Maret 2, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Breakout atau jebakan banteng $40k? 5 hal yang perlu diketahui tentang Bitcoin minggu ini

Breakout atau jebakan banteng $40k?  5 hal yang perlu diketahui tentang Bitcoin minggu ini

Bitcoin (BTC) dimulai pada minggu pertama bulan Desember dengan terlihat lebih baik daripada sejak awal tahun 2022 – lebih dari $40,000.

Pergerakan harga Bitcoin sudah menyenangkan para pembeli menjelang bulan ini, dengan penutupan mingguan memberikan perjalanan pertama di atas angka $40,000 sejak April tahun lalu.

Perdagangan short terhapus dan likuiditas diambil karena tren naik mendapatkan dukungan terbarunya didukung oleh perubahan makroekonomi dan perkiraan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) pertama pada harga spot di AS.

Meskipun ada skeptisisme dan ekspektasi terhadap penurunan harga yang besar, Bitcoin terus memberikan sedikit kelonggaran kepada penjual, yang terus-menerus kehilangan keuntungan atau dibiarkan menunggu harga masuk yang tidak pernah datang.

Suasana pesta tidak hanya tercermin di pasar, karena para penambang Bitcoin sibuk mempersiapkan halving, dan dengan tingkat hash yang sudah berada pada titik tertinggi sepanjang masa, tren ini akan berlanjut minggu ini.

Apakah masih ada sisi positifnya atau apakah Bitcoin lebih maju?

Ini adalah pertanyaan yang akan ditanyakan oleh para pelaku pasar lama dalam beberapa hari mendatang ketika pasar lama dibuka dan menyesuaikan dengan harga Bitcoin pasca-$40,000.

Cointelegraph melihat lebih dekat keadaan Bitcoin minggu ini dan memeriksa potensi katalis volatilitas yang tersedia bagi pembeli.

Bitcoin telah melonjak di atas $40,000 – tetapi koreksi serius masih dalam daftar pengawasan

Bitcoin secara agresif mengingatkan investor akan “Uptober” saat bulan dimulai – dengan melikuidasi posisi short dan mengatasi level resistensi utama.

Kegembiraan dimulai dengan penutupan mingguan, ketika $40,000 muncul untuk pertama kalinya sejak April tahun lalu.

Grafik satu jam BTC/USD. Sumber: Tampilan Perdagangan

Namun, kenaikan belum melambat di sana, dan harga BTC/USD terus naik ke level tertinggi lokal saat ini di $41,800, menurut data dari Cointelegraph Markets Pro dan Tampilan Perdagangan Mengonfirmasi.

Dengan melakukan hal itu, Bitcoin menghapus posisi short senilai lebih dari $50 juta pada tanggal 4 Desember saja, menurut statistik dari Ratu Kaca – Ini merupakan jumlah korban jiwa terbesar dalam satu hari sejak 15 November.

Kualifikasi BTC (tangkapan layar). Sumber: Coinglass

Mungkin dapat dimengerti jika banyak pedagang menyerukan kelanjutan tren naik menuju $50.000, dengan likuiditas pendek yang didukung perlahan menghilang seiring dengan peningkatan kinerja harga Bitcoin.

“Seseorang masih secara agresif mengejar harga di sini,” tulis trader populer Skew pada saat itu cakupan Dari pergerakan pasar langsung.

“Yang lebih penting adalah apakah entitas pasar besar yang disebutkan di atas benar-benar mengizinkan beberapa penawaran untuk dipenuhi atau tidak. Jika penawaran tersebut dipenuhi, mereka diperkirakan akan mendorong harga lebih tinggi. Jelas $40,000 adalah harga yang harus dibayar oleh pemain institusional.”

Namun, tidak semua orang yakin masa-masa indah akan terus berlanjut.

Bagi trader populer Crypto Chase, level saat ini mewakili tempat yang ideal untuk “menangkap” perdagangan panjang yang terlambat dan menurunkan Bitcoin sebesar $10.000.

“Rendah 40an dan kemudian kita melihat harga terendah 30an. Ini adalah kesalahan di harga rendah 50an, yang pada dasarnya adalah perdagangan 1:1,” katanya pada pelanggan di X (sebelumnya Twitter) pada tanggal 23 November dalam sebuah postingan yang dia ulangi. hari itu.

“Bagi saya, siklus ini tidak berbeda dengan siklus lainnya. Saat ini hanya naik, dan sebentar lagi hanya akan turun. Ini adalah cara dasar BTC selalu diperdagangkan.” saya melanjutkan Sebagai bagian dari analisis baru.

“Saya pikir harga saat ini terlalu mahal. Ini akan menambah kekurangan di 43k.

Pasar tertarik pada poros The Fed dalam hitungan mundur FOMC

Kumpulan laporan data makroekonomi AS minggu lalu tidak banyak mengubah Bitcoin keluar dari kisaran perdagangannya yang sempit.

READ  Saham Tesla turun dengan pengiriman karena masalah produksi di Shanghai; Ratusan pekerja Autopilot telah diberhentikan di Amerika Serikat

Namun semua itu mulai berubah ketika Jerome Powell, Ketua Federal Reserve, menyampaikan apa yang ditafsirkan banyak orang sebagai sinyal bahwa kebijakan ekonomi akan berubah secara dramatis.

Hal ini akan terjadi karena The Fed mulai menurunkan suku bunga utama – sebuah momen penting bagi mata uang kripto dan aset berisiko yang akan menjadi pihak pertama yang mendapatkan keuntungan dari peningkatan penerapan likuiditas oleh pedagang tunai saat ini.

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, “poros” The Fed ini sebelumnya tidak diperkirakan atau diindikasikan oleh para pejabat hingga setidaknya pertengahan tahun 2024, namun perkiraan baru-baru ini telah mempercepat tenggat waktu tidak resmi. Bill Ackman, CEO dan pendiri hedge fund Pershing Square Capital Management, mengatakan pekan lalu bahwa ia mengharapkan perubahan haluan pada kuartal pertama.

Saya pikir mereka akan menurunkan suku bunga. “Saya pikir mereka akan menurunkan suku bunga lebih cepat dari perkiraan orang,” katanya kepada Bloomberg saat itu.

Sebelum tahun baru, The Fed akan membuat keputusan suku bunga lainnya, yang dijadwalkan akan dilakukan dalam waktu kurang dari dua minggu. Kontribusi penting terhadap keputusan tersebut adalah data minggu lalu, yang mengkonfirmasi narasi mengenai penurunan inflasi – data yang dijadwalkan akan dirilis minggu ini dan musim gugur mendatang selama “periode blackout” The Fed, di mana para pejabat tidak diperbolehkan mengomentari kebijakan.

Untuk setiap data dari kumpulan CME Alat pengawas umpanPasar sangat percaya bahwa suku bunga, meski belum turun, akan tetap pada level saat ini setelah keputusan tersebut diambil.

Grafik probabilitas target suku bunga Fed. Sumber: Grup CME

Publikasi minggu ini mencakup non-farm payrolls dan data ketenagakerjaan lainnya pada saat tingkat pengangguran AS mendekati titik terendah dalam sejarah.

“Ada banyak data ketenagakerjaan minggu ini yang akan sangat berdampak pada pertemuan Fed minggu depan. Bulan terakhir perdagangan untuk tahun 2023,” tulis sumber komentar keuangan The Kobeissi Letter di bagian ringkasan mingguan tanggal catatan makroekonomi utama.

Kenaikan harga emas menimbulkan kekhawatiran terhadap kembalinya likuiditas AS

Pihak lain berpendapat bahwa keuntungan Bitcoin dan mata uang kripto kemungkinan besar disebabkan oleh lebih dari sekadar data.

Fasilitas reverse repo The Fed menurun dengan cepat, sehingga menambah likuiditas ke dalam perekonomian – yang merupakan variabel kunci dalam kinerja aset berisiko di seluruh dunia.

READ  Twitter menuntut Elon Musk karena menahannya dengan kesepakatan senilai $44 miliar

“Ini adalah uang yang disimpan di The Fed semalaman yang masuk ke perekonomian/pasar. Ini cenderung membantu aset berisiko dan menekan harga DXY,” Daan Crypto Trades buku Komentari bagan terlampir.

Indeks Dolar AS (DXY), yang mengukur kekuatan dolar AS terhadap sejumlah mata uang mitra dagang utama, saat ini berada di tengah pemulihan moderat setelah mencapai posisi terendah dalam empat bulan pada minggu lalu.

Grafik satu hari Indeks Dolar AS (DXY). Sumber: Tampilan Perdagangan

Likuiditas menjadi perhatian nama-nama institusional di dunia cryptocurrency, termasuk Dan Tapiro, pendiri dan CEO 10T Holdings.

Dia mengatakan pekan lalu bahwa penurunan obligasi AS baru-baru ini menghadirkan peluang pembelian langka yang setara dengan krisis keuangan global tahun 2008 dan keruntuhan akibat Covid-19 tahun 2020, sekali lagi menyimpulkan bahwa likuiditas harus “bergegas” ke dalam saham dan Bitcoin.

Charles Edwards, pendiri Bitcoin Quantitative Fund dan dana aset digital Capriol Investments, adalah salah satu tokoh yang menunjukkan tren likuiditas yang telah mendahului langkah The Fed – dengan pelonggaran fiskal AS terbesar dalam empat puluh tahun yang terjadi pada bulan November.

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, emas sudah bereaksi, mencapai titik tertinggi sepanjang masa dalam dolar dan naik hampir 4% sehari sebelum koreksi.

Yang lain mengatakan perilaku seperti itu tidak biasa, dan memperkirakan “sesuatu yang besar” akan terjadi minggu ini.

“Kecuali jika seseorang melakukan eksekusi sekarang setelah menjual emas, hal itu menunjukkan sesuatu yang penting,” kata komentator dan pedagang media sosial populer yang dikenal sebagai Horse. Usul.

“Emas tidak akan terkoyak secara sembarangan pada hari Minggu seperti ini kecuali hal itu mempunyai arti.”

Grafik satu jam XAU/USD. Sumber: Tampilan Perdagangan

Sebagai tanggapannya, trader populer Plantz juga mengungkapkan kekhawatirannya mengenai terus meningkatnya aset, dan menambahkan bahwa hal ini sebagian besar terfokus pada tren inflasi global.

READ  Sumber: Perusahaan Tiongkok Shein mengajukan penawaran umum perdana di AS sebagai ujian besar terhadap selera investor

Penambang Bitcoin terus meningkatkan hashrate

Ada beberapa kendala yang menghalangi para penambang Bitcoin untuk melindungi diri mereka sebelum dukungan dikurangi separuhnya pada bulan April.

Bulan lalu, Perkiraan tingkat hash Ini mencapai level tertinggi baru dan melampaui 500 exahash per detik (EH/s) untuk pertama kalinya dalam sejarah Bitcoin.

Tren ini tidak akan berlanjut pada awal Desember – pengaturan ulang tingkat kesulitan berikutnya akan menambah sekitar 1,6% ke angka yang sudah tinggi, yang mencerminkan intensitas persaingan untuk mendapatkan hadiah blok.

Untuk setiap data dari sumber statistik BTC.comIni akan menandai penyesuaian kenaikan ketujuh berturut-turut untuk Bitcoin.

Ikhtisar dasar-dasar jaringan Bitcoin (tangkapan layar). Sumber: BTC.com

“Tingkat hash Bitcoin akan memasuki fase menyenangkan dari perkembangan parabolanya pada siklus ini seiring dengan dimulainya fase keempat dan terakhir penambangan,” kata Nick Cote, pendiri dan CEO pasar aset digital SecondLane. Dan dia berharap Di bagian komentar terakhir X.

“Peserta yang berpengalaman dan memiliki ∞ sumber daya dan keberpihakan pemerintah akan memberikan pukulan telak bagi para penambang yang tidak efisien seiring dengan semakin cepatnya laju penempatan.”

Sementara itu, Alex Thorne, kepala penelitian seluruh perusahaan di sumber daya pendidikan cryptocurrency Galaxy, mengutip “kasus banteng” perusahaan mengenai hashrate yang menjadi kenyataan.

“Ini adalah salah satu tangga lagu paling menarik di dunia saat ini.” Memberi tahu X pelanggan tentang nomor tingkat hash.

“Sebuah gambar bernilai ribuan kata.”

Data tingkat hash Bitcoin mentah (tangkapan layar). Sumber: MiningPoolStats

Keserakahan menyamai rekor tertinggi Bitcoin sepanjang masa yaitu $69.000

Perjalanan baru-baru ini ke level tertinggi dalam 19 bulan kemungkinan memberikan dorongan yang lebih besar terhadap keserakahan pasar kripto.

Terkait: Bitcoin ETF Akan Memberikan Keuntungan 165% dalam Harga BTC pada tahun 2024 – Standard Chartered

Data dari Indeks Ketakutan dan Keserakahan dalam Cryptocurrency – Indeks sentimen acuan – telah menempatkan tingkat keserakahan pada tingkat tertinggi yang belum pernah terlihat sejak November 2021, ketika Bitcoin mencapai titik tertinggi sepanjang masa.

Indeks Ketakutan & Keserakahan, sebuah indikator tertinggal, belum memperhitungkan kenaikan di atas $40.000 pada saat penulisan laporan ini, namun masih berada di angka 74/100 – berada di ambang “keserakahan ekstrem.”

Indeks Ketakutan dan Keserakahan Cryptocurrency (tangkapan layar). Sumber: Al-Badil.me

Indeks ini menggunakan serangkaian faktor untuk menentukan sentimen keseluruhan di kalangan investor mata uang kripto. Dampaknya berguna dalam memprediksi pembalikan tren pasar ketika ketakutan atau keserakahan mencapai tingkat tinggi yang tidak berkelanjutan.

Sejauh itu, puncak $69,000 adalah sebuah anomali – preseden historis memerlukan koreksi untuk masuk ketika indeks melebihi 90/100. Dengan demikian, pasar bullish saat ini mungkin memiliki ruang untuk berjalan sebelum kegembiraan yang tidak rasional terjadi, seperti yang telah dikemukakan oleh para komentator sebelumnya.

Artikel ini tidak berisi nasihat atau rekomendasi investasi. Setiap langkah investasi dan perdagangan mengandung risiko, dan pembaca harus melakukan penelitian sendiri saat mengambil keputusan.