Juli 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pemegang saham Tesla menyetujui paket gaji CEO Elon Musk

Pemegang saham Tesla menyetujui paket gaji CEO Elon Musk

Pemegang saham Tesla telah menegaskan kembali pembayaran lebih dari $45 miliar kepada CEO Elon Musk, setelah dia dipecat karena tuntutan hukum.

Hasil pemungutan suara, yang diumumkan pada pertemuan tahunan Tesla di kantor pusatnya di Austin, Texas, pada hari Kamis, merupakan tanda kuat bahwa pemegang saham masih percaya pada Musk, dan dapat membujuk hakim yang membatalkan penghargaan tersebut untuk mengembalikannya.

Mendukung pemberian gaji, yang terdiri dari opsi saham, akan melegakan para penggemar Musk, yang khawatir penolakan dapat mendorongnya untuk menghabiskan lebih sedikit waktu menjalankan Tesla atau bahkan berhenti.

“Kami yakin Elon sangat penting bagi kesuksesan Tesla,” kata Tasha Kenney, direktur analisis investasi di ARK Invest, yang menjadikan produsen mobil tersebut sebagai salah satu kepemilikan terbesarnya. “Saya pikir sangat penting bagi Elon untuk tetap memimpin.”

Pemungutan suara tersebut merupakan kemunduran bagi investor yang berharap hal ini akan memberikan pesan tentang akuntabilitas CEO dan batasan gaji mereka.

“Ini adalah paket gaji yang lebih tinggi dibandingkan yang pernah kita lihat di AS dan menurut saya ini bukan preseden yang baik,” kata Christine Hall, pendiri dan kepala investasi Nia Impact Capital, yang mendorong Tesla untuk memperbaiki kondisi kerja di perusahaan tersebut. perusahaan. Pabriknya.

Hasil ini juga dapat membantu Musk memenuhi syarat sebagai orang terkaya di dunia, dengan kekayaan lebih dari $200 miliar.

Dalam pidatonya kepada pemegang saham usai pemungutan suara, dia berjanji berkomitmen pada Tesla. Paket gaji “sebenarnya bukan uang tunai, dan saya tidak bisa melarikan diri, saya juga tidak mau,” katanya.

Saham Tesla naik pada hari Kamis menjelang pengumuman hasil resmi setelah Musk mengatakan di X bahwa rencana pembayaran tersebut disetujui dengan selisih yang besar.

READ  Mengapa Amtrak bertanggung jawab atas malam yang mengerikan bagi penumpang New Jersey?

Dewan direksi Tesla telah mengadakan pemungutan suara sebagai tanggapan atas keputusan Penasihat Kathleen St. J. McCormick dari Pengadilan Kanselir di Delaware, tempat Tesla terdaftar sebagai sebuah perusahaan. Pada bulan Januari, Rektor McCormick setuju dengan sekelompok pemegang saham Tesla yang frustrasi yang mengklaim dalam gugatannya bahwa paket pembayaran tahun 2018 terlalu berlebihan.

Dewan berharap persetujuan pemegang saham akan membantu mengatasi temuan Kanselir McCormick bahwa pemungutan suara pada tahun 2018 yang mendukung paket gaji tercemar karena anggota dewan gagal mengungkapkan konflik kepentingan yang timbul dari hubungan pribadi dan keuangan mereka dengan Musk.

“Pertarungan hukum mengenai rencana kompensasi masih jauh dari selesai, tetapi kami yakin pemungutan suara tersebut secara signifikan memperkuat kasus Tesla,” Garrett Nelson, analis ekuitas di CFRA Research, mengatakan dalam sebuah catatan penelitian pada hari Kamis.

Namun beberapa pakar hukum mempertanyakan apakah pemungutan suara ya akan membuat McCormick meninjau kembali keputusannya, dan Tesla mengakui bahwa pemungutan suara tidak serta merta menyelesaikan kasus tersebut.

Dengan penghargaan pembayaran tahun 2018, Musk memiliki 20,5% saham Tesla, dan hanya kurang dari 13% yang tidak dimilikinya.

Para pemegang saham juga menyetujui proposal untuk memindahkan pendaftaran Tesla ke Texas, sebuah reaksi terhadap apa yang dianggap oleh Musk dan dewan direksi sebagai perlakuan tidak adil oleh pengadilan Delaware. Langkah ini tidak akan berdampak pada kasus Delaware.

Mereka menolak langkah yang diusulkan oleh pemegang saham yang menyerukan Tesla untuk tidak mengganggu pekerja yang mencoba mengorganisir serikat pekerja, dan melakukan tawar-menawar dengan itikad baik jika mereka melakukan hal tersebut. Musk sering menyatakan kebenciannya terhadap buruh terorganisir. Di Swedia, Tesla menolak bernegosiasi dengan mekanik yang bekerja di perusahaan yang telah melakukan pemogokan selama hampir enam bulan tersebut.

READ  Jauhi Ilmu Gilead

Tesla tidak segera mengungkapkan total suara untuk proposal mana pun.

Pemungutan suara kompensasi mengadu mereka yang menganggap Musk sebagai seorang jenius yang merevolusi industri otomotif melawan mereka yang mempermasalahkan pernyataannya yang mempolarisasi tentang X dan stagnasi penjualan dan keuntungan Tesla baru-baru ini.

Robin Denholm, ketua Tesla, mengatakan investor menjadi kaya karena kepemimpinan Musk, dan perusahaan memiliki kewajiban untuk memberikan apa yang dijanjikannya.

“Elon tidak hanya seorang visioner, dia adalah CEO dengan kemampuan yang terbukti dalam melaksanakan misi kami dan memberikan hasil bisnis yang sangat ambisius yang telah menghasilkan nilai luar biasa bagi Anda,” katanya dalam surat kepada pemegang saham sebelum pemungutan suara.

Namun pemegang saham lainnya kecewa dengan penurunan penjualan dan laba Tesla baru-baru ini, serta pernyataan Musk yang bersifat polarisasi terhadap X, di mana ia mendukung beberapa teori konspirasi sayap kanan dan menyinggung sejumlah besar pembeli.

Beberapa investor institusi besar memberikan suara menentang paket gaji tersebut, termasuk Norges Bank Investment Management, yang mengelola kekayaan minyak Norwegia dan merupakan dana kekayaan negara terbesar. Dia juga menentang Sistem Pensiun Pegawai Publik California, atau CalPERS, dana pensiun terbesar di Amerika Serikat.

Saham Tesla telah jatuh lebih dari 25 persen tahun ini, bahkan ketika pasar saham yang lebih luas telah meningkat sebesar 14 persen. Pada puncak harga sahamnya pada tahun 2021, Tesla memiliki kapitalisasi pasar sebesar $1,2 triliun, menempatkannya di tengah raksasa teknologi seperti Microsoft, Apple, dan Google. Nilainya telah turun menjadi sekitar $580 miliar.

Paket tersebut memberikan opsi saham kepada Musk senilai puluhan miliar dolar jika ia memenuhi tolok ukur pendapatan atau laba tertentu dan meningkatkan nilai saham perusahaan menjadi $650 miliar.

READ  Dua pesawat Boeing mendarat di Bandara Heathrow London

Sebagian besar tujuan tersebut dianggap di luar jangkauan ketika rencana tersebut disetujui pada tahun 2018. Tesla sedang berjuang untuk memproduksi mobil pertamanya dengan harga terjangkau, sedan Model 3. Segera setelah itu, bisnis Tesla berkembang pesat, dan berdasarkan rencana tersebut, kapitalisasi pasarnya tetap ada di atas target $650 miliar cukup lama bagi Musk untuk mengumpulkan opsi.

Untuk mengatasi tantangan hukum, ukuran gaji memerlukan persetujuan mayoritas suara, tidak termasuk yang dimiliki oleh Musk atau saudaranya, Kimbal Musk.