Mei 19, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Robert Downey Jr dalam Adaptasi HBO yang Tidak Merata

Robert Downey Jr dalam Adaptasi HBO yang Tidak Merata

Pada tanggal 15 September, Robert Downey Jr. hampir pasti akan menerima Emmy pertamanya untuk Aktor Pendukung Luar Biasa dalam Serial Terbatas untuk HBO. Simpatisan.

Ini akan menjadi penobatan terbaru dalam tahun penobatan seorang bintang yang tidak diragukan lagi merupakan salah satu bintang terbaik kita, dan akan sulit untuk menyesalinya. Apa yang dilakukan Downey Simpatisan Ini menyentuh titik manis antara “sangat menghibur” dan “akting yang terlalu berlebihan” yang disukai para presenter.

Simpatisan

Intinya

Downey adalah pedang bermata dua.

Tanggal penawaran: 9 malam Minggu, 14 April (HBO)
ejakulasi: Hoa Xuandy, Fred Nguyen Khanh, Tuan Le, Fanxin, Fei Le, Ky Duyen, Que Chinh, Duy Nguyen, Alan Truong, Sandra Oh dan Robert Downey Jr.
Pencipta: Park Chan Wuc dan Don McKellar, dari buku karya Viet Thanh Nguyen

Namun ada dua hal yang mungkin benar: kinerja Downey Simpatisan Ini mungkin dipuji sebagai karya ahli senam teater. Pada saat yang sama, titik tumpu yang salah tempat inilah yang sering menyebabkan adaptasi tujuh episode dari novel pemenang Hadiah Pulitzer karya Viet Thanh Nguyen ini kehilangan keseimbangan linguistik dan narasinya.

Versi ini Simpatisan Ini tetap topikal dan berani, sebuah ironi dan tragedi kemanusiaan yang mendalam yang layak untuk dibicarakan dan dipertimbangkan, bahkan jika pertimbangannya mengarah pada kesimpulan bahwa pendekatan kitchen-sink yang berhasil di halaman tersebut kesulitan untuk menyatu di layar.

Dibuat untuk HBO oleh Park Chan-wook (Keputusan untuk pergi) dan Don McKellar, Simpatisan Film ini sebenarnya dibintangi oleh Hoa Xuande sebagai narator yang tidak disebutkan namanya dan hanya dikenal sebagai Kapten. Kisah ini diceritakan melalui pengakuan seorang kapten di kamp pendidikan ulang Vietnam. Sudah beberapa tahun sejak berakhirnya perang, di mana ia menjabat sebagai ajudan Jenderal Tuan Le dari Vietnam Selatan yang terkenal, meskipun sebagian besar tidak efektif, sekaligus bekerja sebagai agen ganda untuk Vietnam Utara.

READ  Johnny Depp menerima sambutan hangat di Royal Albert Hall di London

Pengakuan Kapten membawa kita melewati hari-hari terakhir Perang Vietnam dan memasuki komunitas pengasingan Vietnam di Los Angeles, dari landasan bandara pada malam jatuhnya Saigon ke ruang akademis yang angkuh hingga rangkaian perang Hollywood yang kacau balau film.

Ini adalah kisah dualitas. Sang Kapten terpecah antara dua sisi identitas ras (ibunya orang Vietnam, ayahnya orang Eropa) yang memastikan statusnya sebagai “orang lain” di mana pun dia berada—seorang “bajingan” atau “keturunan campuran” di Vietnam dan seorang “keturunan campuran” di Vietnam. pria misterius. “Timur” di Amerika Serikat. Dia adalah seorang komunis setia yang sangat menyukai budaya populer Amerika. Dia memiliki dua sahabat – Mann (Duy Nguyen), petugas kontra-intelijen Utara, dan Bon (Fred Nguyen Khanh), yang didorong oleh tragedi pribadi untuk menjadi prajurit yang tangguh bagi Selatan.

Di dunia di mana segala sesuatu di sekitarnya ada dalam bentuk biner, Kapten ada dalam warna abu-abu, mengubah ingatannya tentang peristiwa tergantung pada audiensnya dan membuat kita sepenuhnya terlibat dalam tipu muslihat tersebut. Identitasnya benar-benar dapat diganti, tanpa ada ideologi atau kepribadian yang tersisa. Dia terpecah antara rumah-rumah, antara kenangan masa lalu dan masa kini, dan, tentu saja, antara wanita – Dame Sophia Mori (Sandra Oh yang sangat lucu) yang tajam dan gangguan yang membingungkan dari putri sang jenderal, Lana (pendatang baru Faye Lo).

Dia, secara desain, adalah salah satu pahlawan paling membuat frustrasi yang pernah Anda temui, dan sutradara serial ini — Park, Fernando Meirelles, dan Mark Munden — menangkap kualitas kesadaran diri tersebut dalam penceritaan mereka dengan sedikit tata bahasa sinematik. Dia dapat memundurkan ceritanya seperti kaset VHS, dan dia mengakui hal tersebut ketika dia menceritakan bagian-bagian narasi yang tidak dia hadirkan, dan epilognya adalah eksplorasi spesifik dari tantangan menemukan penyelesaian yang disesali oleh Kapten, “ Mengapa saya merasa tidak enak bahwa ulasannya tidak akan bagus?

READ  Kanye West terlibat pertengkaran sengit dengan salah satu orang tuanya di pertandingan sepak bola Saint

Ups. Saya sudah lama tidak menyebut Robert Downey Jr., bukan? (Isyarat efek suara mundur.) Downey, yang juga seorang produser eksekutif, memainkan lima karakter, termasuk agen CIA yang mencurigakan, Claude, penulis gila Nikos, dan guru sekolah pascasarjana Kapten yang karismatik, Profesor Hammer. Di halaman tersebut, mereka adalah titik data satu dimensi dalam kisah Kapten Shreddy, tapi di sini, di bawah pengawasan Downey, mereka bersatu untuk menciptakan Voltron dari orang kulit putih rata-rata, disatukan oleh keinginan mereka untuk mengeksploitasi Kapten dalam kapasitas berbeda. Menjajah jati dirinya sama seperti bangsa Eropa menjajah tanah airnya.

Secara teori, ini adalah aksi akrobatik, yang dicapai melalui rambut dan riasan bernuansa komedi yang berteriak: “Lihat, ini Robert Downey Jr. lagi!” Ini juga sangat bagus sejauh pertunjukan ini merangkai karakter dari sudut pandang Kapten, yang merupakan kebalikan dari stereotip “mereka semua sama bagi saya”. Tapi triknya menjadi cerita, dan sindiran menjadi cerita Tangkap 22 ke Dr Strangelove. Semuanya meninggalkan Xuande, melakukan beberapa hal yang sangat halus untuk menyampaikan pemahamannya tentang seorang pria yang tidak mengenal dirinya sendiri, yang sering kalah dengan wig, alat peraga lateks, dan efek suara Downey, yang mungkin terdengar, mungkin sengaja, seperti Richard Nixon di atas. bertahun-tahun.

Ada lebih banyak dari lima karakter ini di miniseri daripada di novel – atau setidaknya tampaknya lebih banyak – sehingga mengurangi karakter Kapten dan lebih sedikit karakter Boone dan Jenderal (Khan dan Lou juga luar biasa). Ketika rasio sindiran terhadap drama meningkat dari sekitar 50/50 menjadi 20/80 di episode penutup, rasanya kita tidak punya cukup waktu dengan pahlawan kita yang berkonflik.

READ  Sami Zayn membahas pemilihan garis keturunan setelah WWE Survivor Series

Kalah di atas panggung selalu menjadi risiko dalam cerita apa pun yang tokoh utamanya adalah bunglon yang menarik. Penyerapan adalah kekuatan super Kapten, sampai asimilasi mulai menghancurkannya, dan Xuande menangkap perasaan tidak terlihat itu dengan sempurna. Tapi pertunjukan di sekelilingnya cenderung memberikan kompensasi yang berlebihan, kalau-kalau menurut saya The Captain tidak hebat.

Saat Park berada di belakang kamera (untuk tiga episode), serial ini sangat menyimpang dalam banyak ciri khasnya. Sutradara memiliki obsesinya sendiri terhadap peran ganda, dengan orang-orang menyembunyikan sesuatu dari satu sama lain dan dari diri mereka sendiri, dan dia tahu kekuatan penempatan kamera yang aneh, bagian pengeditan yang meyakinkan, atau warna yang muncul dengan cara yang tidak terduga. Ketika sutradara lain mengambil alih, serial ini menjadi kurang berbeda secara visual dan kurang orisinal. Setidaknya episode di balik layar film tersebut, yang disutradarai oleh Meirelles — yang paling baik dieksekusi di antara adegan-adegan ambisius dari novel sinematik Nguyen yang sangat tinggi — memiliki banyak gaya, meskipun pendekatan keseluruhan dan kehadiran Downey membuatnya sedikit lebih gelap. , kurang lucu Guntur tropis Sepotong pendamping.

Tidak ada yang salah dengan itu, dan tidak ada yang lebih dari itu Dr Strangelove dari Tangkap 22. Tidak ada episode Simpatisan Tidak hanya menghasilkan tawa dan pukulan, tetapi ketika cerita bergerak menuju klimaksnya yang besar dan harus meninggalkan pesta kostum Robert Downey Jr., serial yang ingin diselesaikannya tidak selalu terasa seperti hanya menghabiskan waktu. enam episode sebelumnya mencoba menjadi satu. Ini adalah krisis identitas yang secara tematis sesuai, meski tidak sepenuhnya memuaskan untuk ditonton.