Desember 2, 2022

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Xi Jinping dari China menguliahi Justin Trudeau di G20 tentang dugaan kebocoran

Xi Jinping dari China menguliahi Justin Trudeau di G20 tentang dugaan kebocoran



CNN

Pemimpin China Xi Jinping ditangkap oleh penyiar Kanada dalam momen jujur ​​​​yang langka pada hari Rabu, saat dia difilmkan mencaci rekannya dari Kanada, Perdana Menteri Justin Trudeau, atas apa yang dia sebut diskusi “bocor”.

di sela-sela pameran KTT G20 di IndonesiaXi berbicara kepada Trudeau dalam bahasa Mandarin sambil tersenyum. Namun terjemahan bahasa Inggris dari apa yang dikatakannya kurang bersahabat.

“Semua yang kami diskusikan telah bocor ke surat kabar, dan itu tidak pantas,” kata penerjemah Xi.

Trudeau mengangguk dan Xi berbicara lagi. “Percakapannya tidak seperti itu,” kata penerjemah.

“Jika ada ketulusan di pihak Anda, kami akan melakukan diskusi dengan sikap saling menghormati, jika tidak, akan ada konsekuensi yang tidak terduga,” kata Xi kepada pemimpin Kanada dalam bahasa Mandarin.

Penerjemah Xi mencoba menerjemahkan apa yang dikatakan, hanya untuk mendapatkan “jika ada ketulusan di pihak Anda,” sebelum Trudeau memotongnya.

“Di Kanada kami percaya pada dialog yang bebas, terbuka, dan jujur,” kata Trudeau, seraya menambahkan, “Kami akan terus bekerja sama secara konstruktif, tetapi akan ada hal-hal yang tidak akan kami setujui.”

“Mari kita buat syaratnya dulu,” kata juru bahasa atas nama Xi dalam video tersebut. Kemudian pemimpin China itu menjabat tangan Trudeau dan pergi bersama rombongannya.

Pertukaran itu menawarkan pandangan sekilas tentang bagaimana Xi, yang tampil di depan umum, lakukan Koreografer tinggiBerinteraksi dengan pemimpin lainnya.

Tidak setiap percakapan akan “mudah,” kata Trudeau Rabu, dalam sebuah pernyataan kepada pers setelah pertukaran itu.

“Tetapi sangat penting bagi kami untuk terus membela hal-hal yang penting bagi warga Kanada. Itu adalah sesuatu yang selalu kami lakukan dan akan terus kami lakukan,” kata Trudeau.

Pertukaran pandangan mereka terjadi ketika Xi ingin menegaskan kembali pengaruh global China pada KTT di Bali setelah hampir tiga tahun absen dari panggung dunia.

Hubungan China dengan sekutu AS telah memburuk ke berbagai tingkat dalam beberapa tahun terakhir, karena meningkatnya ketegangan geopolitik, perselisihan perdagangan dan asal mula pandemi Covid-19, serta kemitraan Beijing yang berkembang dengan Moskow – meskipun Perang Rusia di Ukraina.

Xi berusaha memulihkan hubungan di KTT, bertemu dengan Presiden AS Joe Biden pada hari Senin. Dia juga mengadakan pembicaraan resmi dengan para pemimpin Australia, Perancis, Belanda, Afrika Selatan, Spanyol, Senegal, Argentina, Indonesia dan Korea Selatan.

Kanada Tidak ada pertemuan seperti itu yang dikabulkan, dan penghinaan itu mungkin terkait dengan hubungan putus-putus kedua negara sejak CEO Huawei Meng Wanzhou ditangkap di Kanada pada 2018. Dua warga Kanada ditangkap sembilan hari kemudian di China. adalah tiga Dirilis pada tahun 2021.

READ  Berita Perang Ukraina-Rusia: Pembaruan Langsung