Juli 23, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

The Morning Show: Sinyal makro utama dari China dan Jepang

The Morning Show: Sinyal makro utama dari China dan Jepang

15 Mei (Reuters) – Pandangan ke depan di pasar Asia dari Jamie McGeever.

Data ekonomi utama dari China dan Jepang, dan keputusan suku bunga bank sentral dari Filipina dapat menjadi pendorong regional utama untuk pasar Asia minggu ini, karena investor semakin khawatir tentang prospek ekonomi makro di AS dan global.

Ekuitas global berakhir pekan lalu dengan pijakan yang goyah karena kekhawatiran tentang plafon utang AS, kondisi kredit dan efek kumulatif dari kenaikan suku bunga Fed 500 basis poin pada pendapatan AS yang sangat kuat tidak sebanding.

Ini adalah beberapa masalah yang dibahas pada pertemuan tiga hari para pemimpin keuangan G7 yang berakhir pada hari Sabtu.

Indeks Dunia MSCI turun 0,5% – mungkin bukan masalah besar, tetapi penurunan mingguan kedua berturut-turut dan yang tertajam sejak krisis perbankan AS meletus dua bulan lalu.

Namun, saham Asia naik tidak termasuk Jepang, untuk kenaikan mingguan kedua berturut-turut, juga sesuatu yang tidak terlihat sejak awal Maret.

Jika saham teknologi AS terbang – Nasdaq naik untuk minggu ketiga, dan reli Wall Street tahun ini berkat saham yang berpusat pada AI, menurut SocGen – teknologi Asia terjebak dalam pasir apung.

Indeks Teknologi Hang Seng turun minggu lalu untuk minggu keenam berturut-turut, penurunan beruntun terpanjang sejak pertengahan 2015 ketika guncangan pertama pasar saham China dirasakan dan hanya beberapa minggu sebelum Beijing mendevaluasi yuan.

Indikator ekonomi China terbaru mengejutkan. Inflasi dan impor jatuh pada bulan April, menimbulkan keraguan serius pada kekuatan pemulihan ekonomi pasca-lockdown dan meningkatkan ekspektasi pelonggaran kebijakan lebih lanjut.

Data produksi industri, penjualan ritel, dan investasi aset tetap untuk bulan April minggu ini akan melukiskan gambaran yang lebih lengkap. Lebih banyak angka di bawah par kemungkinan akan menambah tekanan jual ke saham China – Shanghai Composite mengalami minggu terburuk sejak Maret, sementara indeks blue-chip turun untuk minggu kelima dan juga mengalami penurunan mingguan terbesar dalam dua bulan.

READ  Halliburton dan Schlumberger mundur dari Rusia di tengah sanksi energi AS

Angka PDB kuartal pertama Jepang akan dirilis pada hari Rabu, dan mungkin yang lebih penting, angka inflasi terbaru akan dirilis pada hari Jumat.

Inflasi inti jauh lebih tinggi daripada yang diinginkan BoJ dan diperkirakan akan meningkat kembali menjadi 3,4% pada bulan April. Meskipun Gubernur Bank Baru Jepang Kazuo Ueda menegaskan dia akan memperlambat pembalikan kebijakan bank yang sangat longgar, beberapa analis memperkirakan BoJ akan melepaskan kontrol kurva imbal hasil musim panas ini.

Investor yang terpapar ke Thailand sedang menunggu untuk melihat bagaimana hasil pemilu dapat menggeser keseimbangan kekuatan Angka PDB kuartal pertama akan dirilis pada hari Senin, hari yang sama bank sentral Filipina diperkirakan akan mempertahankan suku bunga ditahan di 6,25%.

Berikut adalah tiga perkembangan utama yang dapat memberikan lebih banyak arah ke pasar pada hari Senin:

– PDB Thailand (kuartal pertama)

– Inflasi indeks harga produsen India (April)

– Inflasi harga komoditas perusahaan Jepang (April)

Oleh Jamie McGeever; Diedit oleh Lisa Shumaker

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Pendapat yang diungkapkan adalah milik penulis. Mereka tidak mencerminkan pendapat Reuters News, yang terikat oleh prinsip-prinsip kepercayaan integritas, independensi, dan kebebasan dari bias.