April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Karyawan Google mengeluh tentang kenaikan gaji CEO Sundar Pichai

Karyawan Google mengeluh tentang kenaikan gaji CEO Sundar Pichai

CEO Google Sundar Pichai berbicara pada panel di CEO Summit of the Americas yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang AS pada 09 Juni 2022 di Los Angeles, California. CEO Summit memasuki acara hari kedua dengan penandatanganan resmi Koalisi Internasional untuk Menghubungkan Kawasan Konservasi Laut dan pidato dari Presiden AS Joe Biden. (Foto oleh Anna Moneymaker/Getty Images)

Anna Penghasil Uang | Berita Getty Images | Gambar Getty

CEO Google Sundar Pichai menerima kenaikan gaji besar tahun lalu, menjadikannya salah satu CEO dengan bayaran tertinggi di Amerika. Pekan lalu, perusahaannya mengumumkan persetujuan pembelian kembali saham senilai $70 miliar.

Sementara itu, Alphabet, perusahaan induk Google, memangkas biaya secara dramatis, termasuk memangkas 12.000 pekerjaan, sebagai tanggapan atas perlambatan pertumbuhan pendapatan.

Pertemuan peristiwa ini membuat marah tenaga kerja Google. Dalam minggu-minggu sejak kompensasi tahunan Pichai diumumkan, platform internal Google dipenuhi dengan obrolan dan memo yang mengkritik CEO karena menerima kenaikan gaji sambil memotong biaya di tempat lain. Beberapa karyawan juga mengkritik pembelian kembali saham yang setara dengan pembelian kembali pada tahun 2022.

pengajuan SEC Itu menunjukkan bahwa Pichai memperoleh total $226 juta tahun lalu, sebagian besar melalui penghargaan saham $218 juta. Hadiahnya termasuk hampir $6 juta untuk keamanan pribadi dan $2 juta untuk gaji pokok. Pada tahun 2021, Pichai menerima total $6,3 juta, terdiri dari $2 juta gaji dan $4,3 juta kompensasi lain, tetapi tidak ada saham yang diberikan.

Meme mulai beredar dengan membandingkan Pichai dengan CEO Apple Tim Cook, yang pada Januari mengambil potongan 40% dari total gaji targetnya untuk tahun 2022. Sekitar waktu yang sama, CEO Zoom Eric Yuan mengatakan dia akan mengambil potongan gaji 98% dan menolak bonus Setelah perusahaan memangkas 1.300 pekerjaan. CEO Twilio Jeff Lawson mengatakan akan ada pemotongan gaji di tengah pengurangan tenaga kerja sebesar 17%.

READ  Goldman Sachs mengatakan hedge fund membuang saham China pada Agustus

Lebih dari selusin pesan dari karyawan telah memenuhi forum diskusi internal Google, banyak di antaranya telah mengumpulkan beberapa ratus suka, seperti dilansir CNBC. Satu meme dengan lebih dari 1.200 suka menunjuk ke komentar dari CFO Ruth Porat, yang menulis bulan lalu dalam email yang jarang terjadi di seluruh perusahaan bahwa perusahaan melakukan pemotongan “multi-tahun” untuk layanan karyawan. CNBC menemukan bahwa pemotongan berkisar dari laptop karyawan dan pengeluaran hingga kelas kebugaran dan perlengkapan kedai kopi.

“Penghematan biaya Ruth telah diterapkan untuk semua orang… kecuali server VPS dan CEO kami yang bekerja keras,” kata Alm.

Google tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Ini bukan pertama kalinya Pichai mendapat kecaman atas keputusan terbarunya. Pada bulan Januari, Pichai mengatakan dia “bertanggung jawab penuh” atas keadaan yang menyebabkan PHK di seluruh perusahaan.

Dalam rapat habis-habisan, staf bertanya kepada Pichai mengapa para eksekutif mengambil pemotongan gaji jika dia mengambil tanggung jawab. Pichai menanggapi dengan mengatakan bahwa wakil presiden senior mengambil “pemotongan dramatis pada bonus mereka” dan bahwa dia melepaskan bonusnya.

Meme populer lainnya menampilkan foto karakter mitra Lord Farquaad dengan teks “Sundar menerima $226 juta sambil memberhentikan 12 ribu karyawan Google, memotong tunjangan, menghancurkan moral dan budaya.” Kutipan dari karakter tersebut berbunyi, “Beberapa dari Anda mungkin mati, tapi itu adalah pengorbanan yang ingin saya lakukan.”

Dalam fantasi animasi komputer dari tahun 2001, Lord Farquaad adalah penguasa Dolok yang membuang banyak makhluk fantastis ke rawa.

Pichai dan uang telah menjadi topik perdebatan sejak akhir tahun lalu, ketika CEO mengatakan pada pertemuan di seluruh perusahaan bahwa “kita tidak harus selalu menyamakan kesenangan dengan uang.” Pada saat itu, dia menanggapi tunjangan tertentu yang dipotong perusahaan, tetapi dia mengalihkan pertanyaan karyawan tentang pemotongan kompensasi eksekutif.

READ  Cat memenangkan Hamboney setelah melipat ke tempat tidur sofa

Beberapa rasa frustrasi diarahkan pada rencana Google untuk membeli kembali saham senilai $70 miliar, sebuah tanda bahwa perusahaan memiliki cukup uang untuk menutupi operasi dan investasinya. Satu meme baru-baru ini yang disukai lebih dari 700 kali berbunyi, “Pembelian kembali senilai $70 miliar menunjukkan bahwa kami lebih menghormati pemegang saham luar daripada karyawan Google.”

Dia menonton: Kecerdasan buatan dapat merusak satu-satunya bisnis nyata Alphabet