Februari 28, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

GM dan UAW mungkin hampir mencapai kesepakatan perburuhan setelah sesi negosiasi

GM dan UAW mungkin hampir mencapai kesepakatan perburuhan setelah sesi negosiasi

Anggota Striker United Auto Workers (UAW) melakukan piket di pabrik Lansing Delta GM di Delta Township, Michigan, 29 September 2023.

Rebecca Masak | Reuters

DETROIT – Negosiasi kontrak antara United Auto Workers dan General Motors akan dilanjutkan pada Jumat tengah hari setelah pembicaraan ekstensif yang berlangsung Kamis malam hingga pagi hari, menurut sumber yang mengetahui diskusi tersebut.

Kesepakatan potensial ini didasarkan pada kesepakatan tentatif yang dicapai serikat pekerja pada hari Rabu dengan Ford Motor Co. dan tampaknya mendekati garis akhir, kata tiga sumber yang setuju untuk berbicara tanpa menyebut nama karena pembicaraan tersebut bersifat pribadi.

Baik CEO GM Mary Barra dan Presiden UAW Sean Fine berpartisipasi dalam perundingan maraton, namun pemimpin serikat pekerja melakukannya secara virtual, kata dua sumber.

Fine mencoba bernegosiasi pada saat yang sama dengan Stellantis, perusahaan induk General Motors dan Chrysler, yang mengadakan pembicaraan dengan serikat pekerja sekitar 30 menit dari satu sama lain. Stellantis, termasuk Chief Operating Officer Amerika Utara Mark Stewart, juga mengadakan pembicaraan ekstensif semalam, kata dua sumber.

Ada kemungkinan juga bahwa Stellantis hampir mencapai kesepakatan setelah kedua belah pihak juga melakukan negosiasi pada pagi hari, namun permasalahan masih tetap ada. Kedua pihak dijadwalkan bertemu lagi pada Jumat sore, menurut salah satu sumber.

Sumber tersebut mengatakan pembicaraan masih lancar dan mungkin berubah. Juru bicara GM, Stellantis dan UAW menolak memberikan komentar mengenai rincian spesifik dari pembicaraan tersebut.

Perjanjian tentatif tersebut kemungkinan akan mengakhiri enam minggu pemogokan buruh yang ditargetkan oleh serikat pekerja setelah kedua belah pihak gagal mencapai kesepakatan baru sebelum batas waktu 14 September. Serikat pekerja memanggil para pekerja Ford yang mogok setelah mencapai kesepakatan awal dengan produsen mobil tersebut.

READ  Saham berayun setelah Fed menaikkan suku bunga sebesar 0,25%

Kesepakatan Ford mencakup kenaikan gaji sebesar 25% selama jangka waktu perjanjian, termasuk kenaikan awal sebesar 11%. Secara kumulatif, kenaikan gaji dan tunjangan menyebabkan gaji tertinggi menjadi lebih dari $40 per jam, termasuk kenaikan gaji awal sebesar 68% menjadi lebih dari $28 per jam.

Undang-undang ini juga memulihkan penyesuaian biaya hidup, mengurangi jalur delapan tahun untuk mencapai upah tertinggi menjadi tiga tahun, dan memberikan hak mogok terhadap penutupan pabrik, serta manfaat lain yang ditingkatkan secara signifikan.

Para pemimpin UAW setempat masih harus menyetujui kesepakatan tentatif apa pun dan kemudian meratifikasinya dengan mayoritas dari seluruh pekerja yang tergabung dalam serikat pekerja pembuat mobil.

Kemajuan ini terjadi setelah perundingan yang kontroversial antara para pemimpin UAW, termasuk Fain, dan para eksekutif perusahaan, yang mengakibatkan ribuan anggota serikat pekerja keluar dari pabrik dan menuju garis piket mulai tanggal 15 September.

Pemogokan tersebut secara kolektif menyebabkan kerugian produksi sebesar miliaran dolar bagi GM, Ford, dan Stellantis. Ford mengatakan pada hari Selasa bahwa pemogokan serikat pekerja telah merugikan perusahaan sebesar $1,3 miliar, dan bahwa perjanjian tersebut, jika diratifikasi oleh anggota, akan meningkatkan biaya tenaga kerja sekitar $850 hingga $900 untuk setiap kendaraan yang diproduksi.

Perjanjian-perjanjian yang diusulkan ini merupakan sebuah rekor bagi Uni Eropa, yang bersikap lebih konfrontatif dan strategis selama perundingan dibandingkan dalam sejarah modern.

Serikat pekerja tersebut memulai negosiasi dengan ketiga pembuat mobil secara bersamaan, mematahkan sejarah saat ini ketika para pemimpin UAW akan bernegosiasi dengan masing-masing pembuat mobil secara individual, memilih perusahaan utama untuk memfokuskan upaya dan kemudian merancang kesepakatan yang tersisa melalui perjanjian utama awal.

READ  Fox digugat oleh dana pensiun Kota New York atas penipuan pemilu

Belum jelas seberapa besar kesepakatan perburuhan ini akan meningkatkan biaya tenaga kerja bagi perusahaan-perusahaan tersebut, yang mengatakan bahwa menyerah pada semua tuntutan serikat pekerja akan mempengaruhi daya saing mereka dan bahkan kelangsungan hidup mereka dalam jangka panjang.

Deutsche Bank baru-baru ini memperkirakan total peningkatan biaya perjanjian dengan Ford sekitar $6,2 miliar selama jangka waktu perjanjian. $7,2 miliar di General Motors; Dan $6,4 miliar di Stellantis.