April 25, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

3 Catatan Perjalanan 'Strategis' Presiden terpilih Indonesia Prabowo ke Beijing – Postingan Pertama

3 Catatan Perjalanan 'Strategis' Presiden terpilih Indonesia Prabowo ke Beijing – Postingan Pertama

Presiden terpilih Indonesia Prabowo bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di Beijing. berkas Reuters

Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto bertemu dengan Perdana Menteri Tiongkok Xi Jinping di Beijing selama kunjungan tiga hari ke Tiongkok, perjalanan pertamanya sejak terpilih sebagai presiden bulan lalu. Pemimpin Tiongkok itu mengatakan dia siap untuk menjalankan “perlombaan estafet bersejarah” dengan negara kepulauan itu untuk membangun komunitas yang memiliki “pengaruh regional dan global”.

Di tengah sengketa klaim teritorial Tiongkok di Laut Cina Selatan yang disengketakan dan melemahnya hubungan regional, Beijing tetap menjadi salah satu mitra dagang utama Indonesia dan sumber investasi asing langsung (FDI) bernilai miliaran dolar.

“Di bawah pengawasan ketat para pemimpin kedua negara, kapal persahabatan Tiongkok-Indonesia selalu bergerak maju melawan arus,” kata Presiden Xi dalam pembicaraan tersebut.

Xi menambahkan bahwa Tiongkok memandang hubungannya dengan Indonesia dari “perspektif strategis dan jangka panjang.”

Kedua pemimpin tersebut bertemu beberapa hari setelah seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Tiongkok menggambarkan kunjungan Prabowo ke Tiongkok sebagai tanda hubungan yang “kuat”, dan kedua negara berbagi “persahabatan tradisional yang mendalam serta kerja sama yang erat dan kuat”.

Berikut adalah 3 poin penting dari pertemuan 'strategis' Xi-Prabowo

'Tiongkok adalah pemain kunci dalam stabilitas regional'

Prabowo, yang kini menjabat Menteri Pertahanan, mengatakan ia memandang Tiongkok sebagai mitra penting dalam “menjamin perdamaian dan stabilitas regional” dan menegaskan rencana mereka untuk memperdalam kerja sama maritim.

“Saya berjanji untuk memenuhi kebutuhan perangkat keras militer Indonesia, meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan, dan menjalin dialog yang produktif,” tambahnya.

Tiongkok bersedia “memperdalam semua jenis kerja sama strategis dengan Indonesia dan membangun komunitas Tiongkok-Indonesia… pengaruh regional dan global, membawa manfaat lebih besar bagi kedua bangsa, dan memberikan kontribusi positif bagi perdamaian dan pembangunan regional dan dunia,” kata Xi. .

READ  China dan Indonesia telah berjanji untuk menjaga perdamaian dan stabilitas di Asia Timur

'Teman Lama Tiongkok'

Berbeda dengan Filipina dan negara tetangga Asia Selatan lainnya, Jakarta memiliki kebijakan persahabatan dengan Tiongkok. Prabowo mengatakan pemerintahan baru Indonesia siap untuk meningkatkan kerja sama dengan Tiongkok di berbagai bidang termasuk ekonomi dan perdagangan, dan siap melanjutkan pendekatan yang dilakukan Presiden Joko Widodo.

Menyebut presiden terpilih itu sebagai “teman lama rakyat Tiongkok,” Xi mengatakan ia berharap Prabowo akan melanjutkan persahabatan antara kedua negara dan mengatakan perkembangan hubungan tersebut “luar biasa.”

Media pemerintah CCTV melaporkan bahwa kunci hubungan yang kuat dengan Indonesia adalah “ketaatan pada kemandirian strategis, rasa saling percaya dan saling membantu…serta keadilan dan keadilan”.

Memperkuat hubungan ekonomi

Tiongkok adalah investor besar dalam proyek infrastruktur di Indonesia dan mitra dagang utama dalam penyediaan sumber daya alam termasuk nikel dan batu bara.

Prabowo mengatakan Tiongkok adalah “negara besar dengan pengaruh signifikan” dan “mitra kerja sama yang kuat” bagi Indonesia.

Khususnya, Jakarta meluncurkan jalur kereta api berkecepatan tinggi pertamanya tahun lalu, sebuah proyek bernilai miliaran dolar yang didukung oleh Beijing.

Menurut CCTV, Xi memuji jaringan kereta api sebagai “tanda emas kerja sama tingkat tinggi antara kedua negara”.

Memposisikan dirinya sebagai pemimpin Dunia Selatan, Tiongkok telah memasukkan banyak negara berkembang ke dalam kancah dunia.

Xi mengatakan kepada Prabowo bahwa Tiongkok bersedia menjaga hubungan erat dengan Indonesia, mempromosikan proyek koridor ekonomi komprehensif mereka, dan membangun komunitas ASEAN yang lebih erat.

“Tiongkok bersedia bekerja sama dengan Indonesia untuk menjaga kesatuan dan inti ASEAN, mempertahankan arsitektur regional yang terbuka dan inklusif, serta membangun komunitas Tiongkok-ASEAN yang lebih erat dengan masa depan bersama,” kata Xi.

READ  Protes mahasiswa di Indonesia menandai tahun ke-7 pemerintahan Djokovic