Panwascam Dibekali Teknik Penanganan Pelanggaran Pemilu | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Pilwalkot Bekasi

Panwascam Dibekali Teknik Penanganan Pelanggaran Pemilu

foto: Amar Faizal Haidar/ reviewbekasi.com

REVIEW, Bekasi –Panwaslu dan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakumdu) Kota Bekasi menggelar Rapat Koordinasi (Rakor), di Hotel Horison Bekasi, Senin (16/4/2017).

Komisioner Panwaslu Bidang Penindakan, Muhammad Iqbal Alam Islami menjelaskan, Rakor kali ini bertujuan untuk menyamakan persepsi di antara Kepolisian, Kejaksaan dan Panwaslu yang terkait dalam penanganan pelanggaran pidana pemilu.

Iqbal juga menyebut kegiatan ini lebih banyak diisi dengan materi pembekalan terhadap Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), yang diharapkan mampu ikut serta memproses temuan maupun laporan dugaan pelanggaran pemilu di wilayahnya masing-masing.

“Kita lebih banyak memberikan pembekalan kepada Panwascam, agar mereka bisa juga menindak beberapa jenis pelanggaran, seperti kode etik dan administrasi,” ujar Iqbal kepada REVIEW saat dihubungi, Senin (17/4/2018).

Pembekalan tersebut dinilai penting, mengingat secara prosedur, penindakan kasus dugaan pelanggaran pemilu, baik yang bersifat administratif, kode etik maupun pidana diikat oleh durasi waktu, yakni 3+2.

“Kita mengharapkan mereka mampu mengemas dugaan pelanggaran pemilu, sehingga prosesnya menjadi efektif dan tidak melampaui batas waktu. Misalkan ada laporan atau temuan di tingkat Panwascam, mereka harus memperhatikan saksi saksi juga barang bukti. Dari situ mereka menyeleksi jenis laporannya seperti apa. Jadi masyarakat tidak membuat laporan yang asal-asalan,” papar Iqbal.

Selain itu, pihak Kepolisian pun ikut memberikan langkah-langkah strategis dalam memproses dugaan pelanggaran tindak pidana pemilu.




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top

Dapatkan info terupdate dari ReviewBekasi.com 

Dengan me- Like Fanpage Facebook

atau follow kami melalui Twitter