Juli 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga pada tahun 2024 setelah mencerna data inflasi baru

The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga pada tahun 2024 setelah mencerna data inflasi baru

Investor sedang mempersiapkan pejabat Federal Reserve sore ini untuk membatalkan perkiraan penurunan suku bunga pada tahun 2024.

Sebelum para pembuat kebijakan mengumumkan perkiraan ini, mereka mendapatkan pembacaan inflasi baru dari Indeks Harga Konsumen (CPI) yang diperkirakan akan terus menunjukkan moderasi di bulan Mei setelah bulan April yang menggembirakan.

Perubahan dari tahun ke tahun pada apa yang disebut CPI “inti” – yang tidak termasuk harga makanan dan energi yang mudah berubah dan tidak dapat dikendalikan oleh The Fed – diperkirakan akan turun 0% menjadi 3,5%, dibandingkan dengan 3,6% pada bulan April. Dan 3,8% di bulan Maret.

Namun, perbaikan ini sepertinya tidak akan mengubah sikap dovish The Fed, yang pada pertemuan kebijakan hari ini diperkirakan akan mempertahankan suku bunga stabil pada level tertinggi dalam 23 tahun.

Mereka akan merilis proyeksi baru mengenai penurunan suku bunga pada tahun 2024 dalam bentuk apa yang disebut “dot chart,” sebuah grafik yang diperbarui setiap triwulan yang menunjukkan ekspektasi setiap pejabat Fed mengenai arah suku bunga dana federal.

Pada bulan Maret, grafik titik menunjukkan konsensus di antara pejabat Fed mengenai tiga pemotongan. Kini perkiraan tersebut dipertanyakan setelah serangkaian pembacaan inflasi yang kaku selama kuartal pertama dan komentar dovish dari pejabat Federal Reserve.

Kebanyakan investor kini memperkirakan hanya satu pemotongan, turun dari enam pemotongan yang mereka perkirakan pada awal tahun.

Pada hari Rabu, pejabat Fed juga akan merilis perkiraan baru mengenai inflasi, perekonomian dan pengangguran.

FILE - Ketua Federal Reserve Jerome Powell berbicara dalam konferensi pers di Federal Reserve Bank di Washington, 1 Mei 2024. Pada hari Rabu, 12 Juni 2024, The Fed akan mengakhiri pertemuan terakhirnya dengan mengeluarkan pernyataan kebijakan, memperbarui kebijakan ekonominya dan perkiraan suku bunga serta mengadakan konferensi pers dengan Powell.  (Foto AP/Susan Walsh, File)

Ketua Federal Reserve Jerome Powell. (Foto AP/Susan Walsh) (Kantor berita)

Ketua Fed Jay Powell menjelaskan bahwa sebelum memangkas suku bunga, The Fed memerlukan lebih dari seperempat data untuk membuat penilaian apakah inflasi terus turun menuju target bank sentral sebesar 2%.

READ  Minyak stabil setelah berayun dengan krisis Ukraina, pembicaraan nuklir Iran membebaninya

Oleh karena itu, banyak pihak memandang pertemuan bulan September ini sebagai sebuah langkah awal yang optimistis. Agar hal tersebut dapat terwujud, laporan inflasi hari ini dan dua bulan mendatang mungkin perlu menunjukkan perbaikan agar bank sentral dapat mengambil tindakan.

Pada hari Selasa, pasar memperkirakan sekitar 48% kemungkinan bahwa Federal Reserve akan mulai memotong suku bunga pada pertemuan bulan September, Menurut data Grup CME.

Banyak pengamat The Fed memandang pertemuan bulan November dan Desember sebagai peluang yang lebih besar untuk melakukan pemotongan suku bunga pertama.

The Fed akan mengumumkan keputusan kebijakannya pada pukul 14.00 ET, diikuti dengan konferensi pers Powell pada pukul 14.30 ET.

Klik di sini untuk analisis mendalam tentang berita dan peristiwa pasar saham terkini yang menggerakkan harga saham.

Baca berita keuangan dan bisnis terkini dari Yahoo Finance