Membandingkan Kopi ABC Instan White Coffee dengan Luwak White Koffie, Pilih Mana? | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Barang Konsumsi

Membandingkan Kopi ABC Instan White Coffee dengan Luwak White Koffie, Pilih Mana?

foto: reviewbekasi.com

REVIEW, Bekasi –Menjamurnya kedai kopi di Bekasi membuktikan bahwa tren ngopi melanda berbagai lapisan kaum, baik tua atau muda tak hanya laki-laki, tapi juga perempuan.

Namun ngopi di kedai kopi bagi sebagian orang tak bisa dilakukan setiap hari, solusi bagi orang yang suka ngopi tapi tak bisa ke coffee shop adalah kopi kemasan. Memang dari rasa tak bisa dibandingkan dengan biji kopi khas coffee shop. Namun cukup membantu ketika tanggal tua melanda. Tinggal sobek, seduh, praktis. Soal kenikmatan? Nanti dulu.

Meski kopi sobek ini praktis, tapi banyaknya jenis kopi kemasan instan ini bisa menjadi masalah sendiri. Untuk mencobanya satu-satu jelas membutuhkan waktu berhari-hari. Kadang, lidah kurang cocok dengan satu produk kopi kemasan ini.

Nah, untuk memudahkan dalam memilih kopi, REVIEW mengulas dua brand kopi ABC dan Luwak yang tersedia dipasaran dan sangat mudah didapat karena tak hanya dijual market waralaba, tapi juga warung kelontong. Lalu apa perbedaanya?

Kopi ABC instan white coffee diproduksi oleh PT Santos Jaya Abadi yang berlokasi  di Sidoarjo dan mempunyai berat bersih 23 gram dan mengklaim isi lebih banyak, dengan promo  beli 5 gratis 1. Komposisi yang terkandung dalam 1 kemasan Kopi ABC instan White Coffee ini adalah Gula, krimer nabati, kopi instan (7,5%), perisa sintetic kopi, serta coklat bubuk dengan total energi 100 kkal. Produk lain dari PT Santos Jaya Abadi adalah Kapal Api, ABC, dan Exelso.

Sedangkan Luwak White Koffie yang diproduksi oleh PT Javaprima Abadi. Brand kopi ini dikenal sebagai bisnis kopi hasil olahan sistem pencernaan hewan khas, yaitu luwak, dan sudah melebarkan di kancah industri kopi, baik nasional maupun internasional. Terbukti dari tulisan pada kemasan yang sudah tersedia dalam 2 bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Kopi ini juga sudah mendapat 2 penghargaan sebagai Top Brand 2015 untuk kategori White Coffee dan Powder Coffee. Dan membuka kafe kopi luwak di beberapa mall besar di Jakarta, Semarang, Solo dan Surabaya. Untuk komposisi Luwak White Koffie terdapat gula, krimmer, kopi instan 15% dengan berat bersih 20 gram dalam 1 kemasan.

Dari segi rasa dengan penyeduhan dengan tingkat panas air yang sama dan komposisi air yang sama, luwak white coffee memang lebih terasa rasa kopinya dibanding Kopi ABC Instant White Coffee. Karena jelas dari komposisi kopi instant yang terkandung dalam 2 jenis kopi tersebut memiliki perbedaan cukup besar. Perbandingannya 7,5% (Kopi ABC) banding 15% (Luwak White Koffie).

Bagi Anda yang menyukai rasa manis yang lebih dominan, Anda bisa memilih Kopi ABC, namun jika lebih menyukai rasa kopi yang lebih dominan Anda bisa memilih Luwak White Coffee, karena rasa kopi lebih pekat dibanding Kopi ABC Instant White Coffee.

Untuk penyajian terbaik Kopi ABC menyarankan untuk menyeduh kopi kemasan tersebut dengan 150 ml air dengan suhu 80 derajat celcius, sedangkan Luwak White Koffie hanya menuliskan untuk menyeduh kopi dengan suhu air 180 derajat celcius, tanpa berapa banyak air yang harus digunakan untuk mendapatkan kopi yang pas.

Untuk kandungan yang terdapat dalam 1 kemasan Kopi Instant White Coffee juga terdapat kandungan tambahan yaitu perisa sintetik kopi, yaitu zat yang merupakan bahan perasa (bahan kimia) yang rasanya mirip kopi. Dengan adanya bahan perasa tersebut para produsen dapat menghasilkan berbagai rasa tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Dalam beberapa kasus, perasa kimia ini yang menjadi persoalan bagi pecinta kopi.

Sedangkan kandungan lain yakni bubuk coklat yang membuat kopi lebih terasa manis. Sedangkan pada Luwak White Koffie tidak tertulis kandungan tambahan tersebut.

Kedua kopi instant tersebut sudah mengantongi ijin BPOM dan berlabel halal. Soal harga, per pcs di warung Rp1.500. harganya sama. Tapi jika beli di supermarket rata-rata dijual Rp12.500 isi 10 pcs.




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top