Juni 14, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Saham HPE mencapai keuntungan terbesar sejak tahun 2016 dalam penjualan server kecerdasan buatan

Saham HPE mencapai keuntungan terbesar sejak tahun 2016 dalam penjualan server kecerdasan buatan

(Bloomberg) — Saham Hewlett Packard Enterprise Co. naik sebanyak 16% dalam perdagangan pra-pasar setelah perusahaan tersebut melaporkan pendapatan yang mengalahkan perkiraan analis karena lonjakan besar dalam penjualan server yang dirancang untuk menangani pekerjaan kecerdasan buatan.

Kebanyakan membaca dari Bloomberg

Pada hari Selasa, perusahaan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pendapatan fiskal kuartal kedua meningkat 3,3% menjadi $7,2 miliar. Wall Street memperkirakan penurunan sebesar 2% dari tahun ke tahun menjadi $6,82 miliar, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Pendapatan, tidak termasuk item tertentu, adalah 42 sen per saham pada periode yang berakhir 30 April. Analis rata-rata memperkirakan 39 sen.

Kinerja kuat ini berkat bisnis server perusahaan yang meraih pendapatan sebesar $3,87 miliar. Analis rata-rata memperkirakan $3,45 miliar. Perusahaan mengatakan penjualan sistem berorientasi AI meningkat dua kali lipat dari kuartal pertama menjadi lebih dari $900 juta. Meningkatnya permintaan dan ketersediaan yang lebih baik untuk semikonduktor berdaya tinggi Nvidia Corp., kata CEO Antonio Neri dalam sebuah wawancara. Hal ini menyebabkan peningkatan penjualan sistem kecerdasan buatan.

Saham naik ke level tertinggi $20,44 dalam perdagangan pra-pasar pada hari Rabu setelah ditutup pada $17,60 di New York. Jika kenaikan ini terus berlanjut saat pasar dibuka, hal ini akan menjadi kenaikan intraday terbesar sejak Maret 2016. Sementara rekan server Dell Technologies Inc. dan Super Micro Computer Inc. Stok melonjak tahun ini masing-masing sebesar 77% dan 171%, karena Di bidang server kecerdasan buatan, stok HPE hanya naik 3.7%.

“Saya pikir pasar akan mulai menyadari hal ini,” kata Neri tentang bisnis server AI HPE. “Saya pikir setelah pengumuman hari ini, mereka akan lebih memahaminya.”

READ  CP Railways Kanada menutup rel, pekerja mogok

Dana simpanan HPE untuk sistem AI saat ini mencapai $3,1 miliar, kata Chief Financial Officer Mary Myers dalam konferensi telepon setelah hasilnya dirilis. Dell mengatakan pekan lalu bahwa simpanan server AI-nya mencapai $3,8 miliar.

Perusahaan mengatakan penjualan akan berkisar antara $7,4 miliar dan $7,8 miliar pada periode yang berakhir pada bulan Juli. Analis rata-rata memperkirakan $7,45 miliar. Penghasilan, tidak termasuk item tertentu, akan berkisar antara 43 sen hingga 48 sen per saham, dibandingkan dengan perkiraan sebesar 46 sen.

Untuk tahun fiskal ini, HPE menaikkan perkiraan pendapatannya menjadi 1% hingga 3%, dari perkiraan sebelumnya yang memperkirakan pertumbuhan datar menjadi 2%. Perusahaan mengatakan labanya akan mencapai sekitar $1,90 per saham pada titik tengah kisarannya, dibandingkan dengan perkiraan bulan Februari sebesar $1,87 per saham.

“Peningkatan server AI akhirnya mulai terwujud,” tulis Wu Jin-ho, analis di Bloomberg Intelligence. Namun, prospek setahun penuh mengecewakan mengingat meningkatnya bisnis AI, yang menunjukkan bahwa lini bisnis lain, seperti jaringan, menurunkan hasil.

HPE Intelligent Edge, yang mencakup bisnis jaringan, melaporkan pendapatan sebesar $1,09 miliar pada kuartal kedua, dibandingkan dengan perkiraan rata-rata sebesar $1,25 miliar. Pada bulan Januari, HPE setuju untuk mengakuisisi Juniper Networks Inc. Sebesar $14 miliar sebagai langkah yang akan meningkatkan penawaran jaringannya. Neri memperkirakan permintaan pelanggan akan meningkat seiring berjalannya tahun.

Paling banyak dibaca dari Bloomberg Businessweek

©2024 Bloomberg L.P