April 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pembaruan keuangan Intel menunjukkan kerugian pabrik semakin melebar pada tahun 2023

Pembaruan keuangan Intel menunjukkan kerugian pabrik semakin melebar pada tahun 2023

(Bloomberg) — Intel mengatakan pendapatan pabriknya menurun dan kerugian semakin besar, menunjukkan tantangan dari rencana ekspansi yang mahal.

Kebanyakan membaca dari Bloomberg

Penjualan Intel Foundry, divisi baru perusahaan yang bertanggung jawab atas operasi manufaktur, mencapai $18,9 miliar pada tahun 2023, turun dari $27,5 miliar pada tahun sebelumnya, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan pada hari Selasa. Kerugian operasional di divisi baru ini melebar menjadi $7 miliar dari $5,2 miliar pada tahun 2022.

Intel memberikan gambaran yang lebih rinci tentang keuangannya sebagai bagian dari rencana perubahan haluan yang ditetapkan oleh CEO Pat Gelsinger. Perusahaan ini mempublikasikan hasil dari jaringan pabrik sebagai langkah untuk menjadikannya beroperasi lebih mandiri. Perusahaan berupaya membuat chip untuk perusahaan lain, dan memisahkannya dari Intel lainnya sangat penting dalam strategi tersebut.

Perusahaan memperkirakan tahun 2024 akan menjadi puncak kerugiannya dan Intel Foundry akan memperoleh keuntungan operasional “di pertengahan antara sekarang dan akhir tahun 2030.” Pembuat chip tersebut juga menunjuk Lorenzo Flores sebagai CFO Intel Foundry.

Saham Intel turun lebih dari 2% dalam perdagangan yang diperpanjang. Harganya turun 1,3% menjadi $43,94 dalam perdagangan reguler, menjadikan penurunan year-to-date menjadi 13%.

Langkah Intel menuju outsourcing produksi chip – yang dikenal sebagai manufaktur pengecoran – adalah salah satu perubahan terbesar yang pernah dilihat perusahaan dalam sejarahnya. Upaya kembalinya Gelsinger juga mencakup memulihkan keunggulan teknologi Intel yang sebelumnya tidak dapat diakses – sesuatu yang hilang dari pemimpin chip tersebut pada tahun-tahun sebelum ia mengambil alih kendali pada tahun 2021.

Perusahaan Manufaktur Semikonduktor Taiwan saat ini mendominasi pasar pengecoran dan telah melampaui Intel dalam total pendapatan. Perusahaan tersebut memiliki penjualan sebesar $69,4 miliar pada tahun 2023 dan laba bersih sebesar $26,9 miliar. Margin kotornya — persentase sisa penjualan setelah dikurangi biaya produksi — adalah 54%. Penjualannya diperkirakan akan meningkat sebesar 20% pada tahun 2024 hingga mencapai $83,4 miliar.

READ  Berita Laporan Pekerjaan: Pembaruan langsung tentang inflasi, pekerjaan, dan pasar tenaga kerja

Pesaing terdekat Intel terhadap bisnis tradisionalnya adalah Advanced Micro Devices Inc., yang memiliki pendapatan $22,7 miliar dan laba bersih $854 juta tahun lalu. Margin laba kotor adalah 50%. Tahun ini, perusahaan berada di jalur yang tepat untuk mencapai lonjakan penjualan sebesar 14%, menurut para analis.

Sementara itu, Nvidia dengan cepat muncul sebagai bintang industri. Meskipun belum memiliki pendapatan TSMC, penjualannya meningkat lebih dari dua kali lipat tahun lalu – dan keuntungan stratosfer lainnya diharapkan terjadi tahun ini. Perusahaan ini memiliki kepemimpinan yang signifikan di pasar akselerator kecerdasan buatan, yang membantu perusahaan mengembangkan model kecerdasan buatan.

Intel telah memulai perluasan pabriknya yang mencapai rekor besar di Amerika Serikat dan Eropa, memanfaatkan insentif pemerintah seperti Chip and Science Act. Namun meski dengan dukungan ini, proyek ini merupakan proyek mahal yang membuat investor khawatir.

Perusahaan tersebut mengirim telegram pada awal tahun ini bahwa keuangan manufakturnya berada “di bawah tekanan yang signifikan” ketika pembuat chip tersebut mencoba untuk mendapatkan kembali keunggulan teknologinya dan membangun infrastrukturnya.

“Kami melihat banyak peluang untuk mendorong perbaikan,” kata CFO Dave Zinsner saat laporan pendapatan terakhir pada bulan Januari.

Namun perusahaan juga meraih beberapa kemenangan. Pada bulan Februari, Intel mengumumkan bahwa upaya desain chip internal Microsoft akan menjadi pelanggan pengecoran. Gelsinger mengatakan dia lebih cepat dari jadwal dalam mengajak klien lain untuk mendaftar, namun tidak dapat memberikan nama mereka karena mereka tidak ingin mengumumkannya kepada publik.

Paling banyak dibaca dari Bloomberg Businessweek

©2024 Bloomberg L.P