Juli 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Indeks S&P 500 bergerak lebih tinggi ke rekor tertinggi ketika Powell mulai menyampaikan kesaksian tengah tahunan

Indeks S&P 500 bergerak lebih tinggi ke rekor tertinggi ketika Powell mulai menyampaikan kesaksian tengah tahunan

Ketua Federal Reserve Jerome Powell mulai menyampaikan pembaruan tengah tahunannya kepada Kongres pada hari Selasa, di hadapan Komite Perbankan Senat. Dia akan hadir di hadapan Komite Jasa Keuangan DPR besok.

Jennifer Schonberger dari Yahoo Finance menceritakan kisahnya:

Powell mengindikasikan bahwa bank sentral semakin merasa nyaman untuk memangkas suku bunga, dengan mengatakan bahwa ia terdorong oleh bukti inflasi yang lebih rendah dan bahwa lebih banyak “data yang baik” akan membantu The Fed mencapai tujuan yang diinginkannya.

Angka inflasi “menunjukkan beberapa kemajuan tambahan” setelah beberapa pembacaan yang lebih panas pada kuartal pertama, katanya dalam kesaksian yang disiapkan kepada anggota parlemen AS pada hari Selasa, “dan lebih banyak data yang baik akan memperkuat keyakinan kami bahwa inflasi bergerak secara berkelanjutan menuju 2%.”

Ini adalah kedua kalinya dalam seminggu terakhir Powell menyatakan optimisme terhadap gambaran inflasi. Selasa lalu, dia mencatat bahwa dua pembacaan inflasi terakhir pada bulan April dan Mei “menunjukkan bahwa kita kembali ke jalur deflasi.”

FILE - Ketua Federal Reserve Jerome Powell berbicara pada konferensi pers di Federal Reserve Bank di Washington, 12 Juni 2024. Powell memberikan kesaksian di depan Komite Perbankan Senat pada Selasa, 9 Juli 2024. (AP Photo/Susan Walsh, File)

Ketua Federal Reserve Jerome Powell berbicara pada konferensi pers di Federal Reserve Bank di Washington, 12 Juni 2024. (AP Photo/Susan Walsh, File) (Kantor berita)

Pembacaan inflasi berikutnya, yang diukur dengan Indeks Harga Konsumen, dijadwalkan pada hari Kamis.

Inflasi diperkirakan tidak akan memburuk, namun juga diperkirakan tidak akan menurun. Berdasarkan CPI “inti” – yang tidak termasuk harga pangan dan energi yang mudah berubah dan tidak dapat dikendalikan oleh The Fed – inflasi diperkirakan akan tetap stabil pada 3,4% di bulan Juni dari tingkat yang sama di bulan Mei.

Powell mengindikasikan dalam kesaksiannya bahwa The Fed akan terus mengambil keputusan mengenai kebijakan moneter dari pertemuan ke pertemuan berikutnya. Dia menekankan bahwa menurunkan suku bunga terlalu cepat dapat membalikkan kemajuan yang dicapai dalam mengurangi inflasi, sementara mempertahankan suku bunga tinggi dalam jangka waktu lama dapat melemahkan perekonomian dan pasar tenaga kerja.

READ  Minggu kenaikan harga memiliki saham di jalur untuk penurunan terbesar sejak 2020

Partai Demokrat diperkirakan akan menekan Powell untuk segera menurunkan suku bunga, sementara Partai Republik kemungkinan akan menekan Powell mengenai peraturan permodalan bank dan menekankan bahwa suku bunga tidak boleh diturunkan begitu dekat dengan pemilu di bulan November.

Dalam kesaksiannya, Powell menegaskan bahwa Kongres telah memberi The Fed independensi operasional yang diperlukan untuk mengadopsi “perspektif jangka panjang” dalam mencapai misi gandanya yaitu memaksimalkan lapangan kerja dan stabilitas harga.