Februari 28, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Hizbullah mengatakan pemimpinnya terbunuh dalam serangan di Lebanon: perkembangan perang antara Israel dan Hamas

Hizbullah mengatakan pemimpinnya terbunuh dalam serangan di Lebanon: perkembangan perang antara Israel dan Hamas

Hizbullah mengatakan pada hari Senin bahwa salah satu pemimpinnya tewas dalam serangan di Lebanon selatan, meningkatkan kekhawatiran bahwa perang Israel melawan Hamas di Gaza dapat berubah menjadi perang regional yang lebih luas.

Pembunuhan komandan tersebut, yang diidentifikasi oleh Hizbullah sebagai Wissam Hassan al-Tawil, terjadi ketika Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengunjungi pasukan di dekat perbatasan dengan Lebanon dan berjanji bahwa Israel “akan melakukan segala dayanya untuk memulihkan keamanan di utara,” menurut dengan apa yang diberitakan media.Israel. perpustakaan.

Hizbullah, yang berbasis di Lebanon, dan Israel telah saling baku tembak yang intens dan mematikan di seberang perbatasan sejak perang antara Israel dan Hamas dimulai tiga bulan lalu, sehingga memicu peringatan Israel akan terjadinya perang skala penuh. Enam hari yang lalu, serangan udara di Beirut – yang dikaitkan dengan Israel, seperti yang terjadi pada hari Senin – menewaskan seorang pejabat senior Hamas yang bertugas sebagai penghubung dengan Hizbullah dan pelindung bersama kelompok tersebut, Iran.

Menteri Luar Negeri AS, Anthony Blinken, akan mengunjungi para pemimpin di Timur Tengah minggu ini dalam perjalanan yang bertujuan untuk mencegah meluasnya pertempuran di bidang lain.

Seorang pejabat keamanan Lebanon, yang berbicara tanpa menyebut nama karena sensitifnya masalah ini, mengatakan bahwa Tawil adalah seorang komandan unit Radwan Hizbullah, yang menurut Israel bertujuan untuk menyusup ke perbatasan utaranya. Pejabat itu mengatakan Tawil terbunuh dalam serangan Israel di Khirbet Selm, sebuah desa di Lebanon selatan sekitar sembilan mil dari perbatasan Israel.

Tentara Israel tidak mengomentari secara langsung serangan tersebut. Dikatakan dalam sebuah pernyataan bahwa sebuah pesawat tempur Israel melakukan “serangkaian serangan” yang menghantam situs militer Hizbullah, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

READ  G7 membahas langkah-langkah untuk mematahkan embargo Rusia terhadap ekspor gandum Ukraina | st 7

Peran Tawil dalam Hizbullah belum jelas. Namun dalam upaya nyata untuk menunjukkan senioritasnya, Al-Manar, saluran Lebanon yang dimiliki oleh Hizbullah, dan media yang dikendalikan oleh Garda Revolusi Iran, menerbitkan foto dirinya bersama beberapa pejabat senior Hizbullah termasuk pemimpin kelompok tersebut, Hassan Nasrallah, juga. sebagai… Kasus Qassem Soleimani, jenderal Iran yang tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS pada tahun 2020.

Sehari sebelumnya, tentara Israel mengatakan bahwa mereka telah membunuh sedikitnya tujuh anggota Hizbullah dalam serangan yang bertujuan menghancurkan unit Radwan, dan siap menyerang lebih banyak anggota. posisi Hizbullah. Kepala Staf IDF, Letnan Jenderal Herzl Halevy, mengatakan bahwa pasukannya bertekad untuk mempertahankan tekanan terhadap Hizbullah, dan jika upaya ini gagal, Israel siap untuk berperang lagi.

Dia menambahkan: “Kami akan menciptakan kenyataan yang benar-benar berbeda, atau kami akan terlibat dalam perang lain.” Dia berkata pada hari Minggu.

Serangan Hizbullah merusak pangkalan militer Israel pada hari Sabtu, dalam salah satu serangan terbesar kelompok tersebut terhadap Israel selama berbulan-bulan serangan lintas batas berturut-turut. Milisi Lebanon yang kuat telah berjanji untuk mendukung Hamas dan, dalam beberapa hari terakhir, telah meningkatkan serangannya terhadap Israel sebagai tanggapan atas pembunuhan Saleh al-Arouri, seorang pemimpin senior Hamas, di luar Beirut pekan lalu.

Tembakan roket ke pangkalan Unit Kontrol Udara Utara di Gunung Meron, menyebabkan kerusakan parah, menurut laporan di media berita Israel, namun fasilitas tersebut tetap beroperasi “dan telah diperkuat dengan sistem tambahan,” kata Laksamana Hans. Daniel Hagari, kepala juru bicara IDF, mengatakan pada hari Minggu.

Bentrokan tersebut meningkatkan kekhawatiran bahwa perang antara Israel dan Hamas akan berkembang menjadi konflik regional yang lebih luas, dan memaksa puluhan ribu orang di kedua sisi perbatasan Israel-Lebanon untuk mengungsi dari komunitas mereka. Sebagai solidaritas dengan Hamas, milisi Houthi yang didukung Iran di Yaman menyerang kapal-kapal di Laut Merah dan menembakkan rudal ke Israel. Amerika Serikat menyerang sasaran di Irak, sementara Israel diduga melakukan pembunuhan yang ditargetkan di Suriah dan Lebanon.

READ  Biden mengatakan dia sekarang yakin bahwa Putin memutuskan untuk menyerang Ukraina, tetapi membiarkan pintu terbuka untuk diplomasi

Para pemimpin Israel telah berulang kali menyatakan dalam beberapa pekan terakhir bahwa hanya ada dua pilihan untuk memulihkan ketenangan dalam konflik dengan Hizbullah: solusi diplomatik yang akan memindahkan pasukan Radwan menjauh dari perbatasan, di utara Sungai Litani; Atau, jika gagal, serangan militer besar-besaran Israel bertujuan untuk mencapai tujuan yang sama.

Mereka mengatakan ketenangan merupakan prasyarat bagi sekitar 80.000 warga Israel yang dievakuasi dari wilayah tersebut agar dapat kembali ke rumah mereka. Jumlah serupa juga terjadi pada warga Lebanon yang meninggalkan rumah mereka di sisi lain perbatasan.

“Hizbullah menyeret Lebanon ke dalam perang yang tidak perlu,” Elon Levy, juru bicara pemerintah Israel, mengatakan kepada wartawan pada hari Senin.

Dia menambahkan: “Kita sekarang berada di persimpangan jalan.” “Hizbullah akan mundur, seperti yang kami harapkan sebagai bagian dari solusi diplomatik, atau kami akan menolaknya.”

Pemerintahan Biden menyerukan kesepakatan yang akan menghapuskan pasukan Hizbullah dari perbatasan, tetapi hanya mengalami sedikit kemajuan. Meskipun para pejabat Israel mengatakan waktu hampir habis untuk mencapai kesepakatan diplomatik, para analis mengatakan Israel khawatir akan perluasan konflik dengan Hizbullah secara signifikan sementara tentara masih terlibat dalam pertempuran sengit di Gaza.