Mei 19, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Ilya Sutskever, salah satu pendiri OpenAI, mengatakan dia akan meninggalkan startup tersebut

Ilya Sutskever, salah satu pendiri OpenAI, mengatakan dia akan meninggalkan startup tersebut

Sam Altman (kiri), pengusaha Amerika, investor, pemrogram, pendiri dan CEO perusahaan kecerdasan buatan OpenAI, serta salah satu pendiri dan kepala ilmuwan perusahaan Ilya Sutskever, berbicara bersama di Universitas Tel Aviv di Tel Aviv pada 5 Juni 2023.

Jacques Guise | AFP | Gambar Getty

Ilya Sutskever, salah satu pendiri OpenAI, mengatakan pada hari Selasa bahwa dia akan meninggalkan startup yang didukung Microsoft.

“Saya gembira dengan apa yang akan terjadi selanjutnya, sebuah proyek yang sangat penting bagi saya dan detailnya akan saya bagikan pada waktunya,” tulis Sutskever dalam sebuah surat. Bagikan X Selasa.

Keberangkatan ini terjadi beberapa bulan setelah OpenAI mengalami krisis kepemimpinan yang melibatkan salah satu pendiri dan CEO Sam Altman.

Pada bulan November, dewan direksi OpenAI mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Altman tidak “secara konsisten jujur ​​dalam komunikasinya dengan dewan.” Masalahnya segera menjadi lebih rumit. Jurnal Wall Street Media lain melaporkan bahwa Sutskever memfokuskan fokusnya untuk memastikan bahwa AI tidak membahayakan manusia, sementara media lain, termasuk Altman, lebih bersemangat untuk terus memperkenalkan teknologi baru tersebut.

Hampir seluruh karyawan OpenAI menandatangani surat terbuka yang menyatakan bahwa mereka akan meninggalkan perusahaan sebagai tanggapan atas tindakan dewan tersebut. Beberapa hari kemudian, Altman kembali ke perusahaan, dan anggota dewan Helen Toner, Tasha McCauley dan Sutskever, yang memilih untuk memecat Altman, keluar. Adam D’Angelo, yang juga memilih untuk memecat Altman, tetap berada di dewan.

Ketika Altman ditanya tentang kondisi Sutskever melalui panggilan Zoom dengan wartawan saat itu, dia mengatakan tidak ada kabar terbaru yang bisa dibagikan. “Saya mencintai Elijah,” kata Altman. “Saya harap kita bekerja sama selama sisa karier kita, karier saya, apa pun.” “Tidak ada yang perlu diumumkan hari ini.”

READ  Perusahaan media Donald Trump naik untuk pertama kalinya di pasar saham

Pada hari Selasa, Altman berbagi pemikirannya tentang kepergian Sutskever.

“Ini sangat menyedihkan bagi saya; Elia adalah salah satu pemikir terhebat di generasi kita, cahaya penuntun di bidang kita, dan teman baik,” tulis Altman. Pada X. “Kecemerlangan dan visinya sangat terkenal; kehangatan dan belas kasihnya kurang dikenal namun tidak kalah pentingnya.” Direktur penelitian Jacob Paczucki, yang telah bekerja di OpenAI sejak 2017, akan menggantikan Sutskever sebagai kepala ilmuwan, kata Altman.

OpenAI telah mengumumkan anggota dewan baru, termasuk mantan co-CEO Salesforce Brett Taylor dan mantan Menteri Keuangan Larry Summers. Microsoft diberi posisi pengamat di dewan direksi tanpa pemungutan suara.

Pada bulan Maret, OpenAI mengumumkan dewan direksi barunya dan kesimpulan dari penyelidikan internal oleh firma hukum AS WilmerHale mengenai peristiwa-peristiwa yang mengarah pada pemecatan Altman. Altman kembali ke Dewan Direksi OpenAI, dan tiga anggota dewan baru diumumkan: Dr. Sue Desmond-Hellman, mantan CEO Bill & Melinda Gates Foundation; Nicole Seligman, mantan wakil presiden eksekutif dan penasihat umum global Sony Corporation dan presiden Sony Entertainment; dan Fidji Simo, CEO dan Presiden Instacart.

Ketiga anggota baru tersebut akan bekerja sama dengan anggota dewan saat ini Adam D’Angelo, Larry Summers, dan Brett Taylor, serta Greg, Sam, dan manajemen senior OpenAI, menurut pernyataan perusahaan pada bulan Maret, mengacu pada salah satu pendiri OpenAI, Greg. Brockman. .

Berita kepergian Sutskever muncul satu hari setelah OpenAI meluncurkan model AI baru dan ChatGPT versi desktop, bersama dengan antarmuka pengguna yang diperbarui, upaya terbaru perusahaan untuk memperluas penggunaan chatbot populernya.

Pembaruan ini menghadirkan model GPT-4 kepada semua orang, termasuk pengguna OpenAI gratis, kata chief technology officer Mira Moratti pada hari Senin dalam acara streaming langsung. Dia menambahkan bahwa model baru, GPT-4o, “jauh lebih cepat” dengan kemampuan teks, video, dan audio yang ditingkatkan.

READ  Pengusaha Crypto dituduh melakukan penipuan $150 juta

OpenAI mengatakan pada akhirnya berencana untuk mengizinkan pengguna melakukan obrolan video dengan ChatGPT. “Ini pertama kalinya kami mengambil langkah maju yang besar dalam hal kemudahan penggunaan,” kata Moratti.

Pada tahun 2015, Altman dan CEO Tesla Elon Musk, salah satu pendiri OpenAI lainnya, menginginkan Sutskever, yang saat itu merupakan ilmuwan riset di Google, menjadi ilmuwan top startup tersebut, menurut gugatan yang diajukan Musk terhadap OpenAI pada bulan Maret.

“Dr. Sutskever berulang kali berdebat apakah akan meninggalkan Google dan bergabung dengan proyek ini, tetapi pada akhirnya, panggilan dari Tuan Musk pada hari OpenAI, Inc. diumumkan secara publik yang meyakinkan Dr. Sutskever untuk berkomitmen untuk bergabung dengan proyek tersebut pengajuan hukum: “Kepala Ilmuwan di OpenAI, Inc.”