April 22, 2024

Review Bekasi

Temukan Berita & berita utama terbaru tentang INDONESIA. Dapatkan informasi lebih lanjut tentang INDONESIA

Presiden Indonesia berharap dapat memperkuat hubungan dengan Jepang; Joko membahas ekonomi, keamanan dalam wawancara eksklusif

Presiden Indonesia berharap dapat memperkuat hubungan dengan Jepang;  Joko membahas ekonomi, keamanan dalam wawancara eksklusif
Yomiuri Shimbun
Presiden Indonesia Joko Widodo berbicara dalam wawancara eksklusif dengan The Yomiuri Shimbun pada hari Jumat.

JAKARTA – Presiden Indonesia Joko Widodo, ketua Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) saat ini, menegaskan harapannya untuk memperkuat hubungan dengan Jepang dalam wawancara eksklusif dengan The Yomiuri Shimbun pada Jumat.

Hal ini terjadi karena ketegasan Tiongkok yang agresif di kawasan.

Joko mengatakan: “Lautan yang aman dan damai penting bagi stabilitas perdamaian di Indo-Pasifik. Semua pihak, termasuk Jepang, [will] Untuk turut serta menjaga perdamaian di kawasan Indo-Pasifik. Oleh karena itu, ASEAN menantikan dukungan Jepang dalam mengimplementasikan visi ASEAN di kawasan Indo-Pasifik secara konkrit. [being] Kerja Sama Maritim.”

Yomiuri Shimbun

Joko juga menyinggung soal Laut Cina Selatan, di mana Tiongkok secara sepihak menegaskan kedaulatannya atas wilayah tertentu yang bersinggungan dengan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia. Menghindari merujuk langsung ke Tiongkok, beliau menyatakan: “Indonesia bekerja sama dengan semua pihak selama kita saling menghormati dan saling menguntungkan. Dalam hal kebijakan, posisi Indonesia selalu tegas dan jelas: penghormatan terhadap hukum internasional penting sebagai kunci perdamaian dan stabilitas di Laut Cina Selatan.

Keterlibatan pertahanan Jepang disambut baik

Di sekitar Kepulauan Natuna, Indonesia, penangkapan ikan ilegal yang dilakukan oleh kapal Tiongkok merupakan fenomena penting.

Pada tahun 2022, Indonesia mengadakan latihan militer gabungan terbesar dengan Amerika Serikat, yang untuk pertama kalinya diikuti oleh Pasukan Bela Diri Darat Jepang.

Pada tahun 2021, Indonesia dan Jepang menandatangani “Perjanjian Transfer Peralatan dan Teknologi Pertahanan” yang memfasilitasi ekspor alutsista dari Jepang.

Dengan mempertimbangkan Tiongkok, Jepang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama di bidang maritim dan keamanan dengan negara-negara ASEAN.

READ  Mengapa ini adalah tahun untuk Indonesia

Saat ditanya menyambut baik keterlibatan Jepang, Joko menjawab, “Kenapa tidak?” Dia membalas.

Mengenai persaingan AS-Tiongkok, beliau menekankan posisi netral: “AS dan Tiongkok adalah teman dan mitra penting bagi Indonesia. Saya bisa bernegosiasi dengan Presiden [Joe] Biden; Saya juga bisa bernegosiasi dengan Presiden Xi Jinping. Indonesia dan ASEAN menolak menjadi proxy bagi pihak manapun.

Dukungan terhadap solusi 2 negara terhadap konflik Gaza

Dengan jumlah penduduk sekitar 270 juta jiwa, Indonesia merupakan negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia. Joko menyatakan keprihatinannya atas situasi di Gaza, dengan mengatakan “akar masalahnya adalah pendudukan ilegal Israel dan hak kemerdekaan Palestina belum terpenuhi.” Dia menekankan dukungan untuk “mewujudkan solusi dua negara” untuk hidup berdampingan secara damai antara Palestina dan Israel.

Terkait agresi Rusia ke Ukraina, Joko menghindari kritik langsung terhadap Rusia dan mengatakan bahwa “Indonesia siap berkontribusi sebagai jembatan perdamaian.”

Kepercayaan terhadap investasi asing

Joko juga menyampaikan harapannya untuk memperluas kerja sama ekonomi antara Jepang dan Indonesia. Pada bulan Oktober, Indonesia yang didukung Tiongkok membuka jalur kereta api berkecepatan tinggi pertamanya, dan rencana perluasan sedang dalam tahap pengerjaan.

Mengenai dukungan Tiongkok, Joko mengatakan: “Indonesia terbuka untuk bekerja sama dengan semua mitra, termasuk Jepang dan Tiongkok. Dan Indonesia selalu menyambut baik investasi yang membawa multiplier effect dan nilai tambah yang sangat besar.

Joko secara khusus menekankan kerja sama dalam transisi energi menuju dekarbonisasi, kendaraan listrik (EV), dan sektor digital.

Sebagai produsen nikel terbesar di dunia, bahan utama baterai kendaraan listrik, Indonesia telah melihat banyak perusahaan dari Tiongkok dan Korea Selatan memasuki pasar tersebut. Namun, investasi yang dilakukan perusahaan Jepang hanya mengalami sedikit kemajuan.

READ  Baterai buatan Indonesia bisa memangkas harga kendaraan listrik hingga 30 persen: Menteri

Warisan transfer modal

Joko, yang ingin meninggalkan warisan politiknya dengan mengusulkan pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke Pulau Kalimantan, menghadapi tantangan dalam menarik investasi asing. Joko mencatat bahwa “masih ada peluang besar untuk kerja sama di masa depan”, dan menyerukan perluasan investasi.