Maret 5, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Yunani, yang terpukul satu dekade lalu, kini berkembang pesat

Yunani, yang terpukul satu dekade lalu, kini berkembang pesat

Paris Skouros menunjuk ke arah langit di luar kantornya di Athena pada hari kerja baru-baru ini. Dalam enam bulan terakhir, empat gedung bertingkat tinggi bermunculan, dibangun oleh perusahaan konstruksi Yunani dan internasional untuk dijual untuk digunakan sebagai persewaan wisata, investasi real estat asing, dan kantor perusahaan. Lebih jauh lagi, sekelompok bangunan baru tersebar di cakrawala.

Krisis keuangan di Yunani hampir menghancurkan perusahaannya, Scaurus dan putra-putranya, perusahaan lift. Skouros mengatakan langkah-langkah penghematan yang ketat selama bertahun-tahun yang diberlakukan oleh dana talangan internasional sangat menyakitkan, karena pekerjaan konstruksi baru terhenti. Namun kini pemulihan ekonomi sudah dimulai.

“Selama krisis ini, kami hanya ingin bertahan hidup,” kata Skouros, ketika suara palu yang menghantam lembaran logam bergema di seluruh bengkelnya. “Kami kini memperoleh keuntungan, dan bisnis begitu kuat sehingga kami tidak dapat menemukan cukup pekerja untuk memenuhi permintaan.”

Yunani, yang terbebani oleh utang yang tidak dapat dibayar, hampir membuat zona euro bangkrut satu dekade lalu. Saat ini negara ini adalah salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Eropa. Sebagai pengakuan atas transformasi negara tersebut, lembaga pemeringkat kredit meningkatkan penilaian mereka terhadap utang Yunani, sehingga membuka pintu bagi investor asing dalam jumlah besar.

Perekonomian adalah Dua kali lipat rata-rata zona euroPengangguran, meski masih tinggi yaitu 11 persen, merupakan yang terendah dalam lebih dari satu dekade. Wisatawan berbondong-bondong kembali, memicu kegilaan konstruksi dan peluang kerja baru. Perusahaan multinasional, seperti Microsoft dan Pfizer, sedang berinvestasi. Dan bank-bank yang hampir bangkrut pun bangkrut membersihkan Mereka mulai memberikan pinjaman lagi, sehingga memberikan manfaat bagi perekonomian yang lebih luas.

Yunani masih menghadapi risiko. Jumlah utang negara ini telah menyusut, namun menyumbang 166% perekonomian, termasuk yang tertinggi di dunia. Bank-bank di negara tersebut masih menyimpan tumpukan kredit bermasalah yang lebih besar dari rata-rata Eropa. Penderitaan akibat penghematan masih terjadi bagi sebagian orang, diperburuk oleh tingginya inflasi yang dipicu oleh perang Rusia di Ukraina.

Perdana Menteri negara itu, Kyriakos Mitsotakis, seorang politisi konservatif yang ramah bisnis, terpilih kembali pada bulan Juni setelah dianggap mendorong pemulihan dengan memotong pajak dan utang. Pemerintah mengurangi birokrasi bagi perusahaan dan menaikkan upah minimum. Negara ini bahkan membayar kembali dana penyelamatan internasional lebih cepat dari jadwal.

READ  Goldman Sachs menjadi bank besar pertama di Wall Street yang meninggalkan Rusia

Mr Mitsotakis memuji kembalinya Yunani ke rahmat investor. “Saya tidak akan pernah membiarkan kita menghidupkan kembali guncangan kebangkrutan nasional,” katanya sehari setelah kabar terkini.

Yunani menjadi episentrum krisis utang Eropa setelah jatuhnya Wall Street pada tahun 2008. Irlandia, Portugal dan Siprus juga terpaksa menerima dana talangan internasional. Namun Yunani adalah negara yang paling parah, membutuhkan tiga paket dana talangan dari tahun 2010 hingga 2015, dengan jumlah total 320 miliar euro, atau $343 miliar, dengan kondisi penghematan yang sulit. Pendapatan rumah tangga dan dana pensiun menurun. Perekonomian menyusut seperempatnya, dan ratusan ribu bisnis ambruk karena bank-bank tutup. Pada tahun 2013, hampir sepertiga penduduk Yunani menganggur.

“Kami ingin penghematan dilakukan lebih ringan, namun langkah-langkah ini merupakan kontribusi Yunani dalam menyelamatkan diri mereka sendiri,” kata Yannis Stournaras, mantan menteri keuangan, gubernur Bank Sentral Yunani dan anggota Dewan Pemerintahan Bank Sentral Eropa. “Yunani harus mengambil langkah-langkah sulit ini untuk bertahan hidup.”

Yunani berhasil keluar dari kontrol keuangan ketat yang diberlakukan melalui dana talangan pada tahun 2018, dan tindakan pemerintah sejak saat itu telah mendapatkan kepercayaan dari Uni Eropa. Pada tahun 2021, para pembuat kebijakan di Brussel menyetujui tambahan €30 miliar untuk investasi iklim di Yunani, sebagai bagian dari upaya yang lebih luas untuk mendukung perekonomian UE setelah lockdown akibat virus corona.

Bulan ini, dbrs bintang pagi, Sebuah lembaga pemeringkat kredit global yang diakui oleh Bank Sentral Eropa telah menaikkan peringkat utang Yunani ke peringkat investasi, sebuah langkah yang membuka pintu bagi para pensiunan dan investor besar lainnya untuk membeli obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah. Hal ini akan mengurangi biaya pinjaman bagi rumah tangga, perusahaan dan pemerintah setelah Bank Sentral Eropa menaikkan suku bunga untuk melawan inflasi.

Moody’s, salah satu lembaga pemeringkat kredit terbesar, menaikkan peringkat utang Yunani sebesar dua tingkat pada tanggal 15 September, sedikit di bawah peringkat investasi, mengutip sumbernya. ‘Perubahan struktural yang mendalam’ Dalam perekonomian, keuangan dan sistem perbankan negara.

Investor mulai masuk. Microsoft sedang membangun pusat data senilai €1 miliar di timur Athena. Lebih jauh ke utara, Pfizer mendirikan pusat penelitian senilai €650 juta. Perusahaan-perusahaan Amerika, Tiongkok, dan Eropa mempromosikan kesepakatan energi terbarukan. Investasi Cisco, JPMorgan, Meta dan perusahaan multinasional lainnya diperkirakan akan memberikan dampak ekonomi senilai miliaran euro dalam beberapa tahun ke depan.

READ  Standard & Poor's mengatakan penjualan real estat di China menuju penurunan yang lebih buruk daripada tahun 2008

Lebih dari 10 juta wisatawan berbondong-bondong ke Yunani pada musim panas ini meskipun terjadi gelombang kebakaran hutan, sehingga menghasilkan pendapatan yang diperkirakan mencapai lebih dari 21 miliar euro. Konstruksi melonjak di daratan utama dan pulau-pulau populer di Yunani, didorong oleh meningkatnya permintaan akan hotel, persewaan Airbnb, dan program yang memungkinkan orang asing mendapatkan tempat tinggal. Visa Tinggal di negara-negara UE jika mereka telah membeli setidaknya €500.000 real estat di Yunani.

Kegiatan ini telah menghasilkan dukungan bagi perusahaan-perusahaan seperti yang dijalankan oleh Tuan Skouros. Perusahaan yang ia jalankan bersama saudaranya John, didirikan oleh ayah mereka pada tahun 1965. Ketika pesanan berkurang selama krisis ekonomi, mereka berhasil tetap bertahan dengan mempertahankan elevator yang telah mereka pasang di seluruh Athena.

Saat ini, pihaknya mendapat pesanan lift di 10 gedung, setelah tidak ada pesanan sama sekali selama krisis dan penutupan akibat Covid. Dengan harga sekitar €20.000 per lift, perusahaan kembali mendapat untung. Tuan Skouros menaikkan gaji sebesar 10 persen dan mempekerjakan lima karyawan lagi. Dia membutuhkan lebih banyak teknisi, tetapi dalam kondisi perekonomian yang sedang panas, dia tidak dapat lagi menemukan peserta.

Kembalinya saham ini terjadi begitu cepat sehingga Skouros khawatir akan terbentuknya gelembung real estat. Jadi, dia menghindari gedung-gedung tinggi baru yang dia khawatirkan akan runtuh, dan menargetkan bangunan tempat tinggal yang lebih kecil dengan sumber daya keuangan yang baik.

Bagi negara lain, perbaikan ekonomi belum bisa menyembuhkan luka akibat penghematan.

Dimitris Mitrofinakis, 67 tahun, sedang berjuang untuk pulih dari penutupan toko dekorasi rumah yang ia jalankan selama lebih dari 40 tahun, setelah menghabiskan tabungan pribadinya selama krisis untuk mencoba menyelamatkannya. Ketika dia pensiun pada tahun 2015, uang pensiun jangka panjangnya dikurangi menjadi €1.300 per bulan dari €2.400 yang seharusnya dia terima.

READ  Metaverse: Anda tidak bisa berjalan di tanah ini atau membangun rumah, tapi sebidang tanah masih bisa dijual seharga ribuan pound | berita sains dan teknologi

“Penghematan yang diberlakukan di Yunani sangat ketat,” kata Mitrofinakis, yang tinggal di sebuah apartemen sederhana bersama istrinya di lingkungan kelas pekerja, seraya menambahkan bahwa ia hanya mempunyai sedikit uang tersisa pada akhir bulan.

Ia melihat tanda-tanda perekonomian membaik. “Jika Anda melihat-lihat, orang-orang mempunyai lebih banyak pekerjaan dan gaji lebih tinggi,” kata Mitrofinakis. “Tetapi banyak orang lain yang belum pulih,” katanya, seraya menambahkan bahwa banyak tetangganya yang sudah pensiun berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Rola Skouros, seorang manajer hotel di Tripoli, tidak berharap peringkat layak investasi Yunani akan memperbaiki kehidupannya. “Seseorang yang mungkin bekerja di bank atau di pasar saham mungkin akan terkena dampaknya, namun saya tidak,” kata Ms. Skouros, yang tidak memiliki hubungan keluarga dengan Paris Skouros.

Dia mengatakan gajinya selalu berkisar pada upah minimum. Namun dengan merajalelanya inflasi di pompa bensin dan toko kelontong, perbaikan perekonomian “tidak berarti apa-apa jika Anda tidak mampu membeli bahan bakar dan makanan,” kata Ms. Skouros.

Dalam pidatonya baru-baru ini, Mitsotakis mengakui tantangan yang ada dan berjanji untuk menyebarkan manfaat pemulihan secara lebih luas. “Kami tidak bersembunyi di balik peringkat investasi dan berkata: ‘Kami telah mencapai tujuan penting – mari beralih ke autopilot,’” katanya.

Pemerintahannya mengumumkan bahwa mereka bertujuan untuk menaikkan upah minimum bulanan menjadi 950 euro pada akhir periode empat tahun setelah menaikkannya menjadi 780 euro pada bulan April. Gaji sektor publik juga akan naik untuk pertama kalinya sejak dikurangi sebesar 20% selama krisis untuk melunasi utang Yunani.

Bagi Konstantinos Kandirakis, 62 tahun, seorang supervisor di Badan Layanan Digital Yunani, kemajuan yang dicapai sangatlah signifikan. Dia mendapat penghasilan 1.300 euro sebulan setelah 35 tahun bekerja di pemerintahan, dan akan menerima kenaikan bulanan sebesar 100 euro setelah satu dekade mengalami penurunan pendapatan.

“Ini merupakan dorongan psikologis yang besar,” katanya. “Yunani kembali stabil, dan yang membuat saya bahagia adalah segalanya akan lebih baik bagi anak-anak saya.”

Nikki Kitsantonis Dia menyumbangkan laporan dari Athena.