Februari 28, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Sebuah pesawat dengan 6 orang di dalamnya jatuh di lepas pantai selatan Jepang

Sebuah pesawat dengan 6 orang di dalamnya jatuh di lepas pantai selatan Jepang

Ia memainkan

TOKYO (AP) — Seorang awak kapal yang ditarik dari laut setelah pesawat militer AS Osprey yang membawa enam orang jatuh pada Rabu di lepas pantai Jepang selatan, tewas, kata pejabat Penjaga Pantai.

Juru bicara Penjaga Pantai Kazuo Ogawa mengatakan penyebab kecelakaan dan kondisi lima penumpang lainnya belum diketahui. Dia menambahkan, laporan awal menunjukkan bahwa pesawat itu membawa delapan orang, namun militer AS kemudian merevisi jumlahnya menjadi enam.

Dia menambahkan bahwa Penjaga Pantai menerima panggilan darurat dari sebuah kapal nelayan di dekat lokasi jatuhnya pesawat di lepas pantai Yakushima, sebuah pulau di selatan Kagoshima di pulau utama selatan Kyushu.

Pesawat Penjaga Pantai dan kapal patroli menemukan seseorang yang kemudian dinyatakan meninggal di rumah sakit terdekat, serta puing-puing berwarna abu-abu yang diyakini berasal dari pesawat, kata Ogawa. Mereka ditemukan sekitar 1 km (0,6 mil) di lepas pantai timur Yakushima. Sebuah rakit penyelamat tiup yang kosong juga ditemukan di daerah tersebut.

“Pemerintah akan mengonfirmasi informasi mengenai kerusakan tersebut dan akan memberikan prioritas tertinggi untuk menyelamatkan nyawa,” kata Kepala Sekretaris Kabinet Hirokazu Matsuno kepada wartawan.

Osprey merupakan pesawat hybrid yang lepas landas dan mendarat seperti helikopter, namun dalam penerbangannya dapat memutar baling-balingnya ke depan dan terbang lebih cepat seperti pesawat terbang. Versi pesawat dioperasikan oleh Korps Marinir AS, Angkatan Laut dan Angkatan Udara.

Ogawa mengatakan pesawat tersebut lepas landas dari Pangkalan Udara Korps Marinir AS Iwakuni di Prefektur Yamaguchi dan jatuh dalam perjalanan ke Pangkalan Udara Kadena di Okinawa.

READ  Tiga orang tewas dalam kebakaran hutan di Yunani saat petugas pemadam kebakaran berjuang memadamkan api

Wakil Menteri Pertahanan Jepang Hiroyuki Miyazawa mengatakan kapal Osprey berusaha melakukan pendaratan darurat di laut.

Kantor Berita Kyodo, mengutip pejabat di Prefektur Kagoshima, mengatakan bahwa para saksi melaporkan melihat api muncul dari mesin kiri Osprey.

Dia mengatakan bahwa pangkalan militer Jepang di Saga di Jepang selatan memutuskan untuk menunda latihan penerbangan Osprey yang dijadwalkan pada hari Kamis.

Pejabat Amerika dan Jepang mengatakan pesawat itu milik Pangkalan Udara Yokota, sebelah barat Tokyo. Pejabat Angkatan Udara AS di Yokota mengatakan mereka masih mengkonfirmasi informasi tersebut dan belum memberikan komentar.

Osprey telah terlibat dalam sejumlah kecelakaan di masa lalu, termasuk di Jepang, di mana mereka ditempatkan di pangkalan militer AS dan Jepang. Di Okinawa, di mana sekitar setengah dari 50.000 tentara AS ditempatkan di Jepang, Gubernur Denny Tamaki mengatakan kepada wartawan pada hari Rabu bahwa ia akan meminta militer AS untuk menangguhkan semua penerbangan Osprey ke Jepang.

Pada bulan Desember 2016, Osprey Korps Marinir AS jatuh di lepas pantai Okinawa, melukai dua dari lima awaknya dan memicu keluhan di kalangan penduduk setempat tentang pangkalan AS dan catatan keamanan Osprey.

Osprey Korps Marinir AS dengan 23 Marinir di dalamnya jatuh di sebuah pulau di Australia utara pada bulan Agustus, menewaskan sedikitnya tiga orang dan melukai sedikitnya lima lainnya selama latihan multinasional.

Ini merupakan kecelakaan fatal kelima yang melibatkan pesawat Marine Osprey sejak 2012, sehingga korban tewas saat itu sedikitnya 19 orang.