Februari 28, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Ukraina menangkap seorang pejabat senior Kementerian Pertahanan yang dituduh menggelapkan $40 juta

Ukraina menangkap seorang pejabat senior Kementerian Pertahanan yang dituduh menggelapkan $40 juta

Kostya Librov/Lipkus/Getty Images

Tank T-64 Ukraina dalam misi tempur di wilayah Bakhmut pada 8 Desember.



CNN

Seorang pejabat senior Kementerian Pertahanan Ukraina telah ditahan atas tuduhan dia menggelapkan 1,5 miliar hryvnia Ukraina ($40 juta) terkait dengan kontrak peluru artileri, menurut Dinas Keamanan Ukraina (SBU).

Dinas Keamanan Ukraina mengatakan pejabat tersebut menandatangani perjanjian dengan perusahaan ekspor swasta untuk membeli sejumlah besar peluru artileri pada bulan Desember tahun lalu.

Namun, kontrak pasokan yang lebih menguntungkan kemudian ditandatangani dengan produsen yang sama – sebuah kontrak yang tidak melibatkan perantara. Dinas Keamanan Ukraina mengatakan hal ini secara signifikan mempersingkat waktu pengiriman dan mengurangi biaya produk.

Menurut Dinas Keamanan Ukraina, pejabat pertahanan memperpanjang kontrak awal – yang paling mahal – dan dana sebesar 1,5 miliar hryvnia Ukraina ($40 juta) ditransfer ke rekening perusahaan pialang asing.

Dinas Keamanan Ukraina mengatakan mereka telah menemukan dokumen yang mengkonfirmasi aktivitas ilegal tersebut. Pejabat tersebut terancam hukuman penjara hingga 15 tahun jika terbukti bersalah.

Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan pihaknya mengambil tindakan untuk mencoba mendapatkan kembali uang tersebut.

Menurut kepala Departemen Pers dan Informasi Kementerian Pertahanan Ukraina, Ilarion Pavlyuk, kontrak tersebut adalah kontrak yang pembayarannya dilakukan, tetapi tidak ada yang dikirimkan. Akibatnya, dia mengatakan pengacara sedang menjajaki opsi untuk mengakhiri kontrak dan mendapatkan kembali uang tersebut.

Pada bulan September, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memecat menteri pertahanannya, Oleksiy Reznikov, dengan alasan perlunya “pendekatan baru” di tengah krisis. Sejumlah skandal korupsi Dengan partisipasi Kementerian Pertahanan Ukraina.

Rustam UmarovMantan Wakil Rakyat Ukraina itu ditunjuk sebagai penggantinya.

Bulan berikutnya, CNN melaporkan bahwa Amerika Serikat semakin melakukan tekanan Ukraina Melakukan lebih banyak upaya untuk memberantas korupsi pemerintah. Washington telah mengeluarkan beberapa pemberitahuan kepada Kiev yang mengindikasikan bahwa jenis bantuan ekonomi AS tertentu akan dikaitkan dengan kemajuan yang dicapai Ukraina dalam mereformasi lembaga-lembaganya, kata para pejabat.

READ  Sebuah gudang Rusia di dekat kediaman Putin terbakar

Zelensky berupaya mengatasi kekhawatiran mengenai korupsi ketika ia melakukan perjalanan ke Washington, D.C., dan bertemu dengan senator AS bulan ini. Masalah ini menjadi lebih mendesak setelah Uni Eropa menyetujui hal ini Pembicaraan keanggotaan terbuka Dengan Ukraina.

CNN Natasha Bertrand, Alex MarquardtJosh Bennington, Johnny Hallam Tim Lester berkontribusi dalam pelaporan.