Mei 24, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Pembicaraan antara Amerika Serikat dan Tiongkok dimulai dengan peringatan tentang kesalahpahaman dan kesalahan perhitungan

Pembicaraan antara Amerika Serikat dan Tiongkok dimulai dengan peringatan tentang kesalahpahaman dan kesalahan perhitungan

Beijing (AFP) – Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken pada hari Jumat bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping dan para pejabat senior Tiongkok, menekankan pentingnya “manajemen yang bertanggung jawab” atas perbedaan antara Amerika Serikat dan Tiongkok mengingat ketidaksepakatan antara kedua belah pihak. atas sejumlah masalah. Masalah bilateral, regional dan global yang kontroversial.

Pembicaraan antara kedua belah pihak telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir, meskipun perbedaan pendapat semakin meningkat. Blinken mengatakan dia telah menyampaikan kekhawatirannya kepada Xi tentang masalah ini Dukungan Tiongkok untuk Rusia Dan Invasinya ke Ukrainaselain isu-isu lain termasuk Taiwan, Laut Cina Selatan, dan hak asasi manusia Produksi dan ekspor prekursor opioid sintetis.

Blinken memberikan catatan positif mengenai kemajuan yang dicapai baru-baru ini dalam kerja sama bilateral, termasuk komunikasi militer, pemberantasan narkotika, dan kecerdasan buatan, ketika kedua belah pihak sepakat untuk memulai dialog tentang cara mengurangi risiko yang ditimbulkan oleh teknologi yang berkembang pesat.

Dia menambahkan: “Kami berkomitmen untuk menjaga dan memperkuat jalur komunikasi untuk memajukan agenda ini, dan sekali lagi menangani perbedaan-perbedaan kami secara bertanggung jawab untuk menghindari kesalahpahaman, kesalahpahaman atau salah perhitungan.”

Namun dia menekankan, “Bahkan ketika kita berupaya memperdalam kerja sama, ketika kepentingan kita selaras, Amerika Serikat memiliki visi yang sangat jelas mengenai tantangan yang ditimbulkan oleh (Tiongkok) dan tentang persaingan visi kita di masa depan. Amerika akan selalu membela kepentingan inti kita. dan nilai-nilai.”

Khususnya, ia telah menyampaikan kekhawatiran mengenai pasokan bahan-bahan dari Beijing, termasuk peralatan mesin dan mikroelektronik, ke Moskow yang digunakan Presiden Vladimir Putin untuk meningkatkan pertahanan Rusia dan perangnya terhadap Ukraina.

“Rusia akan kesulitan melanjutkan serangannya terhadap Ukraina tanpa dukungan Tiongkok,” kata Blinken kepada wartawan setelah pertemuannya dengan Xi.

Dia menambahkan: “Memberi makan basis industri pertahanan Rusia tidak hanya mengancam keamanan Ukraina, tetapi juga mengancam keamanan Eropa.” Seperti yang telah kami sampaikan kepada Tiongkok selama beberapa waktu, memastikan keamanan trans-Atlantik adalah kepentingan mendasar Amerika Serikat. Dalam diskusi kita hari ini. “Saya sudah menegaskan bahwa jika Tiongkok tidak mengatasi masalah ini, kami akan menyelesaikannya.”

READ  Di dalam misteri kematian jamur yang melanda Australia

Blinken tidak menjelaskan bagaimana Amerika Serikat akan menangani masalah ini jika Tiongkok tidak melakukan hal tersebut, namun Washington menjatuhkan sejumlah besar sanksi terhadap perusahaan-perusahaan Tiongkok karena hubungan mereka dengan negara-negara seperti Rusia, Iran, dan Korea Utara.

Dia mengatakan dia mendesak Tiongkok untuk menggunakan pengaruhnya “untuk menghalangi Iran dan proksinya memperluas jangkauan mereka.” Konflik di Timur Tengah Dan untuk membujuk Korea Utara agar “mengakhiri perilaku berbahayanya dan melakukan dialog.”

Pada hari Jumat, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu memuji kerja sama militer dengan Tiongkok dalam pertemuan dengan timpalannya dari Tiongkok Dong Jun di ibu kota Kazakh, Astana.

Ia menambahkan, “Kerja sama militer Rusia-Tiongkok merupakan elemen penting dalam meningkatkan kemampuan pertahanan dan menjaga stabilitas global dan regional.” “Kami secara teratur melakukan latihan operasional dan tempur gabungan di darat, laut dan udara, dan berhasil melakukan misi pelatihan tempur dengan berbagai tingkat kompleksitas,” kata Shoigu.

Ia mengatakan bahwa kerja sama itu penting karena “titik-titik ketegangan baru muncul dan titik-titik ketegangan lama semakin memburuk.” Hal ini pada dasarnya merupakan akibat dari petualangan geopolitik dan tindakan neo-kolonial Barat yang egois.

Blinken juga berdiskusi dengan Xi mengenai latihan angkatan laut Tiongkok di Laut Cina Selatan yang disengketakan, dan menekankan dukungan “kuat” AS terhadap hal tersebut orang FilipinaSekutu tertuanya ada di Asia.

Xi menekankan bahwa Tiongkok dan Amerika Serikat harus mencari titik temu “daripada terlibat dalam persaingan yang sengit.”

“Tiongkok senang melihat Amerika Serikat yang percaya diri, terbuka, sejahtera, dan sejahtera,” kata pemimpin Tiongkok tersebut. “Kami berharap Amerika Serikat juga dapat memandang perkembangan Tiongkok secara positif.

Sebelumnya, Blinken mengadakan pembicaraan panjang lebar dengan Menteri Luar Negeri China Wang Yi dan Menteri Keamanan Publik Wang Xiaohong.

READ  Lokasi protes tenang di Sri Lanka saat presiden mengundurkan diri

Dia dan Wang menekankan pentingnya melestarikannya Jalur komunikasi terbuka Mereka juga menyatakan penyesalannya atas perpecahan yang terus berlanjut dan semakin mendalam yang mengancam keamanan global. Perpecahan ini menjadi sorotan awal pekan ini ketika Presiden AS Joe Biden menandatangani rancangan undang-undang bantuan luar negeri besar-besaran yang berisi beberapa elemen yang dianggap bermasalah oleh Tiongkok.

“Secara umum, hubungan antara Tiongkok dan Amerika Serikat sudah mulai stabil,” kata Wang kepada Blinken di awal perundingan yang berlangsung selama lima setengah jam tersebut. Namun pada saat yang sama, faktor-faktor negatif dalam hubungan tersebut masih terus meningkat dan terakumulasi, dan hubungan tersebut menghadapi segala macam ketidakseimbangan.”

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bertemu dengan Menteri Keamanan Publik Tiongkok Wang Xiaohong di Diaoyutai Guest House, Jumat, 26 April 2024, di Beijing, Tiongkok. (Foto AP/Mark Schiefelbein, Paul)

Wang juga berbicara, tanpa menjelaskan secara spesifik, tentang keluhan Tiongkok mengenai hal tersebut Kebijakan dan posisi Amerika mengenai Laut Cina SelatanTaiwan, hak asasi manusia dan hak Tiongkok untuk menjalin hubungan dengan negara-negara yang dianggap tepat, dengan mengatakan bahwa “hak pembangunan Tiongkok yang sah telah ditekan secara tidak wajar.”

“Kekhawatiran Tiongkok konsisten,” katanya. “Kami selalu menganjurkan untuk menghormati kepentingan mendasar satu sama lain dan mendesak Amerika Serikat untuk tidak ikut campur dalam urusan dalam negeri Tiongkok, tidak menghalangi pembangunan Tiongkok, dan tidak melanggar garis merah Tiongkok dalam hal kedaulatan, keamanan, dan kepentingan pembangunan Tiongkok.”

Blinken menanggapinya dengan mengatakan bahwa pemerintahan Biden memprioritaskan dialog AS-Tiongkok bahkan pada isu-isu kontroversial. Dia mencatat bahwa beberapa kemajuan telah dicapai dalam satu tahun terakhir namun mencatat bahwa perundingan akan tetap sulit.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, kiri, berbicara dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi, kanan, dalam pertemuan mereka di Diaoyutai Guest House, Jumat, 26 April 2024, di Beijing, Tiongkok.  (Foto AP/Mark Schiefelbein, Paul)

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, kiri, berbicara dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi, kanan, dalam pertemuan mereka di Diaoyutai Guest House, Jumat, 26 April 2024, di Beijing, Tiongkok. (Foto AP/Mark Schiefelbein, Paul)

berkedip Dia tiba di Tiongkok pada hari RabuDia mengunjungi Shanghai tidak lama sebelum Biden menandatangani paket bantuan luar negeri senilai $95 miliar yang mencakup beberapa hal yang mungkin akan membuat marah Beijing, termasuk $8 miliar untuk melawan meningkatnya agresi Tiongkok terhadap Taiwan dan di Laut Cina Selatan. Mereka juga berusaha memaksa perusahaan induk TikTok yang berbasis di Tiongkok untuk menjual platform media sosial tersebut.

READ  Pemblokiran bantuan Israel menciptakan kondisi "mengerikan" di Gaza | Berita perang Israel di Gaza

Tiongkok dan Amerika Serikat merupakan pemain utama di kawasan Indo-Pasifik. Washington menjadi semakin khawatir dengan meningkatnya agresi Beijing dalam beberapa tahun terakhir terhadap Taiwan dan negara-negara tetangganya yang lebih kecil di Asia Tenggara, yang mana Taiwan dan negara-negara tetangganya mempunyai sengketa wilayah dan maritim yang besar di wilayah tersebut. laut Cina Selatan.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, kiri, bertemu dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi di Diaoyutai State Guesthouse, Jumat, 26 April 2024, di Beijing, Tiongkok.  (Foto AP/Mark Schiefelbein, Paul)

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, kiri, bertemu dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi di Diaoyutai State Guesthouse, Jumat, 26 April 2024, di Beijing, Tiongkok. (Foto AP/Mark Schiefelbein, Paul)

Tiongkok keberatan dengan bantuan AS ke Taiwan dan segera mengecam bantuan tersebut sebagai provokasi serius. Dia juga sangat menentang Upaya untuk memaksa penjualan TikTokMeski Blinken mengatakan masalah ini tidak diangkat dalam pembicaraannya pada hari Jumat.

RUU ini juga mengalokasikan $61 miliar bagi Ukraina untuk mempertahankan diri dari invasi Rusia. Kementerian Luar Negeri Tiongkok mengatakan bahwa posisi AS dalam perdagangan pertahanan Tiongkok dengan Rusia adalah munafik jika dilihat bersamaan dengan jumlah bantuan militer yang diberikan Washington kepada Kiev.

Juru bicara kementerian Wang Wenbin mengatakan: “Sangat munafik dan tidak bertanggung jawab bagi pihak AS untuk memperkenalkan rancangan undang-undang bantuan skala besar ke Ukraina sambil membuat tuduhan tidak berdasar terhadap pertukaran ekonomi dan perdagangan normal antara Tiongkok dan Rusia.”

Dia menambahkan: “Menyalahkan Tiongkok tidak akan menyelesaikan masalah, juga tidak akan meringankan situasi negatif pihak-pihak yang terlibat dalam krisis Ukraina.”