Agustus 20, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Cara menghapus hard drive lama dengan aman, sekali dan untuk semua

Cara menghapus hard drive lama dengan aman, sekali dan untuk semua

Sejak meluncurkan meja bantuan tahun lalu, kami memiliki banyak permintaan tentang cara terbaik untuk melestarikan berbagai jenis data dalam hidup kami: pikirkan pesan suara, obrolan, dan bahkan video rumahan yang berharga.

Dilihat dari kasus kotak masuk bersama, kebalikannya juga benar. Banyak dari Anda ingin tahu bagaimana membuat beberapa data Anda hilang sepenuhnya, apakah itu berserakan di media sosial atau disimpan di hard drive lama yang tergeletak di sekitar rumah.

“Saya memiliki beberapa komputer lama yang ingin saya sumbangkan ke badan amal sekolah,” tulis seorang pembaca dalam email. “Saya telah menghapus informasi di hard drive tetapi saya mendengar bahwa menghapus data saja tidak menghapusnya sepenuhnya. Bisakah Anda memberi tahu cara menghapus data dari komputer dengan aman?”

Sayangnya, mereka melakukannya dengan benar: Hanya karena Anda menghapus file di komputer Anda dan mengosongkan Recycle Bin tidak berarti file itu hilang selamanya. Memastikan file-file ini hilang dengan benar akan membutuhkan beberapa pekerjaan ekstra, tetapi jika Anda berpikir untuk menyumbangkan, menjual, atau bahkan mendaur ulang komputer lama dengan hard drive di dalamnya, itu pasti layak untuk meluangkan waktu.

“Ada banyak cerita tentang orang yang membeli komputer bekas secara online dan mendapatkan kembali datanya,” kata Andrés Arrieta, direktur teknik privasi konsumen di Electronic Frontier Foundation. “Ini agak menakutkan. Seluruh hidupmu ada di sana.”

Jika Anda serius ingin menjaga data Anda dari mata-mata, berikut cara menghapus hard drive lama Anda dengan aman.

Untuk hard drive di dalam komputer yang berfungsi

Jika Anda telah berhasil meluncurkan dan menggunakan komputer yang ingin Anda singkirkan, anggap diri Anda beruntung. Dengan perangkat lunak yang tepat, prosesnya bisa sangat sederhana. Untungnya, dalam beberapa kasus, sistem operasi yang memberi daya pada komputer Anda sudah memiliki semua yang Anda butuhkan untuk menghapus hard drive Anda dengan aman.

READ  Microsoft Xbox, Sony PlayStation, dan Nintendo: Laporan Pendapatan Video Game
  • Klik ikon Pengaturan, lalu klik Ubah Pengaturan PC
  • Klik Perbarui dan Pemulihan, diikuti oleh “Pemulihan”
  • Di bawah “Hapus semuanya dan instal ulang Windows” klik “Mulai”
  • Saat diminta, pilih opsi “Bersihkan seluruh drive”
  • Klik tombol Windows di sudut kiri bawah, lalu ikon Pengaturan berbentuk roda gigi
  • Klik Perbarui & Keamanan, lalu “Pemulihan” di bilah sisi
  • Di bawah “Reset PC ini”, klik “Mulai”, lalu “Hapus semuanya”
  • Saat Anda masuk ke layar Pengaturan Tambahan, klik Ubah Pengaturan dan pastikan opsi Bersihkan Data dan Hapus file dari semua drive diaktifkan
  • Klik tombol Windows di bilah alat, lalu ikon Pengaturan berbentuk roda gigi
  • Klik Pembaruan Windows. Kemudian klik Recovery dan pilih opsi Reset PC
  • Pilih “Hapus semuanya” dan klik “Ubah pengaturan” untuk memastikan bahwa opsi “Pembersihan data” diaktifkan

Untuk komputer yang menjalankan versi Windows sebelumnya — seperti Windows XP, Vista, atau 7 — Anda mungkin perlu pergi ke tempat lain untuk mendapatkan alat yang tepat. EFF juga merekomendasikan aplikasi gratis seperti BleachBit dan DBAN Untuk menghapus file individual dan seluruh hard drive dengan aman, masing-masing.

Ini juga dapat berguna jika Anda juga menggunakan versi Windows yang lebih baru. Aplikasi ini sangat cocok untuk menangani data yang sangat sensitif yang Anda inginkan, atau saat Anda ingin lebih mengontrol cara hard drive Anda dihapus dan ditulis.

  • Nyalakan (atau mulai ulang) Mac Anda, dan tahan tombol Command dan R saat aktif – ini akan menempatkan PC Anda ke mode pemulihan
  • Masuk ke akun Anda (jika perlu) dan klik Utilitas Disk
  • Pilih hard disk yang ingin Anda hapus dan klik tombol Hapus
  • Klik Opsi Keamanan dan pilih seberapa hati-hati Anda ingin menghapus drive. Kebanyakan orang akan baik-baik saja dengan memilih opsi kedua, yang menulis dua kali lebih banyak dari semua data yang Anda simpan
READ  Elden Ring mendapat kerja sama "halus" dengan mod baru

Untuk hard drive di dalam komputer tidak berfungsi

Jika salah satu komputer yang ingin Anda buang tidak berfungsi dengan baik, mungkin lebih cocok untuk perjalanan ke fasilitas daur ulang daripada pembeli eBay. Tetapi hanya karena hal itu tidak berfungsi tidak berarti bahwa data pribadi yang tersimpan di hard drive Anda telah hilang selama berabad-abad.

Kita harus melakukan sesuatu tentang itu. Langkah pertama adalah mengakses hard drive itu sendiri.

Untuk orang-orang yang akrab dengan bagian dalam PC—atau siapa pun yang ingin menjelajahinya—salah satu caranya adalah dengan membuka PC dan mengambil hard drive Anda. Jangan khawatir: ini seringkali jauh lebih mudah daripada kedengarannya.

Sebagian besar komputer desktop dapat dibuka dengan cepat, dan dengan asumsi tidak ada bagian yang menghalangi, melepaskan hard drive tidak lebih dari mencabut beberapa kabel dan melepas braket. Proses ini bisa lebih rumit untuk laptop, jadi sebaiknya Anda mencari panduan perbaikan atau tutorial YouTube untuk model spesifik Anda sebelum memulai.

Setelah Anda dapat membebaskan hard drive dari penjara logamnya, gunakan penutup drive USB atau stasiun dok untuk menghubungkannya secara fisik ke komputer lain, di mana Anda dapat menggunakan perangkat lunak yang disebutkan sebelumnya untuk menghapusnya secara bertanggung jawab.

Jika itu terdengar merepotkan, selalu ada cara mudah: Anda dapat membawa perangkat Anda ke bengkel lokal di mana mereka dapat mengeluarkan hard drive hanya dalam beberapa saat. (untuk semua yang dia miliki keanehanYelp adalah tempat yang berguna untuk mulai mencari toko-toko ini.) Mungkin mereka juga dapat memindainya dengan aman, yang akan menghemat lebih banyak waktu Anda.

pendekatan ruang kantor

Ada juga pendekatan berteknologi rendah – beberapa orang akan mengatakan lebih terapeutik. Jika Anda benar-benar dapat menghapus hard drive lama dari komputer yang Anda rencanakan untuk didaur ulang, bawa drive ke luar dan terapkan dosis palu yang bebas ke dalamnya. Sebuah batu dari kebun Anda akan bekerja juga, seperti dengan bor menggunakan bor untuk membuat empat atau lima lubang besar di sekitar bagian tengah kayu keras.

READ  Spesifikasi NVIDIA GeForce RTX 4070 Ti "Dugaan" bocor

Sungguh, pergilah dengan Semuanya benar Ketika nama game menyebabkan beberapa kerusakan yang mirip dengan Office Space. (Jangan lupa kacamata pengaman.)

“Jika Anda akan membuangnya ke tempat sampah, pastikan untuk merobohkannya,” kata Arrieta. “Kenapa kamu tidak menikmatinya?”

Secara khusus, apa yang kami coba lakukan di sini secara magnetis merusak piringan drive, disk yang berputar di mana data kami ditempatkan. Menghancurkan piringan-piringan ini tidak selalu membuat data Anda tidak dapat dipulihkan sepenuhnya, tetapi hal itu membuat penyelamatan informasi itu lebih sulit daripada nilainya dalam semua kasus kecuali dalam kasus yang paling ekstrem. (Jika Anda tetap berpegang pada, katakanlah, rahasia pemerintah, Anda sebaiknya menghancurkan seluruh drive Anda.)

Setelah Anda bersenang-senang, jangan hanya membuang drive itu ke tempat sampah—temukan fasilitas limbah elektronik lokal dan buang mayat mereka di sana.