Februari 27, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Tiongkok menuduh Inggris mengirimkan mata-mata untuk mengakses rahasia negara Berita mata-mata

Tiongkok menuduh Inggris mengirimkan mata-mata untuk mengakses rahasia negara  Berita mata-mata

Tiongkok, Inggris, dan sekutu Baratnya saling melontarkan kritik keras, saling menuduh melakukan spionase.

Tiongkok mengumumkan bahwa mereka telah mengungkap mata-mata Inggris yang dituduh membocorkan rahasia negara.

Kementerian Keamanan Negara mengatakan pada hari Senin bahwa mereka telah mengetahui bahwa kepala sebuah perusahaan konsultan asing telah menjadi mata-mata untuk badan intelijen Inggris MI6. Ini adalah yang terbaru dari serangkaian tuduhan baru-baru ini antara Beijing dan London.

Agen mata-mata Tiongkok mengumumkan penemuan operasi mata-mata tersebut di akunnya di situs jejaring sosial WeChat. Dilaporkan bahwa MI6 menggunakan orang asing Huang Momo untuk mengumpulkan rahasia dan informasi.

Dia menambahkan bahwa Badan Intelijen Luar Negeri Inggris menjalin “hubungan kerja sama intelijen” dengan Huang, yang mengepalai badan penasihat eksternal, pada tahun 2015.

Menurut pernyataan itu, Huang tidak memiliki kewarganegaraan Tiongkok. Badan Keamanan Negara tidak mengungkapkan kewarganegaraan atau jenis kelamin tersangka.

“Setelah penyelidikan yang cermat, dinas keamanan negara segera menemukan bukti keterlibatan Huang dalam kegiatan spionase dan mengambil tindakan pidana pemaksaan terhadapnya,” kata kementerian tersebut.

Menurut Beijing, MI6 menginstruksikan Huang untuk memasuki Tiongkok pada beberapa kesempatan dan menggunakan identitas publiknya untuk mengumpulkan intelijen terkait Tiongkok untuk spionase Inggris.

Badan intelijen Inggris juga melatih Huang dan memberinya peralatan penghubung intelijen, tambah pernyataan itu.

Huang diduga telah memberikan 17 informasi intelijen, termasuk rahasia negara, kepada MI6 sebelum dia diidentifikasi.

Pernyataan tersebut tidak memberikan rincian mengenai identitas Huang atau majikannya, atau menggambarkan kondisi atau keberadaan mereka saat ini.

mata untuk mata

Tiongkok, Inggris, dan sekutu Baratnya baru-baru ini saling bertukar kecaman karena mereka saling menuduh melakukan spionase.

London mengatakan mata-mata Tiongkok menargetkan para pejabatnya yang menduduki posisi sensitif dalam politik, pertahanan dan bisnis.

READ  Kejutan sanksi: oligarki dan elit Rusia bergegas untuk memindahkan dan menjual aset untuk menghindari sanksi internasional

Seorang peneliti di Parlemen Inggris baru-baru ini menyangkal bahwa dia adalah mata-mata Tiongkok, sebuah tuduhan yang disebut Beijing “sama sekali tidak berdasar” dan “fitnah jahat.”

Tiongkok telah mengumumkan beberapa dugaan kasus spionase lainnya dalam beberapa bulan terakhir.

Warga negara Amerika John Shing Wan Leung (78 tahun) dijatuhi hukuman penjara seumur hidup atas tuduhan spionase pada bulan Mei. Tiongkok juga telah melakukan penggerebekan dan penangkapan terhadap sejumlah perusahaan konsultan, penelitian, dan uji tuntas besar.

Pemerintah Tiongkok juga telah memperingatkan warganya akan bahaya kegiatan spionase, dan mendorong mereka untuk bergabung dalam pekerjaan kontra-spionase.