April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Rumah Hilang, Warisan Hilang, Habitat Hilang: Harga Kota Baru Indonesia | Perkembangan global

Rumah Hilang, Warisan Hilang, Habitat Hilang: Harga Kota Baru Indonesia |  Perkembangan global

Sayan Kalimantan Timur, di balik hutan lebat, sebuah proyek pembangunan besar sedang berlangsung. Truk raksasa, mesin pengaduk semen, dan ekskavator menebang pohon di jalan yang rusak. Menara derek di atas kepala. Debu kuning menyelimuti udara, menyerap segala sesuatu yang ada dalam jangkauannya: dedaunan pohon eucalyptus, sisi-sisi kendaraan yang lewat, dan rumah-rumah warga sekitar.

Situs tersebut – yang mencakup kawasan industri, pertambangan, komunitas suku, dan lahan pertanian seluas 2.560 km persegi – akan membentuk ibu kota administratif baru Indonesia, Nusantara.

Ketika Jakarta tenggelam dengan cepat, diambil keputusan untuk memindahkan ibu kota negara ke lokasi baru. Dalam satu tahun, beberapa bagian ibu kota Mengurangi menjadi 11cm, masalah yang disebabkan oleh pengambilan air tanah yang berlebihan dan pembangunan perkotaan yang pesat. Selain itu, perubahan iklim membuat gelombang badai dan cuaca ekstrem semakin sering terjadi, serta naiknya permukaan air laut. Pada tahun 2050, Sekitar 25% Menurut studi yang dilakukan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional, modal akan tenggelam jika tidak ada tindakan yang efektif.

Lokasi Nusantara di provinsi Kalimantan Timur berarti ibu kota baru ini akan berada di jantung kepulauan Indonesia yang memiliki 17.000 pulau, membantu menyebarkan kekuasaan dan kekayaan secara lebih merata di seluruh negeri.

Perkembangan ini disambut baik oleh banyak orang di provinsi lain yang berharap hal ini akan menghasilkan investasi dan infrastruktur yang lebih baik. Para pejabat berjanji ibu kota ini akan menjadi kota hutan modern dan lestari yang terhubung dengan alam dan netral karbon pada tahun 2045.

Citra satelit tahun 2022 dari kawasan yang akan dibangun Nusantara dan ibu kota baru pemerintahan Indonesia.
Citra satelit tahun 2022 wilayah yang akan dibangun Nusantara dan ibu kota baru pemerintahan Indonesia

Ada pula yang kurang yakin bahwa ibu kota baru adalah solusi yang lebih baik terhadap kemunduran Jakarta atau cara yang lebih baik untuk mendiversifikasi kekayaan – dan dipandang oleh banyak orang sebagai upaya untuk menciptakan warisan yang lebih besar. Gedung Presiden – yang akan meniru model burung ikonik dan mistis negara ini, garuda – dijadwalkan dibuka pada bulan Agustus.

READ  Kamera jejak menangkap makhluk yang sangat langka beserta anaknya di Indonesia. Lihat mereka

Namun para kritikus mengatakan pembangunan tersebut terlalu ambisius dan terburu-buru. Bukan hanya negara – yang mereka peringatkan akan memerlukan biaya tinggi – yang akan mendanainya 20% dari $32 miliar Bill – tetapi juga untuk lingkungan sekitar dan komunitas suku setempat.

Peta yang menunjukkan perluasan wilayah kota baru

Konstruksi dimulai pada Juli 2022, dan kawasan tersebut diperkirakan akan dihuni pada tahun 2045. 1,9 juta orang – dua kali lipat jumlah penduduk kota Balikpapan saat ini.

“Nushandara mengubah segalanya,” kata Pandi, yang berasal dari komunitas suku Balik.Sebuah keluarga yang bergantung pada alam di wilayah tersebut selama tujuh generasi, dia telah melihat kerusakan yang disebabkan oleh industrialisasi selama beberapa dekade seiring dengan pembukaan lahan. hutan untuk dijadikan perkebunan.

“Anda bisa lihat bagaimana perusahaan perkebunan kini mengubah bentuk bukit di atas kami – mereka menggenangi kawasan ini saat musim hujan,” kata Pandi sambil duduk di ruang depan rumahnya. Infiltrasi air. Pengaruh Nusantara bisa sangat tinggi dan bisa juga buruk, katanya.

Pemandangan udara pembangunan gedung bertingkat di Nusantara, ibu kota baru Indonesia. Foto: Anatolu/Getty Images

Pembangunan telah mempengaruhi lingkungan lokal dan tradisi Bali. Sebuah bendungan telah dibangun di dekatnya, yang menurut Pandi telah mengalihkan aliran air dari sungai terdekat, yang digunakan masyarakat setempat untuk transportasi, memancing, dan memetik daun nipah. Sebuah batu suci dipindahkan saat komunitasnya meninggalkan persembahan. kuburan Di beberapa daerah, masyarakat suku telah mengungsi.

Kebanyakan masyarakat di komunitas Pandi tidak memiliki dokumen untuk membuktikan kepemilikan tanah mereka atau sumber daya untuk melakukan gugatan hukum di pengadilan.


SayaPada bulan November tahun lalu, Yati Dalia, 33 tahun, kembali ke rumah dan menemukan sebuah pemberitahuan terpampang di dinding. Memerintahkan untuk mengosongkan rumah dalam waktu dua minggu. Dia telah kehilangan rumahnya dan toko kecil yang dia kelola. Saudara-saudaranya kehilangan lahan pertanian mereka. “Hal ini membuat kami merasa jauh dari wilayah dan keluarga kami,” kata Yadi tentang warga masyarakat suku Balik yang terusir.

Dia telah dijanjikan kompensasi sebesar 150 juta rupee (£7.500), namun hal ini belum terwujud dan kemungkinan besar tidak dapat menutupi biaya pembangunan rumah lain di dekatnya, katanya; Harga tanah telah meningkat sejak pembangunan dimulai.

READ  Panchasila, Indonesia dan LGBT dalam hidup kita - pendidikan
Yeti Dalia, warga suku Balik, disuruh mengosongkan rumahnya. Dia menjanjikan ganti rugi yang belum dibayarkan. Foto: Fuad Muhammad/Pengamat

Mirna Asnawati Safitri, Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otoritas Nusantara, mengatakan peraturan tersebut sedang diselesaikan untuk mengakui kawasan yang memiliki sejarah penting bagi masyarakat lokal. Permasalahan seperti sengketa tanah sudah berlangsung lama dan kompleks, dan hingga saat ini merupakan tanggung jawab pemerintah provinsi Kalimantan Timur, yang merupakan sebuah entitas terpisah.

Luasnya wilayah nusantara – dan kebutuhannya yang sangat besar terhadap air, energi, dan infrastruktur – akan berdampak jauh melampaui pusat kota, dimana gedung-gedung dan kantor-kantor pemerintah pada akhirnya akan berdiri, lingkaran luar pembangunan, dan seterusnya. “Di sebuah pulau bernamaParu-paru dunia”, yang merupakan rumah bagi beberapa spesies yang paling terancam punah, membuat keputusan perencanaan menjadi sangat sensitif.


LAmale telah memulihkan pohon bakau yang melapisi perairan tenang dekat rumahnya di Mentavir selama lebih dari dua dekade. Pohon-pohon dihancurkan sebelum tambak udang dan ikan serta pelabuhan dibangun.

Hutan bakau di desa Mendaveer. Foto: Fuad Muhammad/Pengamat

Kawasannya telah ditetapkan sebagai destinasi ekowisata di lingkar luar ibu kota, sehingga tidak ada risiko pembongkaran. Namun sebagian hutan bakau – sekitar 15 km hingga 2 km – telah menjadi korban pembangunan jaringan listrik, kata Lamale, dan kini ada rencana untuk membangun jalan tol melalui bagian tersebut.

Belum jelas berapa banyak yang akan dihapus. “Kita bisa membayangkan dampaknya terhadap hutan bakau,” kata Lamale. “Saya berharap pertumbuhannya serendah mungkin.”

Sejauh ini, total 1.700 hektar (42.000 hektar) hutan bakau telah ditebang, kata Mapasele, direktur kelompok lingkungan hidup setempat Bokja Besizir. Ia khawatir seluruh hamparan hutan bakau seluas 12.000 hektare yang melapisi Teluk Balikpapan terancam terancam.

“Semakin banyak hutan bakau yang ditebang, semakin besar pula bencana yang terjadi,” kata Mapasel. Perusakan hutan bakau dapat meningkatkan sedimentasi di teluk, yang dapat menempel pada insang beberapa spesies ikan, membuat telurnya mati lemas, dan merusak terumbu karang. Hal ini membuat air menjadi keruh, sehingga lamun tidak dapat berfotosintesis. Kalau lamun mati, tidak ada apa-apanya Dugong – mamalia laut, kadang disebut sapi laut – untuk dimakan.

READ  Trimega Bangun Persada berencana memperluas pengolahan nikel setelah IPO

Perubahan seperti ini membuat komunitas nelayan lokal tidak mempunyai pilihan selain meninggalkan wilayah tersebut. “Cara termudah untuk mengusir nelayan dari wilayah tersebut adalah dengan menghancurkan tiga bagian utama lautan: hutan bakau, lamun, dan karang. Tidak akan ada lagi ikan yang dapat ditangkap oleh para nelayan,” kata Mapaselle.

Mapaselle: 'Semakin banyak hutan bakau yang ditebang, semakin besar pula bencana yang terjadi.' Foto: Fuad Muhammad/Pengamat

Pejabat di Nusantara mengatakan hutan bakau di dalam batas kota dilindungi. Namun, tidak ada wilayah terpencil, namun penegakan hukum masih menjadi tantangan.

Juga masih belum jelas bagaimana proyek ini, yang meningkatkan jumlah pelayaran, akan berdampak pada populasi lokal lumba-lumba Irrawaddy yang terancam punah dalam jangka panjang.


SSaya khawatir standar lingkungan hidup akan melemah dalam upaya menarik investasi swasta – yang menyumbang 80% pertumbuhan. Kelompok lingkungan hidup telah lama memperingatkan perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah tersebut.

Zulfiqar Ameer, seorang profesor di Universitas Teknologi Nanyang di Singapura, adalah juru bicara calon presiden dari oposisi Anis Baswedan pada pemilu bulan lalu. Hal ini sepertinya bukan tawaran yang menarik bagi investor, katanya, seraya menambahkan bahwa proyek serupa, Forest City di Jahor, Malaysia, didukung oleh pendanaan Tiongkok. “Ini menjadi kota hantu, hanya 20 menit dari Singapura,” katanya.

Kawasan Lamale di lingkar luar ibu kota telah ditetapkan sebagai destinasi ekowisata, sehingga tidak ada risiko pembongkaran. Foto: Fuad Muhammad/Pengamat

Investasi asing untuk pembangunan telah tertunda. Presiden Joko Widodo, atau lebih dikenal dengan Jokowi, mengatakan pada November tahun lalu bahwa proyek tersebut telah menerima banyak minat dari calon investor tetapi belum menerima pendanaan asing.

Di rumah panggung Pandi, ia mengungkapkan ketakutannya jika desanya dibongkar untuk dijadikan lahan pengelolaan air. Tidak dapat memahami dia pergi. “Makam orang tua saya ada di sebelah rumah ini,” katanya. “Jika saya harus pergi, saya harus menyerahkan warisan saya, warisan nenek moyang saya – dan semua kenangan di sini.”