Juni 21, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

SpaceX meluncurkan roket Falcon 9 dalam misi Starlink dari Kennedy Space Center – Spaceflight Now

SpaceX meluncurkan roket Falcon 9 dalam misi Starlink dari Kennedy Space Center – Spaceflight Now
Roket SpaceX Falcon 9 lepas landas dari landasan di Launch Complex 39A seperti yang ditangkap dalam bidikan selang waktu ini pada 17 April 2024. Foto: Adam Bernstein/Spaceflight Now

SpaceX menyelesaikan peluncuran terakhir Falcon 9 dari Pad 39A di Kennedy Space Center NASA pada Rabu dini hari. Misi Starlink 6-51 terjadi sekitar satu setengah minggu setelah misi berbagi perjalanan Bandwagon-1 pertama diluncurkan dari landasan peluncuran yang sama.

Peluncuran roket Falcon 9 terjadi pada pukul 17:26 EDT (2126 UTC), menandai dimulainya jendela peluncuran sekitar empat jam.

Dengan peluncuran ini, SpaceX kini tinggal satu penerbangan lagi untuk menyamai jumlah total misi Pesawat Ulang-alik dari landasan peluncuran bersejarah ini. Ini adalah penerbangan roket Falcon yang ke-81, dibandingkan dengan total 82 penerbangan ulang-alik.

Ada total 174 penerbangan orbit LC-39A. Sembilan di antaranya adalah roket Falcon Heavy, dan 72 sisanya adalah roket Falcon 9. Ada juga 11 peluncuran Saturn 5 dari platform ini.

Booster tahap pertama Falcon 9 yang mendukung misi ini, armada SpaceX bernomor B1077, diluncurkan untuk ke-12 kalinya. Sebelumnya telah mendukung misi seperti penerbangan Crew-5 untuk Program Kru Komersial NASA, satelit geostasioner GPS 3 Space Vehicle 06, dan pesawat ruang angkasa Northrop Grumman Cygnus pada misi NG-20 ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Sekitar 8,5 menit setelah lepas landas, B1077 mendarat di drone SpaceX. “Baca saja instruksinya.” Ini merupakan pendaratan booster ke-78 bagi JRTI dan pendaratan ke-298 bagi SpaceX hingga saat ini. Ini terjadi hanya beberapa hari setelah B1062 mencapai status pemimpin penerbangan dengan total 20 peluncuran.

23 satelit Starlink yang ada di dalamnya ditambahkan ke 5,809 satelit yang saat ini mengorbit, menurut astronom dan pakar pelacakan orbit Jonathan McDowell. SpaceX telah meluncurkan 564 satelit Starlink sejauh ini pada tahun 2024 dan ini akan menjadi penerbangan ke-26 tahun ini dan menambah lebih banyak lagi.

READ  Cincin Saturnus mencuri perhatian dalam gambar baru dari Teleskop Webb - Ars Technica
Roket Falcon 9 yang mendukung misi Starlink 6-51 terbang ke langit Florida saat pesawat Tui Airways terbang dari jarak yang aman. Gambar: Michael Caine/Penerbangan Luar Angkasa Sekarang