April 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

GPT-5 mungkin hadir pada musim panas ini sebagai pembaruan yang “lebih baik secara materi” untuk ChatGPT

GPT-5 mungkin hadir pada musim panas ini sebagai pembaruan yang “lebih baik secara materi” untuk ChatGPT

Ketika OpenAI meluncurkan model AI GPT-4 setahun yang lalu, OpenAI menciptakan gelombang kehebohan besar-besaran dan kepanikan eksistensial atas kemampuannya meniru komunikasi dan komposisi manusia. Sejak itu, pertanyaan terbesar dalam AI tetap sama: Kapan GPT-5 akan dirilis? Selama wawancara dan penampilan media di seluruh dunia, CEO OpenAI Sam Altman sering ditanyai pertanyaan ini, dan biasanya memang demikian Memberikan jawaban yang malu-malu atau mengelakterkadang digabungkan Janji Hal menakjubkan yang akan datang.

Menurut laporan baru dari Tertarik pada perdaganganOpenAI diperkirakan akan merilis GPT-5, versi perbaikan dari model bahasa AI yang mendukung ChatGPT, sekitar pertengahan tahun 2024 — dan kemungkinan besar selama musim panas. Dua sumber anonim yang mengetahui perusahaan tersebut mengungkapkan bahwa beberapa pelanggan perusahaan baru-baru ini menerima demo GPT-5 dan penyempurnaan terkait ChatGPT.

Seorang CEO yang baru-baru ini melihat versi GPT-5 menggambarkannya sebagai “sangat bagus” dan “lebih baik secara material”, karena OpenAI mendemonstrasikan model baru tersebut menggunakan kasus penggunaan dan data unik untuk perusahaannya. CEO tersebut juga mengisyaratkan kemampuan lain yang belum dirilis untuk model ini, seperti kemampuan meluncurkan agen AI yang sedang dikembangkan oleh OpenAI untuk melakukan tugas secara otomatis.

Kami bertanya kepada perwakilan OpenAI tentang tanggal rilis GPT-5 dan Business Insider melaporkan. Mereka menjawab bahwa mereka tidak mempunyai komentar khusus, namun menyertakan kutipan dari teks buku Altman Penampilan terkini Di podcast Lex Friedman.

Lex Friedman (01:06:13) Jadi kapan GPT-5 keluar lagi?
Sam Altman (01:06:15) Saya tidak tahu. Ini adalah jawaban yang jujur.
Lex Friedman (01:06:18) Oh, itu jawaban yang jujur. Berkedip dua kali jika ini tahunnya.
Sam Altman (01:06:30) Kami meluncurkan model baru yang hebat tahun ini. Saya tidak tahu kita akan menyebutnya apa.
Lex Friedman (01:06:36) Jadi ini pertanyaannya, bagaimana kita mengeditnya?
Sam Altman (01:06:41) Kami akan merilis banyak hal berbeda dalam beberapa bulan mendatang. Menurutku ini akan sangat keren. Saya pikir sebelum kita berbicara tentang model mirip GPT-5 yang disebut demikian, atau tidak disebut demikian, atau sedikit lebih buruk atau sedikit lebih baik dari apa yang Anda harapkan dari GPT-5, saya pikir kita memiliki banyak hal penting lainnya. untuk keluar dulu.

Dalam percakapan ini, Altman sepertinya menyiratkan bahwa perusahaan siap meluncurkan model AI besar tahun ini, namun apakah model tersebut akan disebut “GPT-5” atau dipandang sebagai peningkatan besar ke GPT-4 Turbo (atau mungkin pembaruan tambahan) ) seperti GPT masih harus dilihat -4.5) Di udara.

READ  iPhone kelas menengah tidak akan memiliki chip Apple terbaru

Seperti pendahulunya, GPT-5 (atau apa pun sebutannya) diharapkan menjadi Large Language Multimedia Model (LLM) yang dapat menerima teks atau masukan visual yang dikodekan (disebut “prompt”). Seperti GPT-4, GPT-5 akan menjadi model prediksi token berikutnya, yang berarti model ini akan menghasilkan perkiraan terbaik dari token berikutnya yang paling mungkin (bagian dari sebuah kata) secara berurutan, sehingga memungkinkan tugas-tugas seperti menyelesaikan kalimat atau menulis kode . Jika dikonfigurasi dengan cara tertentu, template GPT dapat menjalankan aplikasi chatbot seperti ChatGPT.

OpenAI meluncurkan GPT-4 pada bulan Maret 2023 sebagai peningkatan dari pendahulu utamanya, GPT-3, yang muncul pada tahun 2020 (dengan GPT-3.5 tiba pada akhir tahun 2022). November lalu, OpenAI merilis GPT-4 Turbo, yang secara signifikan mengurangi biaya inferensi (pengoperasian) model AI terbaik OpenAI, namun diganggu oleh tuduhan “kemalasan” karena model tersebut terkadang menolak menjawab perintah atau menyelesaikan proyek pemrograman sesuai kebutuhan. OpenAI telah mencoba memperbaiki masalah kemalasan ini beberapa kali.

Pemegang gelar master seperti yang dikembangkan oleh OpenAI dilatih tentang kumpulan data besar yang diambil dari Internet dan Dilisensikan oleh perusahaan media, memungkinkan mereka merespons permintaan pengguna dengan cara yang mirip manusia. Namun, kualitas informasi yang diberikan oleh model dapat bervariasi bergantung pada data pelatihan yang digunakan, dan juga berdasarkan kecenderungan model dalam mengumpulkan informasi. Jika GPT-5 dapat meningkatkan generalisasi (kemampuannya untuk melakukan tugas-tugas baru) sekaligus mengurangi apa yang biasa disebut “halusinasi” dalam industri, kemungkinan besar hal ini akan menunjukkan kemajuan yang signifikan bagi perusahaan.

Menurut laporan tersebut, OpenAI masih melatih GPT-5, dan setelah selesai, model tersebut akan menjalani pengujian keamanan internal dan “tim merah” lebih lanjut untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah apa pun sebelum dirilis ke publik. Tanggal rilis mungkin tertunda tergantung pada durasi proses pengujian keamanan.

READ  Apakah saya harus membayar untuk modifikasi? Pengembang Valheim tidak berpikir demikian

Tentu saja, sumber yang disebutkan dalam laporan tersebut mungkin salah, dan GPT-5 mungkin dirilis kemudian untuk alasan selain pengujian. Jadi, anggaplah ini sebagai rumor yang kuat, namun ini adalah pertama kalinya kami melihat kemungkinan tanggal rilis GPT-5 dari sumber yang memiliki reputasi baik. Selain itu, kini kita mengetahui bahwa GPT-5 sudah cukup lengkap untuk menjalani pengujian, yang berarti proses pelatihan utamanya kemungkinan besar telah selesai. Perbaikan lebih lanjut mungkin akan terjadi setelahnya.