Juni 26, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Unity akhirnya menjawab pertanyaan terbesar pengembang tentang model penetapan harga baru

Unity akhirnya menjawab pertanyaan terbesar pengembang tentang model penetapan harga baru

Setelah Unity mengumumkan, mengubah, dan mengumumkan kembali perangkat lunak grafis barunya, komunitas pengembangan video game ingin mengetahui bagaimana dan mengapa peluncuran yang membawa bencana ini terjadi. Sebagai tambahan Pesan itu diposting oleh Presiden Unity Create Mark Whitten pada hari Jumatseperti yang diadakan Obrolan Api Langsung di YouTube Hal ini menjawab beberapa pertanyaan dan kekhawatiran terbesar masyarakat.

Hal pertama yang dilakukan Whitten, baik dalam suratnya maupun selama percakapan, adalah menyampaikan permintaan maaf.

“Saya hanya ingin meminta maaf,” kata Whitten dalam tanya jawabnya dengan Jason Wyman, pembuat konten YouTube yang terkenal dengan tutorial Unity-nya. “Sangat jelas bahwa kami tidak menerima masukan yang cukup sebelum meluncurkan program ini.”

Salah satu pertanyaan pertama dan terpenting yang diajukan juga telah beredar di media sosial sejak Unity pertama kali diumumkan: “Mengapa?” Mengapa menambahkan paket harga Unity yang sudah ada – yang merupakan layanan berbasis langganan berjenjang – sesuatu yang dengan cepat dibenci secara universal dan dengan cepat ditarik kembali?

“Sangat jelas bahwa kami tidak menerima masukan yang cukup sebelum meluncurkan program ini.”

“Hal terpenting yang kami coba lakukan adalah [build] “Tindakan berkelanjutan untuk persatuan,” jawab Whitten. Dia mengatakan biaya runtime dimaksudkan untuk menjadi “pertukaran yang seimbang” antara Unity dan penggunanya yang akan melibatkan semacam “kesuksesan bersama.”

Selain itu, rencana baru ini kini memberikan pilihan kepada pengembang. Mereka dapat membayar biaya berdasarkan “jumlah yang dihitung berdasarkan berapa banyak orang baru yang berinteraksi dengan game Anda setiap bulan” atau membayar persentase tetap sebesar 2,5 persen dari pendapatan kotor, mana saja yang lebih rendah.

(Baik surat maupun T&J tidak membahas secara pasti apa yang dimaksud dengan “jumlah yang dihitung” ini, dan tepi Dia menghubungi unit untuk klarifikasi.)

Jawaban Whitten menyentuh pertanyaan “mengapa” besar lainnya yang diajukan pengembang: Mengapa Unity tidak menawarkan rencana bagi hasil saja?

READ  Gurman: Magic Keyboard yang didesain ulang untuk iPad Pro baru

“Kami mencoba membangun model yang menurut kami adil dan mewakili pertukaran nilai yang baik yang berlaku untuk game setelah mereka mencapai tingkat kesuksesan,” kata Whitten.

Dia menjelaskan bahwa paket “bayar-per-instal” adalah cara Unity mengaitkan nilai perangkat lunak dengan game berperforma tinggi yang menggunakannya, dan dalam banyak kasus, membayar “jumlah yang dihitung” akan lebih baik untuk pengembang dibandingkan Unity yang hanya mengambil potongan 2,5 persen dari atas.

“Kami pikir ini adalah kasus yang sangat masuk akal [the calculated amount is] “Sebenarnya lebih sedikit, dan menurut kami itu hal yang baik,” kata Whitten.

Namun, Whitten mengakui bahwa perusahaan mendapat masukan bahwa penerapan program semacam itu akan menyulitkan pengembang untuk merencanakan anggaran mereka, seperti yang akan terjadi jika game tersebut menjadi sukses. Whitten mengatakan menawarkan program bagi hasil adalah cara untuk memberikan lebih banyak fleksibilitas kepada pengembang, memungkinkan mereka untuk selalu memiliki gambaran tentang apa yang harus mereka bayarkan sekaligus memberi mereka pilihan bagaimana cara membayarnya.

Pada dasarnya, biaya runtime adalah cara Unity mendapatkan pendapatan tambahan dari game berperforma tinggi — semacam model “kami tidak dibayar kecuali Anda melakukannya”. Namun, perusahaan telah memberikan batasan yang sangat luas dalam hal berapa banyak yang harus dihasilkan pengembang sebelum mereka dapat mulai membayar, sementara secara sepihak memutuskan bagaimana membayar pengembang yang terkena dampak.

Rencana baru ini sekaligus mengurangi jumlah pengembang yang dikenakan biaya, sekaligus menawarkan opsi baru mengenai cara pengembang membayar biaya tersebut.

Genshin Impact dibuat menggunakan Unity, dan game tersebut diduga menjadi salah satu target sebenarnya dari rencana harga baru Unity.
Fotografi oleh Amelia Holowaty Kralis/The Verge

Saat ini, satu-satunya game yang terpengaruh oleh rencana ini adalah game yang telah menghasilkan $1 juta atau lebih dan memiliki satu juta atau lebih “interaksi pengguna baru” dalam 12 bulan terakhir.

READ  Magic: The Gathering akan menggantikan draft booster dan berhenti menjualnya pada tahun 2024

Saham disajikan sebagai metrik dalam surat yang ditulis oleh Whitten, tetapi tidak didefinisikan secara jelas. Dalam sesi Tanya Jawab, Whitten menjelaskan lebih detail tentang apa yang dimaksud dengan “sindikasi”, dengan mendefinisikannya sebagai “pengguna sah perangkat lunak Anda pada saluran distribusi tertentu”. Tautan ini juga akan dilaporkan sendiri oleh pengembang.

Dijelaskannya, pengguna yang sah adalah seseorang yang belum membajak atau menukarkan game yang diperoleh melalui saluran distribusi, baik melalui pembelian di toko maupun menggunakannya dari layanan berlangganan. Ia juga mengklarifikasi bahwa pembagian tersebut merupakan penggunaan pertama kali dan oleh karena itu tidak melibatkan seseorang yang mengunduh game yang dibeli sebelumnya ke perangkat baru.

“Tujuan kami sangat sederhana,” kata Whitten. “Dan ini pertama kalinya game Anda menggunakan runtime kami berinteraksi dengan pengguna yang sangat sah di saluran distribusi – gunakan itu sebagai akun.”

Persyaratan Layanan Unity – atau ToS – adalah topik besar lainnya yang mendominasi sesi tanya jawab. Kembali pada tahun 2019, Unity telah membuat halaman GitHub khusus untuk melacak perubahan persyaratan layanannya. Namun, halaman ini diam-diam dihapus pada suatu saat sebelum biaya uptime baru diberlakukan. Para pengembang kecewa dengan hal ini karena mereka melihat Unity telah mundur dari komitmen sebelumnya terhadap transparansi.

Di media sosial, akun resmi Unity menawarkan penjelasan yang menarik, meski sangat tidak memuaskan, tentang alasan perusahaan menghapus halaman ToS GitHub-nya:

“Saya benar-benar kecewa dengan cara penyampaian proses penghapusan persyaratan layanan online.” Modul ini diposting di X (sebelumnya Twitter). “Kami menghapusnya sebelum mengumumkan perubahan harga karena jumlah penayangannya terlalu rendah, bukan karena kami tidak ingin orang melihatnya.”

Saat sesi tanya jawab, Whitten mengaku sebenarnya ia tidak tahu apa-apa tentang halaman GitHub hingga saat ini. Namun, dia bilang begitu Halaman telah dipulihkan Unity juga akan terus memperbarui ketentuan layanannya di situsnya. Selain itu, sebagai bagian dari rencana baru ini, Unity menyatakan bahwa mereka akan sekali lagi memberikan kemampuan bagi pengembang untuk mengunci persyaratan layanan apa pun yang sesuai dengan versi Unity mereka.

READ  Stellar Blade Update 1.003 menambahkan tantangan bos baru, kostum baru, dan banyak lagi

“Orang-orang perlu mengetahui bahwa mereka dapat mengandalkan serangkaian istilah ketika mereka mulai menggunakan versi Unity,” kata Whitten. “Jadi kami akan memastikan hal itu terjadi.”

Ada juga pertanyaan yang menanyakan, jika ada, apa yang dapat mencegah Unity mengubah persyaratan layanannya lagi. Perusahaan belum memperbarui ketentuannya untuk menyertakan kemampuan untuk “mengunci” versi tertentu dari Ketentuan Layanan. Meskipun ini merupakan tambahan yang disambut baik pada pembaruan harga, kenyataannya tidak ada yang dapat menghentikan Unity untuk mengubah ketentuannya lagi.

Pada dasarnya, pengembang hanya yakin bahwa Unity tidak akan melakukannya.

“Saya menulis surat itu dan saya tidak akan meletakkannya [that] “Dalam surat itu, saya tidak berpikir perusahaan akan membela hal itu,” kata Whitten.

Bahkan dengan semua perubahan dan kemunduran ini, akan sulit bagi Unity untuk mendapatkan kembali kepercayaan pengguna, dan hal ini telah terjadi beberapa Laporan Mengatakan sebanyak itu.

“Saya berkomitmen untuk memastikan kami terus bekerja sekeras yang kami bisa untuk mendapatkan kepercayaan Anda,” kata Whitten. Ia juga mengatakan bahwa hal ini hanya dapat dilakukan melalui “perbuatan, bukan kata-kata”.

Unity yang memperkenalkan model pembayaran yang fleksibel, memperbarui persyaratan layanannya, dan menerbitkan ulang halaman GitHub adalah tindakan yang bertujuan memulihkan kepercayaan, jelas Whitten. Namun pada akhirnya, Whitten mengakui, masyarakatlah yang memutuskan apakah langkah-langkah ini sudah cukup.

“Saya tidak dapat memberi tahu Anda bahwa Anda harus memercayai saya,” kata Whitten. “Kamu harus memutuskannya sendiri.”