Juni 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Zelensky ingin Tiongkok berpartisipasi dalam perundingan perdamaian Ukraina, dengan alasan “pengaruhnya terhadap Rusia.”

Zelensky ingin Tiongkok berpartisipasi dalam perundingan perdamaian Ukraina, dengan alasan “pengaruhnya terhadap Rusia.”

Gambar Romawi Bilipi/AFP/Getty

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berbicara saat wawancara dengan AFP di kantor kepresidenan di Kiev, pada 17 Mei 2024.



CNN

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan dia ingin bekerja sama dengan negara-negara seperti Tiongkok yang memiliki “pengaruh terhadap Rusia” ketika negaranya menghadapi serangan baru terhadap Moskow, dan mendesak Beijing untuk menghadiri pembicaraan damai bulan depan.

Zelensky mengatakan pemimpin Tiongkok Xi Jinping meyakinkannya melalui panggilan telepon bahwa Beijing mendukung integritas wilayah Ukraina – meskipun dia tidak mengatakan kapan pertukaran itu terjadi.

Putin menyampaikan hal tersebut dalam sebuah wawancara dengan Agence France-Presse yang disiarkan pada hari Jumat, tak lama setelah kunjungan dua hari Presiden Rusia Vladimir Putin ke Tiongkok, di mana kedua negara menjanjikan kerja sama strategis yang lebih dalam.

Beijing tidak pernah mengutuk invasi Rusia pada Februari 2022, malah mengklaim netral dalam konflik tersebut dan mengeluarkan 12 poin sikap yang tidak jelas atas keputusannya. Menjelang perundingan perdamaian yang diharapkan di Swiss bulan depan, Xi melakukan hal tersebut Dia menyerukan negosiasi Yang memperhitungkan posisi kedua belah pihak.

Melibatkan pemain global seperti Tiongkok sangatlah penting karena “mereka mempunyai pengaruh terhadap Rusia, dan semakin banyak negara-negara ini berada di pihak kita…semakin Rusia terpaksa bertindak dan bertindak.” [more countries] “Ini harus diperhitungkan,” kata Zelensky.

Mengacu pada jaminan yang diberikan Xi kepadanya melalui telepon tentang integritas teritorial, ia menambahkan: “Mereka mendukung hal itu, tetapi apa yang akan mereka lakukan, kita belum melihatnya.” itu Hanya telepon yang diketahui Percakapan telepon antara Zelensky dan pemimpin Tiongkok itu terjadi pada April tahun lalu.

Zelensky mengatakan dia ingin melihat Tiongkok pada pembicaraan internasional yang dijadwalkan di Swiss bulan depan, yang bertujuan untuk membuka jalan bagi proses perdamaian di Ukraina. Reuters melaporkan pada hari Kamis, mengutip Presiden Swiss Viola Amherd, bahwa pertemuan puncak tersebut telah menarik delegasi dari lebih dari 50 negara sejauh ini.

READ  Protes terhadap proyek KA Alpine berubah menjadi kekerasan - DW - 18/06/2023

Sergey Popilov/Pool/AFP/Getty Images

Presiden Rusia Vladimir Putin dan pemimpin Tiongkok Xi Jinping menghadiri resepsi resmi di depan Aula Besar Rakyat di Lapangan Tiananmen di Beijing pada 16 Mei 2024.

Tiongkok belum berkomitmen untuk menghadiri acara tersebut, meskipun duta besarnya untuk Swiss, Wang Shihting, mengatakan pada bulan Maret bahwa Beijing sedang mempertimbangkan untuk berpartisipasi.

Rusia belum terwakili dalam empat putaran perundingan perdamaian internasional tertutup yang telah berlangsung sejauh ini, dan Rusia tidak akan terwakili dalam putaran ini. Tiongkok menghadiri konferensi yang diselenggarakan oleh Arab Saudi, mitra strategisnya yang semakin dekat.

Selama perjalanan enam hari baru-baru ini ke Eropa, kata Xi Bayar untuk mundur Dia membantah tuduhan bahwa negaranya mendukung perang Rusia di Ukraina, dan mengatakan Tiongkok “menentang hal itu.”[s] Menggunakan krisis Ukraina untuk mengalihkan tanggung jawab atau memfitnah negara ketiga dan memprovokasi Perang Dingin baru.”

Tapi itu benar bergabung Presiden Prancis Emmanuel Macron menyerukan gencatan senjata Olimpiade global yang akan mengakibatkan penghentian pertempuran di semua konflik selama Olimpiade musim panas mendatang di Paris.

Namun, Zelensky menyatakan keraguannya terhadap proposal gencatan senjata tersebut, dengan alasan tidak adanya jaminan yang memadai terhadap kemajuan Rusia.

Zelensky berkata: “Bahkan jika kita membayangkan ada semacam gencatan senjata Olimpiade selama dua minggu dan semua orang bersikap netral, katakan padaku, aku sudah memberi tahu Emmanuel, siapa yang bisa menjamin bahwa Rusia tidak akan memanfaatkan waktu ini untuk mengerahkan pasukannya ke tanah kita. .” Agensi Pers Prancis.

Dia menambahkan: “Ada bahaya bahwa meskipun kita tidak menanggapi mereka dan tidak menghentikan mereka dengan tembakan artileri, bahkan (di daerah) di mana mereka maju, ada bahaya bahwa mereka akan membawa lebih banyak peralatan militer berat ke wilayah kita. .”

READ  EKSKLUSIF - Pernyataan KTT G7 menargetkan 'paksaan ekonomi' China