Juni 14, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Google mulai menghapus riwayat lokasi pengguna secara permanen Google

Google mulai menghapus riwayat lokasi pengguna secara permanen  Google

Google mengatakan akan menghapus semua yang diketahuinya tentang situs yang pernah dikunjungi pengguna sebelumnya, setahun setelah berkomitmen mengurangi jumlah data pribadi yang disimpan tentang pengguna.

Fitur “Garis Waktu” perusahaan — sebelumnya dikenal sebagai Riwayat Lokasi — akan tetap berfungsi bagi mereka yang memilih untuk menggunakannya, memungkinkan mereka menelusuri kembali riwayat perjalanan potensial selama beberapa dekade untuk memeriksa di mana mereka berada pada waktu tertentu.

Namun semua data yang diperlukan untuk menjalankan fitur ini akan disimpan secara lokal, di ponsel atau tablet mereka, tanpa ada satupun yang disimpan di server perusahaan.

Dalam email yang dikirim oleh perusahaan kepada pengguna peta, dan dilihat oleh The Guardian, Google mengatakan mereka memiliki waktu hingga 1 Desember untuk menyimpan semua perjalanan lama mereka sebelum dihapus selamanya.

Pengguna masih dapat mencadangkan data mereka jika mereka khawatir kehilangannya atau ingin menyinkronkannya di seluruh perangkat, tetapi hal ini tidak lagi terjadi secara default.

Perusahaan juga berupaya mengurangi jumlah waktu default penyimpanan riwayat lokasi. Sekarang, mereka akan mulai menghapus situs-situs sebelumnya hanya dalam waktu tiga bulan, turun dari default sebelumnya yaitu satu setengah tahun.

Dalam postingan blog yang mengumumkan perubahan tersebut, Google tidak memberikan alasan spesifik atas pembaruan tersebut, selain mencatat bahwa pengguna mungkin ingin menghapus informasi dari riwayat lokasi mereka jika mereka “merencanakan pesta ulang tahun kejutan”.

“Informasi lokasi Anda bersifat pribadi,” tambah perusahaan itu. “Kami berkomitmen untuk menjaga Anda tetap aman, pribadi, dan terkendali. Ingat: Google Maps tidak pernah menjual data Anda kepada siapa pun, termasuk pengiklan.

Namun perusahaan tersebut mendapat tekanan yang semakin besar untuk membantu pengguna menjaga kerahasiaan lokasi mereka dalam menghadapi upaya penegakan hukum yang agresif untuk menggunakan informasi yang disimpan sebagai senjata.

READ  Nvidia, Google, telah melaporkan kekhawatiran audio tentang akuisisi Activision oleh Xbox
Lewati promosi buletin sebelumnya

Misalnya, dugaan permintaan pengawasan memaksa Google untuk menyerahkan informasi tentang setiap pengguna di wilayah tertentu pada waktu tertentu, termasuk banyak informasi yang tidak ada hubungannya dengan kejahatan selain ping sinyal GPS.

Bentrokan ini terjadi setelah Mahkamah Agung AS membatalkan Roe v. Wade, yang menjamin hak orang Amerika untuk melakukan aborsi. Perusahaan telah berkomitmen untuk menghapus informasi tentang penelusuran klinik aborsi untuk melindungi perempuan dari kriminalisasi berdasarkan riwayat penelusuran mereka.

Namun penyelidikan yang dilakukan oleh The Guardian pada akhir tahun itu mengungkapkan bahwa riwayat lokasi perusahaan masih menyimpan cukup informasi tentang pergerakan seorang peneliti untuk mengungkapkan dengan tepat cabang Planned Parenthood mana yang dikunjungi dan kapan, dan bahwa lokasi tersebut bahkan ditandai dengan pin. Meskipun demikian tidak secara eksplisit disimpan sebagai klinik.