Juli 14, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Presiden Liberia George Weah mengakui kemenangan lawan politiknya

Presiden Liberia George Weah mengakui kemenangan lawan politiknya

Brendan Smalowski/Joel Saget/AFP/Getty Images

Joseph Boakai, kiri, dan George Weah



CNN

Presiden Liberia George Weah telah mengakui kekalahan dari kandidat oposisi Joseph Boakai setelah pemilu putaran kedua yang berlangsung ketat.

Weah, mantan bintang sepak bola, menelepon Boakai setelah komisi pemilihan nasional mengumumkan hasil awal pada hari Jumat.

Komisi pemilihan negara tersebut mengatakan bahwa setelah hampir seluruh suara dihitung, Boakai, mantan wakil presiden Liberia berusia 78 tahun, memperoleh 51% suara.

Dalam pidatonya kepada negara tersebut, Weah mengatakan: “Hasil yang diumumkan malam ini, meskipun belum final, menunjukkan bahwa Duta Besar Joseph N. Buckeye mengalami kemajuan di luar jangkauan kita. Jadi, beberapa menit yang lalu, saya berbicara dengan Presiden terpilih Joseph N. Boakai mengucapkan selamat atas kemenangannya.

“Malam ini, seiring kita mengakui hasil pemilu, mari kita sadari bahwa pemenang sebenarnya dari pemilu ini adalah rakyat Liberia,” tambahnya.

Presiden Weah terpilih menjabat pada tahun 2018 dan akan mengundurkan diri pada bulan Januari.

Pemilihan putaran kedua dimulai ketika Weah, 57, memenangkan pemilu yang diadakan awal Oktober dengan hanya unggul 7.000 suara atas saingan politiknya, Boakai. Namun, ia gagal memenuhi ambang batas 50% yang diperlukan untuk kemenangan langsung.

Weah berupaya untuk dipilih kembali untuk masa jabatan enam tahunnya yang kedua setelah masa jabatan pertamanya yang penuh gejolak dan dirusak oleh skandal korupsi dan tuduhan salah urus.

Ia dipuji karena segera menyerah untuk memastikan transisi kekuasaan secara damai, sebuah tonggak sejarah dalam demokrasi Liberia yang rapuh, yang telah dilanda perang saudara dan terbunuhnya mantan pemimpin yang menjabat.

Gelombang kudeta juga terjadi di Afrika Barat dan Tengah dalam beberapa tahun terakhir.

READ  Perang Rusia-Ukraina: Apa yang Kita Ketahui pada Hari ke-68 Invasi | Rusia

Presiden Nigeria Bola Tinubu termasuk orang pertama yang mengucapkan selamat kepada presiden terpilih yang baru, sekaligus memuji teladan luar biasa, patriotisme mutlak, dan kenegarawanan Weah. “Dia menantang stereotip bahwa transisi kekuasaan secara damai tidak dapat dipertahankan di Afrika Barat,” kata sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh kepresidenan Nigeria.