Februari 26, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Stellantis memperbarui upayanya ke Tiongkok dengan kepemilikan saham di Leapmotor senilai $1,6 miliar

Stellantis memperbarui upayanya ke Tiongkok dengan kepemilikan saham di Leapmotor senilai $1,6 miliar
  • Stellantis mengakuisisi 21% saham pembuat mobil listrik Leapmotor
  • Usaha patungan untuk membangun dan menjual produk Leapmotor di luar China
  • Kesepakatan ini memberi Stellantis pijakan penting di Tiongkok
  • Saham Leapmotor turun 11%, membalikkan lonjakan awal 11%.

HANGZHOU, Tiongkok (Reuters) – Stellantis mengatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya membeli 21% saham pembuat mobil listrik Leapmotor dalam kesepakatan senilai $1,6 miliar yang akan memberinya peluang baru di Tiongkok dan pijakan produsen mobil Tiongkok yang lebih kecil di Eropa.

Produsen mobil global berupaya mengejar ketertinggalan mereka dalam peralihan ke kendaraan listrik, dan kesepakatan tersebut memberi Stellantis (STLAM.MI) akses ke teknologi Leapmotor yang canggih.

Sementara itu, semakin banyak pembuat mobil listrik Tiongkok yang meluncurkan model berbiaya rendah di seluruh Eropa.

“Serangan Tiongkok terlihat jelas di mana-mana,” kata CEO Stellantis Carlos Tavares kepada wartawan. “Dengan perjanjian ini, kita bisa mendapatkan keuntungan daripada menjadi korbannya.”

Stellantis, yang dibentuk pada awal tahun 2021 melalui penggabungan PSA Prancis dengan Fiat Chrysler (FCA), telah kesulitan menjual mobil di Tiongkok dan sedang mencari perubahan di negara tersebut, di mana mereka memiliki usaha patungan dengan Dongfeng Motor Group ( 0489.Hongkong).

Grup tersebut, yang mereknya meliputi Fiat dan Peugeot, mengatakan setahun lalu bahwa mereka akan menutup usaha patungan dengan Guangzhou Automotive Group (601238.SS), yang membuat kendaraan Jeep di Tiongkok.

Kesepakatan baru ini menyusul kemitraan antara Volkswagen (VOWG_p.DE) dan Xpeng (9868.HK) yang diumumkan pada bulan Juli yang menandai era baru aliansi otomotif di Tiongkok dan mencerminkan bagaimana negara tersebut telah muncul sebagai pusat global untuk teknologi kendaraan listrik.

READ  Daly dari The Fed mengatakan suku bunga AS cenderung lebih tinggi untuk waktu yang lebih lama

Sebagai bagian dari usaha patungan di mana Stellantis akan memegang 51% saham, perusahaan induk Chrysler akan memiliki hak eksklusif untuk mengekspor, menjual, dan memproduksi produk Zhejiang Leapmotor Technology (9863.HK) di luar Tiongkok Raya.

Beberapa analis merasa skeptis bahwa kemitraan saham minoritas seperti itu akan membantu merek mobil asing menghidupkan kembali kekayaan mereka yang lesu di Tiongkok.

“Investasi kecil yang memberi mereka akses terhadap teknologi baru yang tidak dapat mereka kembangkan secara internal sepertinya bukan solusi terbaik yang mereka harapkan,” kata Tu Li, pendiri perusahaan konsultan yang berbasis di Beijing. Perusahaan Wawasan Otomotif Sino.

Bill Russo, CEO konsultan Automobility yang berbasis di Shanghai, setuju: “Kemitraan otomotif yang sukses hanya sedikit jumlahnya dan sering kali berakhir ketika kepentingan berbeda.”

Stellantis prihatin dengan meningkatnya persaingan dengan mobil listrik murah Tiongkok di Eropa, kekhawatiran yang juga dirasakan oleh Komisi Eropa yang telah meluncurkan penyelidikan anti-subsidi mengenai apakah akan mengenakan tarif untuk melindungi produsen Eropa dari impor Tiongkok.

Tavares di masa lalu merupakan seorang kritikus yang vokal terhadap impor Tiongkok yang berbiaya rendah ke Eropa, namun dia mengatakan kepada wartawan bahwa kesepakatan Leapmotor tidak menjadikan Stellantis sebagai “kuda Troya” dan mengkritik penyelidikan Uni Eropa.

“Kami suka bersaing,” katanya, “Dan memulai penyelidikan bukanlah cara terbaik untuk mengatasi masalah ini.”

Saham Leapmotor turun 11% pada hari Kamis di tengah kekhawatiran persaingan dan dilusi pemegang saham yang ada, sementara saham Stellantis turun 1,3% di awal perdagangan.

Lebih dari 40 merek kendaraan listrik terjebak dalam perang harga di Tiongkok, yang dipicu oleh Tesla awal tahun ini. Meskipun terdapat penurunan harga yang tajam, penjualan melambat karena lemahnya permintaan konsumen, sehingga memberikan tekanan pada margin keuntungan pada produsen mobil dan pemasoknya.

READ  Hub Amazon menyediakan pengiriman bahan makanan gratis untuk pesanan Prime tertentu

Lebih banyak kemitraan

Perusahaan patungan yang didirikan di Belanda ini diharapkan memulai bisnis ekspornya pada paruh kedua tahun 2024, sementara Stellantis akan memiliki dua kursi di dewan direksi perusahaan Tiongkok tersebut.

Kemitraan ini akan membantu Stellantis memperluas jajaran kendaraan listriknya dan mencapai tujuan pada tahun 2030 yaitu menjadikan kendaraan listrik mencakup seluruh penjualannya di Eropa dan setengahnya di Amerika Serikat.

Leapmotor, yang menempati peringkat kesembilan dalam hal penjualan NEV di Tiongkok, sedang berupaya melisensikan platform EV dan aset EV lainnya kepada produsen mobil asing yang sudah mapan guna menghasilkan uang. Perusahaan mengatakan bulan lalu bahwa mereka perlu meningkatkan penjualannya setidaknya lima kali lipat agar dapat bertahan dalam industri kendaraan listrik hasil merger.

“Kami pasti akan melihat lebih banyak lagi kemitraan ini, karena startup EV Tiongkok memiliki kebutuhan mendesak untuk bertahan hidup dan terbuka untuk mengakuisisi pemegang saham asing,” kata Yale Zhang, direktur pelaksana konsultan Automotive Foresight yang berbasis di Shanghai.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, yang masih menunggu persetujuan regulator, Leapmotor akan menerbitkan 194,3 juta saham kepada Stellantis dengan harga HK$43,8 per saham, 19% premi dari penutupan terakhirnya, sehingga menjadikan Stellantis memiliki sekitar 21,07% dari total saham yang tercatat di Hong Kong.

Pemegang Saham Dahua (002236.SZ) mengatakan akan menjual 90 juta sahamnya di Leapmotor kepada Stellantis sebagai bagian dari kesepakatan tersebut.

($1 = 0,9466 euro)

(Laporan oleh Zhang Yan dan Brenda Goh – Persiapan oleh Mohammed untuk Buletin Bahasa Arab) (Laporan tambahan oleh Samir Manekar dan Kanjik Ghosh di Bengaluru, Giulio Piovaccari di Milan dan Nick Carey di London – Persiapan oleh Mohammed untuk Buletin Bahasa Arab) Penyuntingan oleh Myung Kim, Stephen Coates dan Alexander Smith

READ  Disney bersiap untuk memulai PHK bersama dengan pembekuan perekrutan yang ditargetkan dan batas perjalanan

Standar kami: Prinsip Kepercayaan Thomson Reuters.

Memperoleh hak lisensimembuka tab baru