Juli 15, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Apple terpaksa meninggalkan pengisi daya Lightning di iPhone baru

Apple terpaksa meninggalkan pengisi daya Lightning di iPhone baru
  • Ditulis oleh Daniel Thomas
  • Reporter bisnis

Komentari foto tersebut,

IPhone 15 telah diberi tampilan yang lebih cerah dan sistem kamera yang ditingkatkan

Apple telah mengonfirmasi bahwa iPhone barunya tidak akan menyertakan port pengisian daya Lightning, setelah Uni Eropa memaksakan perubahan tersebut.

Raksasa teknologi itu mengatakan iPhone 15, yang diluncurkan pada acara tahunannya pada hari Selasa, akan menggunakan kabel USB-C sebagai “standar yang diterima secara global”.

Seri Apple Watch baru yang dilengkapi chip lebih canggih juga diluncurkan.

Namun seorang analis mengatakan kurangnya pembaruan yang “menarik berita utama” dari Apple tahun ini akan mengecewakan beberapa orang.

“Ini bukan sebuah kejutan mengingat kematangan iPhone dan Watch,” kata Ben Wood dari CCS Insight.

“Ini mencerminkan betapa rumitnya iPhone dan Watch dan betapa sulitnya memberikan pembaruan luar biasa setiap tahun.”

Apple telah merilis adaptor port USB-C-ke-lightning seharga £29 ($36). Produk ini menghubungkan aksesori port Lightning yang telah dibuat selama bertahun-tahun ke iPhone atau iPad baru yang mendukung USB-C.

IPhone terbaru yang mulai dijual minggu depan adalah yang pertama sejak 2012 yang memiliki fitur port pengisian daya alternatif.

Komentari foto tersebut,

Beberapa perangkat Apple – seperti laptop iPad Pro dan Mac – menggunakan USB-C (kiri) sedangkan iPhone menggunakan Lightning (kanan)

Kabel USB-C – yang sudah berfungsi dengan banyak laptop dan iPad Apple – juga akan berfungsi pada versi baru earbud AirPods Pro dan EarPod berkabel, kata perusahaan itu.

Namun, beberapa pihak memperingatkan bahwa langkah ini akan menyebabkan peningkatan jumlah kabel yang dibuang di tahun-tahun mendatang.

Mungkin sebagai tanggapannya, Apple menggunakan acara peluncurannya pada hari Selasa untuk membuat serangkaian janji lingkungan di sekitar perangkat barunya, termasuk menjadikan jajaran Apple Watch baru netral karbon untuk pertama kalinya.

Hal ini juga akan meningkatkan jumlah bahan daur ulang yang digunakan pada baterai dan bagian lain pada jam tangan dan iPhone baru.

Perusahaan juga menegaskan bahwa mereka tidak akan lagi menggunakan kulit dalam aksesori apa pun dan berjanji untuk menjadi bisnis netral karbon pada tahun 2030.

CEO Apple Tim Cook mengatakan jajaran iPhone 15 baru mencakup “iPhone terbaik dan paling mumpuni yang pernah kami buat.”

  • IPhone 15 dan 15 Plus dilengkapi dengan layar yang lebih cerah dan sistem kamera yang ditingkatkan, sedangkan iPhone 15 Pro dan Pro Max kelas atas kini hadir dengan bingkai titanium, yang dimaksudkan untuk meningkatkan kekuatannya.
  • Pro dan Max juga memiliki “tombol aksi” alih-alih tombol mute yang dapat ditetapkan ke berbagai fungsi.
  • Apple Watch baru akan menampilkan kontrol gerakan, di mana mengetuk dua kali dua jari secara bersamaan di tangan yang sama dengan perangkat yang dipakai memungkinkan pemakainya menjawab atau mengakhiri panggilan.

Namun beberapa ahli bertanya-tanya apakah konsumen akan bersedia membayar harga tinggi untuk perangkat tersebut, mengingat perangkat tersebut tidak jauh berbeda dengan pendahulunya.

Berapa harga iPhone baru?

IPhone 15 mulai dari £799 dan iPhone 15 Pro mulai dari £999 di Inggris.

Saham Apple turun tipis pada hari Selasa, gagal membalikkan penurunan tajam yang terlihat minggu lalu di tengah laporan bahwa pemerintah Tiongkok telah melarang pejabat menggunakan iPhone.

Peluncuran seri ponsel pintar baru Huawei di Tiongkok telah meningkatkan kekhawatiran investor.

Pasar ponsel pintar global turun dari total 294,5 juta ponsel yang dikirimkan menjadi 268 juta pada kuartal kedua tahun 2023.

Namun pengiriman Apple mengalami penurunan paling sedikit dibandingkan pembuat ponsel pintar besar lainnya, turun dari 46,5 juta ponsel menjadi 45,3 juta, menurut analis Counterpoint Research.