Tri Adhianto Ingatkan Harkitnas Sebagai Pengingat Perjuangan Kemerdekaan | Berita dan Review Bekasi Terkini - reviewbekasi.com
Bekasi 24 Jam

Tri Adhianto Ingatkan Harkitnas Sebagai Pengingat Perjuangan Kemerdekaan

foto: humas pemkot bekasi

REVIEW, Bekasi—Kisah Gajahmada dalam mempersatukan nusantara menjadi tema dalam upacara Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang digelar di Alun-alun Kota Bekasi, Senin (20/5/2019).

Inspektur upacara, Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto saat membacakan amanat  Menkominfo Rudy Antara mengatakan embrio paling kuat bagi janin persatuan Indonesia adalah Sumpah Palapa.

“Kalau ingat tentang sejarah sumpah palapa, dimana yang telah tertulis didalam sejarah Mahapatih Gajah Mada, bahwa dirinya tak akan menghentikan mati raga atau puasanya sebelum persatukan bumi nusantara,” ujar Tri Adhianto saat membacakan amanat Menkominfo Rudy Antara, Senin (20/5/2019).

Wilayah Nusantara yang disatukan oleh Gajah Mada, lanjut Tri Adhianto, telah menjadi acuan bagi perjuangan berat para pahlawan nasional kita untuk mengikat wilayah Indonesia seperti yang secara de jure terwujud dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia saat ini.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-111, kali ini sangat relevan jika dimaknai dengan teks Sumpah Palapa tersebut. Saat ini Indonesia berada dalam situasi pasca-pesta demokrasi yang menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat kita.

Dirinya sangat mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti diniatkan untuk kebaikan bangsa. Oleh sebab itu tak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita.

“Alhamdulillah, sampai sekarang ini tahap-tahap pemilihan presiden dan wakil presiden serta anggota legislatif berlangsung dengan lancar. Kelancaran ini juga berkat pengorbanan banyak saudara-saudara kita yang menjadi anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara, bahkan berupa pengorbanan nyawa,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Tri Adhianto juga berharap masyarakat untuk segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelahan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia. Apalagi peringatan Hari Kebangkitan Nasional kali ini juga dilangsungkan dalam suasana bulan Ramadan.




Klik Untuk Berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita Terpopuler

To Top