April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Rusia dan Ukraina menukar ratusan tawanan perang

Rusia dan Ukraina menukar ratusan tawanan perang

Rusia dan Ukraina pada hari Rabu menukarkan ratusan tawanan perang dalam pembebasan tahanan terbesar sejak saat itu Invasi besar-besaran Rusia pada Februari 2022.

Pihak berwenang Ukraina mengatakan 230 tawanan perang Ukraina kembali ke tanah air mereka dalam pertukaran pertama dalam hampir lima bulan. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa 248 tentara Rusia dibebaskan berdasarkan perjanjian yang disponsori oleh Uni Emirat Arab.

Kementerian Luar Negeri UEA mengaitkan keberhasilan pertukaran ini dengan “hubungan persahabatan yang kuat antara UEA dan Federasi Rusia serta Republik Ukraina, yang didukung oleh seruan terus-menerus di tingkat tertinggi.”

UEA telah mempertahankan hubungan ekonomi yang erat dengan Moskow meskipun ada sanksi dan tekanan Barat terhadap Rusia setelah negara itu melancarkan invasi pada tahun 2022.

Dmytro Lobinets, penyelidik hak asasi manusia di Ukraina, mengatakan ini adalah pertukaran tahanan ke-49 selama perang.

Beberapa warga Ukraina telah ditahan sejak tahun 2022. Di antara mereka ada beberapa orang yang bertempur dalam pertempuran bersejarah untuk Ukraina. Pulau Ular Dan kota Ukraina Mariupol.

Pejabat Rusia tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai pertukaran tersebut.

Juga pada hari Rabu, Rusia mengatakan pihaknya menembak jatuh 12 rudal yang ditembakkan ke salah satu wilayah selatan yang berbatasan dengan Ukraina, ketika pasukan Kiev berusaha mempermalukan Kremlin dan membantah argumen Presiden Vladimir Putin bahwa kehidupan berjalan normal meskipun terjadi pertempuran.

Situasi di kota perbatasan Belgorod, yang mengalami dua kali pengeboman pada Rabu pagi, “masih tegang,” kata gubernur wilayah tersebut Vyacheslav Gladkov, melalui Telegram.

“Sistem pertahanan udara berfungsi,” tambahnya, menjanjikan rincian lebih lanjut tentang kemungkinan kerusakan setelah memeriksa daerah tersebut pada hari itu juga, sebagai bagian dari liburan Tahun Baru di Rusia.

READ  Menteri Pertahanan AS Austin mengunjungi Kiev di tengah pertanyaan tentang bantuan ke Ukraina

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan Ukraina menembakkan dua rudal Tochka-U dan tujuh rudal ke wilayah tersebut pada Selasa malam, diikuti oleh enam rudal Tochka-U dan enam rudal Failka pada Rabu.

Sistem rudal Tochka-U buatan Soviet memiliki jangkauan 120 kilometer (75 mil) dan hulu ledak yang dapat membawa munisi tandan. Ukraina punya Ia menerima beberapa munisi tandan dari Amerika Serikat Namun Tochka-U dan Vilkha dapat menggunakan munisi tandan mereka sendiri.

Sisi perbatasan Rusia semakin sering menjadi sasaran serangan dalam beberapa hari terakhir. Sepanjang perang, desa-desa perbatasan Dia menjadi sasaran secara sporadis Dengan tembakan artileri Ukraina, roket, mortir, dan drone Ukraina diluncurkan dari hutan lebat sehingga sulit dideteksi.

Baru-baru ini, ketika Rusia meluncurkan rudal dan drone ke kota-kota Ukraina, pasukan Kiev menargetkan ibu kota regional Belgorod, sekitar 100 kilometer (60 mil) utara Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina.

Belgorod, dengan populasi sekitar 340.000 orang, adalah kota terbesar di Rusia yang dekat perbatasan. Itu dapat diakses dengan senjata yang relatif sederhana dan portabel seperti beberapa peluncur roket.

Sabtu ini, Pengeboman Belgorod Pasukan Rusia menewaskan 25 orang, termasuk lima anak-anak, dalam salah satu serangan paling berdarah di tanah Rusia sejak invasi besar-besaran ke Moskow. Warga sipil lainnya tewas pada hari Selasa dalam pemboman baru.

Menyerang Belgorod dan mengganggu kehidupan di kota tersebut adalah cara yang menarik bagi Ukraina untuk menunjukkan kemampuannya merespons Rusia, yang pasukannya kalah jumlah dan lebih unggul dari pasukan Kiev.

Taktik ini tampaknya cukup berhasil, dengan tanda-tanda bahwa serangan tersebut mengkhawatirkan masyarakat, pemimpin politik, dan pengamat militer.

Pada hari Senin, Putin mengkritik serangan Belgorod yang dilancarkan oleh Ukraina. Dia menambahkan: “Mereka ingin mengintimidasi kami dan menciptakan ketidakpastian di negara kami,” dan berjanji untuk mengintensifkan operasi pembalasan.

READ  Jalur pendakian paling berbahaya di dunia

Menanggapi pertanyaan dari seorang tentara yang bertanya kepadanya tentang korban sipil di Belgorod, Putin berkata: “Saya juga merasa sangat marah.”

Banyak blogger militer Rusia yang menyesalkan penarikan Moskow dari wilayah perbatasan pada September 2022 di tengah serangan balasan cepat yang dilakukan Kiev, dan berpendapat bahwa lebih banyak wilayah harus direbut untuk mengamankan Belgorod dan wilayah perbatasan lainnya.

Rusia menggambarkan warga Ukraina sebagai “teroris” yang tanpa pandang bulu menargetkan wilayah pemukiman dan bersikeras bahwa Moskow hanya menargetkan gudang, pabrik senjata, dan fasilitas militer lainnya – meskipun ada kehadiran pasukan Ukraina. Bukti yang cukup Rusia menyerang sasaran sipil Ukraina.

Pejabat Ukraina jarang mengakui tanggung jawab atas serangan di wilayah Rusia.

Di wilayah perbatasan Rusia lainnya, pejabat setempat mengatakan bahwa kota Zeleznogorsk sempat terputus dari jaringan listrik setelah pemboman Ukraina.

Gubernur Kursk Roman Starovoit mengatakan melalui aplikasi Telegram bahwa pihak berwenang harus menutup sementara gardu listrik di kota berpenduduk 100.000 orang di wilayah Kursk untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh serangan udara.

Dia menambahkan bahwa warga terputus dari aliran listrik atau pemanas, meskipun listrik kembali pulih di sebagian besar wilayah kota setelah sekitar dua jam.

Rusia baru-baru ini mengintensifkan operasinya jangka panjang Serangan ke kota-kota Ukraina, termasuk penggunaan rudal Kinzhal yang mampu terbang dengan kecepatan 10 kali kecepatan suara. Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan pada hari Rabu bahwa pasukan Kremlin tampaknya menargetkan industri pertahanan Ukraina.

Serangan itu mendorong para pejabat di Kiev untuk meminta sekutu Barat mereka memberikan lebih banyak dukungan pertahanan udara.

NATO mengumumkan pada hari Rabu Perjanjian ini akan membantu negara-negara anggota membeli hingga 1.000 rudal permukaan-ke-udara Patriot yang dipandu dalam kesepakatan yang dapat menelan biaya sekitar $5,5 miliar. Hal ini memungkinkan anggota koalisi mengirim lebih banyak sistem pertahanan mereka ke Ukraina.

READ  Perjuangan keluarga Ukraina untuk keselamatan berakhir dengan kematian

___

Ikuti liputan AP tentang perang di Ukraina https://apnews.com/hub/russia-ukraine