Maret 5, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pendapatan hampir tidak tumbuh meskipun ada pertumbuhan dalam penjualan telepon dan mobil

Pendapatan hampir tidak tumbuh meskipun ada pertumbuhan dalam penjualan telepon dan mobil
  • Raksasa teknologi Tiongkok Huawei pada hari Jumat mengumumkan angka pendapatannya yang hanya menunjukkan peningkatan 1% pada kuartal ketiga dibandingkan tahun lalu, menurut perhitungan CNBC.
  • Periode tiga bulan yang berakhir pada bulan September menyaksikan Huawei meluncurkan ponsel pintar baru yang membantu perusahaan meningkatkan penjualannya di Tiongkok, sementara penjualan Apple menurun, menurut Counterpoint Research.
  • Huawei mengatakan pendapatan untuk tiga kuartal pertama tahun ini naik 2,4% menjadi 456,6 miliar yuan, level tertinggi selama periode tersebut sejak 2020.

Pengunjung berbaris di depan toko andalan Huawei di Nanjing East Road, salah satu kawasan komersial dan wisata utama kota itu, di Shanghai, Tiongkok, pada 30 September 2023.

Bloomberg | Bloomberg | Gambar Getty

BEIJING – Raksasa teknologi Tiongkok Huawei pada hari Jumat melaporkan angka pendapatan yang hanya menunjukkan peningkatan 1% pada kuartal ketiga dibandingkan tahun lalu, menurut perhitungan CNBC.

Hal ini terjadi meskipun perusahaan meluncurkan smartphone baru yang populer pada akhir Agustus dan meningkatkan penjualan di bawah proyek mobil listriknya.

Huawei mengatakan pendapatan pada tiga kuartal pertama tahun ini meningkat 2,4% dibandingkan tahun lalu menjadi 456,6 miliar yuan ($62,33 miliar) – tingkat tertinggi untuk periode tersebut sejak tahun 2020. Sanksi AS terhadap perusahaan telekomunikasi Tiongkok dimulai pada tahun 2019.

Terlepas dari keterbatasan akses Huawei terhadap teknologi mutakhir, ulasan menunjukkan bahwa ponsel pintar Mate 60 Pro baru perusahaan menawarkan kecepatan pengunduhan yang terhubung dengan 5G – berkat chip semikonduktor canggihnya.

Huawei diam-diam meluncurkan ponsel tersebut di Tiongkok pada akhir Agustus, dan menolak untuk membagikan lebih banyak informasi selama acara peluncuran produk musiman pada akhir September.

Lebih dari 1,6 juta perangkat seri Mate 60 terjual selama enam minggu pertama penjualan, menurut Counterpoint Research.

READ  Pejabat memperingatkan pemadaman listrik musim panas ini karena panas dan cuaca buruk

Perusahaan riset memperkirakan sebagian besar unit yang terjual, sekitar 75%, adalah model Pro, atau sekitar 1,2 juta unit terjual.

Apple, yang meluncurkan iPhone 15 pada bulan September, diperkirakan akan menjual 10 juta unit ponsel barunya di Tiongkok tahun ini, sehingga total penjualan iPhone menjadi 45,5 juta di negara tersebut, menurut perkiraan dari CINNO Research yang berbasis di Shanghai.

Counterpoint Research mengatakan pada hari Kamis bahwa perusahaan Amerika tersebut mengalami penurunan penjualan ponsel pintar sebesar 10% pada kuartal ketiga dibandingkan tahun lalu, sementara penjualan Huawei meningkat sebesar 37%.

Huawei juga telah membangun kehadirannya di pasar kendaraan energi baru yang berkembang pesat di Tiongkok, yang mencakup kendaraan hibrida dan baterai-listrik.

Perusahaan menjual sistem operasi dan komponennya, seperti teknologi bantuan pengemudi, kepada produsen mobil.

Pada Desember 2021, Huawei meluncurkan merek mobilnya sendiri Aito bekerja sama dengan pabrikan Seres.

Pesanan ponsel M7 terbaru Aito telah melampaui 60.000 pada 16 Oktober, hanya sekitar sebulan setelah peluncurannya, menurut postingan media sosial dari Richard Yu, yang mengepalai bisnis otomotif dan konsumen Huawei.

Ito mengatakan pada hari Rabu bahwa pre-order untuk SUV M9 mendatang telah melampaui 15.000 pesanan.

Huawei tidak diperdagangkan secara publik dan tidak menghasilkan pendapatan berdasarkan segmen bisnis dalam pembaruan terbarunya.

Raksasa telekomunikasi itu mengatakan pihaknya mencatat sebagian keuntungan dari penjualan bisnis tertentu, namun tidak merinci bisnis mana.

Huawei mengatakan margin laba bersihnya selama tiga kuartal pertama tahun ini sebesar 16%. Angka ini lebih tinggi dari margin keuntungan sebesar 15% yang dilaporkan pada semester pertama tahun ini, ketika pendapatan tumbuh 3,1% menjadi 310,9 miliar yuan.

Perhitungan CNBC terhadap angka-angka Huawei menunjukkan pendapatan kuartal ketiga sebesar 145,7 miliar yuan, naik 1% dari 144,2 miliar yuan pada periode yang sama tahun lalu.

READ  Penjualan berlanjut, Bitcoin dan Ethereum anjlok

Huawei melanjutkan upayanya untuk memperluas bisnis lisensi patennya selama kuartal ketiga melalui kesepakatan Xiaomi dan Ericsson, yang mencakup konektivitas 5G.

Raksasa telekomunikasi ini telah meluncurkan aplikasi bisnis berbasis 5G di bidang pertambangan, pelabuhan dan manufaktur, namun tidak jelas dari rilis hari Jumat berapa banyak pendapatan, jika ada, yang dihasilkan perusahaan pada kuartal ketiga.

Huawei juga bergerak maju di pasar internasional dengan memperluas bisnis cloud-nya ke Arab Saudi pada bulan September. Perusahaan tersebut mengatakan minggu ini bahwa mereka telah membuka laboratorium penelitian di Finlandia untuk menguji perangkat yang dapat dikenakan untuk kesehatan dan kebugaran.

Amerika Serikat mengonfirmasi bahwa raksasa telekomunikasi Tiongkok tersebut menimbulkan ancaman terhadap keamanan nasional karena dugaan hubungannya dengan Partai Komunis Tiongkok dan tentara Tiongkok. Huawei telah berulang kali membantah adanya risiko semacam itu.

— Arjun Kharpal dari CNBC berkontribusi pada laporan ini.