mitchell dan Gauthier telah meninggal dunia
Artikel berikutnyaTrailer 'Avatar' mencampuradukkan cerita

READ  Google One VPN mulai diluncurkan ke ponsel Pixel 7 dan 7 Pro