Juni 13, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Sumber tersebut mengatakan bahwa para ilmuwan Amerika mencapai terobosan yang telah lama ditunggu-tunggu dalam fusi nuklir

Sumber tersebut mengatakan bahwa para ilmuwan Amerika mencapai terobosan yang telah lama ditunggu-tunggu dalam fusi nuklir



CNN

Untuk pertama kalinya, para ilmuwan AS di National Ignition Facility di Lawrence Livermore National Laboratory di California telah berhasil menghasilkan reaksi fusi nuklir yang menghasilkan peningkatan energi bersih – sumber yang mengetahui proyek tersebut dikonfirmasi kepada CNN.

Departemen Energi AS diperkirakan akan secara resmi mengumumkan peretasan tersebut pada hari Selasa.

Hasil percobaan tersebut merupakan langkah besar dalam pencarian selama puluhan tahun untuk membuka sumber energi bersih tanpa akhir yang dapat membantu mengakhiri ketergantungan pada bahan bakar fosil. Para peneliti telah mencoba selama beberapa dekade untuk menciptakan kembali fusi nuklir – iterasi fusi yang menggerakkan matahari.

Departemen Energi AS Jennifer Granholm pada hari Selasa mengumumkan “terobosan ilmiah besar,” Departemen Energi mengumumkan hari Minggu. Peretasan pertama kali dilaporkan oleh Waktu keuangan.

Fusi nuklir Itu terjadi ketika dua atau lebih atom melebur menjadi atom yang lebih besar, sebuah proses yang menghasilkan energi dalam jumlah besar dalam bentuk panas.

Ilmuwan di seluruh dunia perlahan-lahan membuat kemajuan menuju terobosan ini. di bulan Februari, Ilmuwan Inggris mengumumkan Mereka menggandakan rekor sebelumnya untuk menghasilkan dan mempertahankan fusi nuklir.

Dalam mesin berbentuk donat raksasa yang disebut tokamak yang dilengkapi dengan magnet raksasa, para ilmuwan yang bekerja di dekat Oxford berhasil menghasilkan rekor energi berkelanjutan. Namun, itu hanya berlangsung 5 detik.

Panas yang dihasilkan oleh proses peleburan atom menjadi kunci untuk membantu menghasilkan energi.

Seperti CNN Saya melaporkan awal tahun iniproses fusi menghasilkan helium dan neutron – yang massanya lebih ringan daripada bagian asalnya.

Massa yang hilang kemudian diubah menjadi sejumlah besar energi. Neutron yang dapat keluar dari plasma kemudian menyerang “selimut” yang melapisi dinding tokamak, mentransfer energi kinetiknya sebagai panas. Panas ini kemudian dapat digunakan untuk memanaskan air, menghasilkan uap, dan menggerakkan turbin untuk menghasilkan tenaga.

READ  New York Commercial Bank melaporkan kerugian tambahan sebesar $2,4 miliar dengan pengunduran diri CEO-nya

Mesin yang menghasilkan reaksi harus mengalami panas yang hebat. Suhu plasma harus mencapai setidaknya 150 juta derajat Celcius, 10 kali lebih panas dari inti matahari.

Tantangan besar dalam memanfaatkan energi fusi adalah mempertahankannya cukup lama agar dapat memberi daya pada jaringan listrik dan sistem pemanas di seluruh dunia.

Hasil terobosan AS menjanjikan, seorang ilmuwan fusi Inggris mengatakan kepada CNN, tetapi itu juga menunjukkan lebih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk membuat fusi mampu menghasilkan listrik dalam skala komersial.

“Mereka bekerja merancang dan menyesuaikan target dan bentuk pulsa energi untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih baik,” Tony Rolston, dari Departemen Teknik Universitas Cambridge, mengatakan kepada CNN.

“Argumen lawannya adalah bahwa hasil ini sangat jauh dari perolehan energi aktual yang dibutuhkan untuk menghasilkan listrik. Oleh karena itu, kita dapat mengatakan (ini) sukses untuk sains tetapi jauh dari penghematan energi yang berguna.”