Juli 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Awak Shenzhou-18 Tiongkok tiba di Stasiun Luar Angkasa Tiangong

Awak Shenzhou-18 Tiongkok tiba di Stasiun Luar Angkasa Tiangong

HELSINKI – Tiga awak astronot terbaru Tiongkok tiba di Stasiun Luar Angkasa Tiangong pada Kamis setelah diluncurkan dari Pelabuhan Antariksa Jiuquan di Gurun Gobi.

Pesawat luar angkasa Shenzhou-18 menyelesaikan pertemuan dan berlabuh di pelabuhan docking radial di Tiangong pada pukul 15.32 ET (1932 UTC), 25 April, Badan Penerbangan Luar Angkasa Manusia Tiongkok Mengumumkan Tak lama setelah acara.

Para astronot Shenzhou-18 – Komandan Ye Guangfu dan Rookies Li Cong dan Li Guangsu – akan segera disambut di Tiangong oleh kru Shenzhou-17 saat palka terbuka.

Awak terakhir, yang terdiri dari Tang Hongbo, Tang Shengjie, dan Jiang Xinlin, telah mengoperasikan Tiangong sejak akhir Oktober 2023. Ketiganya dijadwalkan kembali ke Bumi pada awal 30 April setelah menyerahkan kendali stasiun kepada astronot Shenzhou-18 yang masuk.

Shenzhou-18 diluncurkan sebelumnya pada hari Kamis. Roket Long March 2F yang ditenagai Shenzhou-18 lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Gurun Gobi pada pukul 08:59 ET (1259 UTC). Pesawat ruang angkasa terpisah dari tingkat atas setelah sekitar 10 menit.

Shenzhou-18 adalah misi berawak ketujuh Tiongkok ke Tiangong dan misi penerbangan luar angkasa berawak ke-13 di negara tersebut secara keseluruhan. Misi Shenzhou-18 akan berlangsung sekitar enam bulan dan akan diisi bahan bakar dengan pasokan oleh pesawat ruang angkasa Tianzhou-8 sekitar bulan Agustus.

Para kru akan melakukan lebih dari 90 percobaan, dua hingga tiga aktivitas ekstravehicular, dan melakukan enam pengiriman kargo keluar melalui ruang kargo stasiun selama misi mereka.

Tiongkok menyetujui rencana stasiun luar angkasanya pada tahun 1992 dan memulai pembangunan stasiun luar angkasa orbit rendah Bumi berbentuk T pada tahun 2021. Komandan Yi adalah salah satu pengunjung pertama stasiun luar angkasa yang sedang dibangun pada misi Shenzhou-13 2021-2022. .

READ  Sejauh mana China - dan akan - membantu Rusia pada saat ekonominya sedang runtuh?

Astronot dan turis internasional mengunjungi Tiangong

Seorang pejabat Badan Penerbangan Luar Angkasa Manusia Tiongkok mengonfirmasi sebelum peluncuran bahwa negara tersebut berharap dapat menampung astronot internasional di Tiangong. Ia juga mempelajari kunjungan wisatawan.

“Kami akan mempercepat studi kelayakan untuk mengundang astronot dan wisatawan internasional ke stasiun luar angkasa,” Lin Shiqiang, wakil direktur Kantor Teknik Luar Angkasa Berawak Tiongkok (CMSEO), mengatakan kepada media pada konferensi pers pra-peluncuran di Jiuquan. 24 April.

Pejabat CMSEO telah membuat pernyataan serupa sebelumnya namun sekali lagi tidak memberikan rincian atau jadwal kegiatan tersebut.

“Dalam waktu dekat, stasiun luar angkasa Tiongkok pasti akan membuka pintu bagi astronot dari latar belakang berbeda,” kata Lin.

Tiongkok sedang bersiap untuk memperluas Tiangong di tahun-tahun mendatang. Langkah pertama adalah mengirimkan modul ekspansi multi-fungsi dengan enam port docking ke lokasi orbit. Perluasan ini dapat membuka peluang lebih besar bagi kunjungan internasional, wisata, dan bisnis tanpa mengganggu operasi inti.

Lin juga menyatakan pada 24 April bahwa pemilihan astronot angkatan keempat negara itu akan segera selesai. Mereka akan berpartisipasi dalam misi luar angkasa dengan astronot aktif. Mereka dapat berpartisipasi dalam misi pendaratan berawak di bulan yang direncanakan Tiongkok, menurut Lin.

Lin memberikan informasi terkini tentang kemajuan rencana bulan yang disebutkan di atas. Tiongkok berencana mengirim astronotnya ke bulan sebelum akhir dekade ini.

“Pengembangan program untuk produk-produk luar angkasa utama, termasuk roket Long March 10, pesawat ruang angkasa awak Mengzhou, pendarat bulan Lanyue, dan pakaian pendarat bulan, telah selesai. Produksi dan pengujian prototipe sedang berjalan dengan baik,” kata Lin.