Februari 28, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

TikTok dan GoTo bekerja sama di Indonesia untuk mengancam raksasa e-commerce Shopee

TikTok dan GoTo bekerja sama di Indonesia untuk mengancam raksasa e-commerce Shopee
  • Pada hari Senin, GoTo dan TikTok mengumumkan “kemitraan strategis yang saling menguntungkan” di Indonesia untuk melayani usaha kecil dan menengah.
  • “Kami merasa kesepakatan itu juga dapat memberikan tekanan yang lebih besar pada Shopee karena mereka juga kesulitan mempertahankan profitabilitas,” kata Cai Wang, kepala analis ekuitas di Morningstar, dalam sebuah catatan pada hari Senin.
  • Saham Sea ditutup 5,33% lebih rendah pada $37,87 pada hari Senin.

Brazil – 23/05/2023: Dalam ilustrasi ini, logo Shopee ditampilkan di layar smartphone. (Ilustrasi foto oleh Rafael Henrique/SOPA Images/LightRocket via Getty Images)

Rafael Henrique | gambar soba | Roket Ringan | Gambar Getty

Shopee, cabang e-commerce dari raksasa Asia Tenggara Sea Limited, mungkin menghadapi “tekanan yang lebih besar” dari kekuatan gabungan Tokopedia dan TikTok milik GoTo di Indonesia, kata para analis.

pada hari Senin, GoTo dan TikTok diumumkan “Kemitraan strategis yang saling menguntungkan” di Indonesia untuk melayani usaha kecil dan menengah yang ada Lebih dari 90% pedagang komersial di negara.

GoTo adalah merger antara raksasa ride-hailing Indonesia, Gojek, dan platform e-commerce Tanah Air, Tokopedia.

“Kami merasa kesepakatan ini juga dapat memberikan tekanan yang lebih besar pada Shopee karena mereka juga kesulitan mempertahankan profitabilitas,” kata Cai Wang, kepala analis ekuitas di Morningstar. Catatan hari Senin.

Saham Sea yang terdaftar di AS ditutup 5,33% lebih rendah pada $37,87 pada hari Senin. Perusahaan diterbitkan Kerugian bersih untuk kuartal ketiga Senilai $143,9 juta, kebalikan dari A Pendapatan bersih: $331 juta Pada kuartal sebelumnya, perusahaan fokus pada pertumbuhan daripada keuntungan untuk mempertahankan pangsa pasarnya.

Sebagai bagian dari kesepakatan yang diumumkan pada hari Senin, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan digabung menjadi entitas Tokopedia yang diperluas, dengan TikTok mengambil saham pengendali sebesar 75,01%. Seiring waktu, TikTok akan menyuntikkan $1,5 miliar ke entitas tersebut.

READ  Mahasiswa NYU ini memiliki tambang mata uang kripto senilai $6 juta. Rahasianya terbongkar.

“Fitur belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia akan dioperasikan dan dikelola oleh entitas yang diperluas,” kata perusahaan tersebut dalam sebuah pernyataan. Pernyataan bersama.

“Saya menduga [the announcement is] “Ini sangat menarik, namun pada saat yang sama, ini adalah masa-masa yang mengkhawatirkan bagi e-commerce atau sektor konsumen teknologi di Asia Tenggara, terutama bagi… Bagi perusahaan lokal yang berbasis di berbagai negara.

“Tokopedia atau GoTo pada dasarnya melepaskan kehadiran langsung e-commerce mereka dan memindahkannya ke TikTok untuk kepemilikan minoritas. Nah, itulah yang tidak disukai pasar,” kata Gary. “Kenyataannya pasar menantikan monetisasi dari GoTo [Tokopedia]”.

Kesepakatan itu terjadi setelah Indonesia melarang e-commerce di platform media sosial pada bulan Oktober untuk melindungi pedagang lokal, sehingga memaksa TikTok untuk menghentikan layanan e-commerce TikTok Shop.

Kesepakatan GoTo-TikTok adalah sebuah “keberhasilan besar”, menurut Jianggan Li dari firma riset teknologi Asia Tenggara, Momentum Works.

“TikTok Store akan mendapatkan kendali operasional penuh, legitimasi pengoperasian e-commerce, dan beberapa sekutu lokal yang berguna,” kata Lee dalam sebuah pernyataan. Analisis pada hari Senin.

Shopee memerlukan strategi yang sangat jelas untuk memenangkan permainan ini, dan ini mungkin bukan kunci untuk menang dalam e-commerce.

Jiangjan Li

Momentumnya berhasil

“Dalam hal produk e-commerce, operasional, dan yang paling penting, Shopee tidak akan mampu mengalahkan TikTok Shop secara langsung. Shopee memerlukan strategi yang sangat jelas untuk memenangkan permainan ini, dan itu mungkin bukan kunci untuk menang dalam e-commerce. perdagangan.”

Indonesia memiliki 125 juta pengguna TikTok, pasar terbesar di Asia Tenggara dan terbesar kedua secara global setelah Amerika Serikat, menurut perusahaan tersebut.

Wang dari Morningstar mencatat bahwa Sea fokus pada pertumbuhan daripada keuntungan di tengah meningkatnya persaingan dari perusahaan seperti TikTok dan Lazada milik Alibaba di Asia Tenggara.

READ  Elon Musk mengancam akan menuntut Microsoft atas data Twitter

“Mengingat e-commerce streaming langsung telah berkembang lebih cepat di platform media sosial seperti Kuaishou dan TikTok dibandingkan platform e-commerce tradisional baru-baru ini, kami percaya bahwa Sea kemungkinan akan menimbulkan peningkatan biaya operasional,” kata Wang, seraya menambahkan bahwa hal ini dapat menyebabkan menjadi Untuk “margin keuntungan laut yang rendah dalam jangka menengah.”

Shopee tidak menanggapi permintaan komentar CNBC.

Saham GoTo yang terdaftar di Jakarta diperdagangkan lebih tinggi lebih dari 3% pada Rp 89 pada Selasa pagi, setelah jatuh sekitar 20% pada hari Senin.

“Penurunan 20% saham GoTo setelah pengumuman tersebut kemungkinan besar mencerminkan sentimen pasar atas kerugian dari penjualan bisnis e-commerce dan kekecewaan karena GoTo tidak lagi menjadi pemegang saham mayoritasnya,” kata Wang.

“Ketika kesepakatan ini terjadi, itu sedikit mengecewakan bagi investor,” kata Gary dari Bernstein. “Jadi saya tidak terlalu terkejut dengan penurunan harga saham yang kita lihat kemarin.”

Morningstar menaikkan target harga di GoTo menjadi Rp78 pada hari Senin, dari target harga sebelumnya Rp63.

“Peningkatan penilaian kami mencerminkan bahwa GoTo tidak lagi mengalami kerugian tunai yang signifikan dari Tokopedia dan kini dapat mencapai profitabilitas pada tahun 2025, mulai tahun 2027 dalam model kami karena kami juga menghilangkan biaya operasional dan perusahaan yang terkait dengan unit e-commerce tersebut. Wang berkata, menambahkan bahwa GoTo akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk mencapai profitabilitas.