Maret 5, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Serangan udara di Yaman: Serangan rudal Houthi baru-baru ini menunjukkan terbatasnya cakupan serangan yang dipimpin AS

Serangan udara di Yaman: Serangan rudal Houthi baru-baru ini menunjukkan terbatasnya cakupan serangan yang dipimpin AS



CNN

minggu-minggu terakhir Serangan udara yang dipimpin AS Serangan udara terhadap sasaran pemberontak Houthi di Yaman telah menghancurkan kurang dari sepertiga kemampuan ofensif kelompok proksi Iran secara keseluruhan, dan kelompok tersebut mempertahankan sebagian besar kemampuannya untuk menyerang kapal-kapal di Laut Merah, kata seorang pejabat AS kepada CNN.

Meskipun terjadi rentetan serangan minggu lalu, termasuk 150 amunisi berpemandu presisi yang ditembakkan di hampir 30 lokasi, Houthi masih memiliki sekitar tiga perempat kemampuan mereka untuk menargetkan kapal komersial di jalur pelayaran internasional di Laut Merah bagian selatan dan Teluk Aden. Pejabat itu menambahkan.

Hal ini terlihat jelas pada hari Senin, ketika A Sebuah rudal Houthi menghantam kapal kargo milik AS Di Laut Merah, ini merupakan pertama kalinya militan berhasil menyerang kapal yang dimiliki atau dioperasikan oleh Amerika Serikat.

Serangan udara minggu lalu berhasil sesuai rencana – Amerika Serikat menghancurkan atau merusak 93% target yang dipilihnya – namun beberapa pejabat Amerika secara pribadi mengakui bahwa serangan tersebut tidak banyak menghambat kemampuan Houthi untuk terus menyerang pelayaran internasional.

Seorang pejabat senior AS mengatakan mengenai serangan tersebut: “Kami telah menerima pesan dan beberapa kemunduran namun kami mengharapkan tanggapan dan tidak yakin kami telah secara signifikan menghambat upaya militer mereka.”

Terbatasnya ruang lingkup operasi minggu lalu menggambarkan ketegangan yang dihadapi pemerintahan Biden di Timur Tengah, di mana kekerasan saling balas antara kelompok yang didukung oleh Iran, Amerika Serikat, dan Israel meningkat di bawah ambang perang langsung.

Washington dengan hati-hati berusaha menghindari situasi di mana serangan oleh Houthi dan kelompok lain yang didukung Iran meningkat menjadi perang kedua antara kedua negara. Israel dan gerakan teroris Hamas.

READ  Rebound saham memudar, dolar naik karena kekhawatiran pertumbuhan kembali

Sejak November, militan Houthi, yang menerima banyak senjata dan dukungan lainnya dari Iran, telah melakukan puluhan serangan terhadap kapal internasional yang menurut kelompok tersebut sebagai pembalasan terhadap Iran. perang Israel di Gaza. Serangan-serangan ini mengganggu perdagangan global, memaksa beberapa perusahaan pelayaran terbesar di dunia untuk menghindari jalur perairan dan malah menambah ribuan mil (dan berpotensi jutaan dolar) pada rute pelayaran internasional dengan berlayar mengelilingi benua Afrika daripada melalui Terusan Suez. . .

Pejabat senior pemerintahan Biden bersikeras bahwa operasi hari Jumat melawan Houthi berhasil mencapai tujuannya: melemahkan kemampuan militer kelompok tersebut.

“Ini bukanlah sebuah latihan pemberian isyarat,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby dalam konferensi pers pada hari Jumat. “Ini dirancang untuk mengganggu dan melemahkan kemampuan militer Houthi,” tambahnya.

Lusinan target yang diserang Amerika Serikat pada hari Jumat – termasuk pusat komando dan kendali, amunisi, sistem peluncuran, fasilitas produksi, dan sistem radar pertahanan udara – dipilih secara khusus untuk mencoba mempersulit Houthi untuk menyerang kapal-kapal di wilayah Merah. Laut. kata pejabat Pentagon. Secara desain, hanya ada sedikit korban jiwa di pihak Houthi.

“Ini bukan tentang jatuhnya korban, melainkan tentang penurunan kemampuan,” kata Letjen Douglas Sims II, direktur operasi Kepala Staf Gabungan, dalam konferensi pers pekan lalu. “Ini dirancang semata-mata untuk menghambat… kebebasan navigasi di perairan internasional, dan kami sangat yakin bahwa kami telah melakukan pekerjaan dengan baik dalam hal ini,” tambahnya.

Inggris, yang mengambil bagian dalam serangan pada hari Jumat, bersikeras bahwa serangan tersebut adalah tindakan “pertahanan diri” yang bertujuan untuk “meredakan ketegangan dan memulihkan stabilitas di kawasan”.

Waktu New York Dilaporkan untuk pertama kalinya Menilai kerusakan yang disebabkan oleh serangan udara.

READ  AS memperpanjang status imigran yang dilindungi hingga pertengahan 2024 untuk enam negara

Intelijen AS yang tidak diklasifikasikan menunjukkan bahwa Iran sangat terlibat dalam mengoordinasikan serangan Houthi terhadap kapal komersial dan komersial, termasuk dengan memberikan informasi tentang kapal kargo yang melewati jalur air tersebut.

AP

Pejuang dan anggota suku Houthi berbaris melawan serangan AS dan Inggris di situs militer yang dikelola Houthi dekat Sanaa, Yaman, pada Minggu, 14 Januari 2024.

Para pejabat intelijen AS percaya bahwa Iran dengan hati-hati mengkalibrasi tanggapannya terhadap perang Israel di Gaza, mengizinkan dan bahkan mendorong kelompok-kelompok proksinya untuk memberikan dampak besar terhadap kepentingan Israel dan AS di wilayah tersebut – sambil menahan diri dari kegiatan yang akan memicu konfrontasi langsung. diri.

Para pejabat Amerika khawatir bahwa salah satu pihak akan salah perhitungan, bahkan jika tidak ada pihak utama – Iran, Israel dan Amerika Serikat – yang menginginkan perang yang lebih luas. Kekhawatiran ini terutama terlihat ketika menyangkut kelompok Houthi, yang sangat ideologis dalam kebencian mereka terhadap Israel dan merupakan salah satu kelompok yang secara operasional paling independen dari kelompok proksi Iran.

Analis percaya A Penutupan jangka panjang Jalur air yang menghubungkan Terusan Suez dapat mengganggu rantai pasokan global dan menyebabkan kenaikan harga barang-barang manufaktur pada saat-saat penting di dunia. Pertempuran untuk mengalahkan inflasi. Terusan Suez mewakili 10% hingga 15% perdagangan globalYang mencakup ekspor minyak, dan 30% volume pengiriman peti kemas global.

“Amerika Serikat harus berusaha menghilangkan sebanyak mungkin target yang dapat diidentifikasi di pantai Laut Aden Yaman, seperti yang terjadi di pantai Laut Merah,” kata Mick Mulroy, mantan wakil asisten menteri pertahanan untuk Timur Tengah. urusan. di pemerintahan Trump dan sekarang menjadi analis untuk ABC News. “Seharusnya tidak ada radar, lokasi peluncuran atau penyimpanan yang tersisa.”

READ  Pembaruan langsung: Ukraina menolak Belarus sebagai lokasi untuk pembicaraan

Presiden Joe Biden mengatakan pada hari Jumat bahwa dia “tidak akan ragu untuk mengarahkan tindakan lebih lanjut untuk melindungi rakyat kita dan arus bebas perdagangan internasional jika diperlukan.”